Resources / Blog / PPN e-Faktur

e-Faktur Error 40002: Cara Menanggulangi Serangan Malware di Laptop Anda

E-Faktur error 40002 adalah kondisi ketika Anda tidak dapat melakukan koneksi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak karena masalah sertifikat digital yang Anda gunakan

Ada beberapa istilah error yang dapat Anda temui ketika menggunakan e-Faktur, dan salah satunya e-Faktur error 40002. Error atau gangguan ini menandakan bahwa Anda tidak dapat melakukan koneksi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan lengkapnya di sini.

Mengenal e-Faktur Error 40002

Dalam aplikasi e-Faktur, terdapat sejumlah gangguan sistem yang mungkin saja pernah Anda hadapi. Gangguan atau kesalahan pada sistem ini sering disebut dengan istilah “Error”. Salah satu jenis error tersebut adalah e-Faktur error 40002.

e-Faktur error 40002 adalah kondisi ketika Anda tidak dapat melakukan koneksi dengan server. e-Faktur error 40002 juga dapat diartikan ketika e-Faktur tidak dapat melakukan koneksi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak karena masalah sertifikat digital.

Jika mengalami kendala e-Faktur error 40002, Anda tidak perlu khawatir. Cukup baca artikel ini hingga tuntas karena di sini akan dibahas tuntas mengenai penyebab e-Faktur error 40002 dan solusi untuk menanggulanginya.

Penyebab e-Faktur Error 40002

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sumber masalah e-Faktur error 40002 adalah kesalahan dalam file sertifikat digital yang bisa saja corrupt atau rusak. Ini dapat terjadi jika komputer/laptop Anda terkena malware dan membuat file sertifikat anda rusak/corrupt. Maka dari itu, Anda harus mulai mengurangi sejumlah kebiasaaan untuk mencegah e-Faktur error 40002. Berikut ini contoh kebiasaan tersebut:

  • Tidak menggunakan flashdisk yang aman untuk komputer/laptop yang digunakan sebagai server.
  • Membuka situs yang biasanya menyimpan malware secara tersembunyi (situs judi, situs porno dan lain sebagainya).

Baca Juga: Penyebab Error ETAX-40001 e-Faktur dan Solusinya

Cara Mencegah e-Faktur Error 40002

Malware menjadi penyebab utama korupnya suatu file sertifikat digital. Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. Malware dapat menyebar dan menghapus data pada sebuah komputer yang sering menyebar melalui lampiran pesan email.

Malware dapat menyebabkan komputer bekerja terlalu berat, hal ini membuat komputer menjadi lebih cepat panas dan lambat saat digunakan. Saat Anda menggunakan koneksi internet, malware bisa menyebabkan bandwidth menjadi lebih banyak digunakan dan jumlah tagihan internet Anda menjadi lebih besar. Jenis-jenis malware diantaranya virus, worm, kuda troya, spyware.

Baca Juga: Solusi Bila e-Faktur Tidak Bisa Upload

Beberapa langkah untuk mencegah malware masuk dan menyebar dalam komputer Anda hingga menyebabkan e-Faktur error 40002 adalah :

  • Pastikan untuk tidak membuka lampiran email kecuali Anda mengetahui siapa yang mengirimkan pesan. Malware dapat berbentuk lampiran gambar, foto, kartu ucapan, file audio/ video.
  • Instal pembaruan terkini dari sistem operasi komputer/ laptop yang Anda gunakan (Automatic Update). Malware dapat memblokir website yang akan gunakan untuk melakukan update sistem. Maka dari itu masuk ke pengaturan dan jalankan pembaruan secara otomatis.
  • Instal antivirus yang support dengan komputer/laptop Anda. Untuk menginstall antivirus, Anda harus login ke komputer dengan menggunakan akun anggota administrator. Jika sudah lebih dari 60 hari, antivirus akan menampilkan kotak dialog yang menganjurkan Anda mendownload versi terbaru.
  • Memasang anti-malware. Antivirus dan antimalware adalah dua jenis software yang berbeda. Antimalware merupakan software yang dikembangkan untuk melengkapi kurangnya proteksi pada aplikasi antivirus. Saat ini banyak pabrikan teknologi yang menjual software anti malware yang berkualitas. Anda bisa memilih sofware tersebut untuk mencegah malware masuk kedalam komputer. Beberapa software anti malware tersebut terbukti bisa mencegah, menghindari dan juga mengatasi malware pada komputer dan perangkat lainnya.
  • Bijak saat browsing untuk mencegah malware masuk ke komputer. Hindari menelusuri web/ situs yang kurang jelas/ tidak terpercaya. Jangan sekali-kali mendownload aplikasi pada situs yang tidak jelas serta menggunakan file hosting mediafire lainnya. Malware dapat bersembunyi pada tautan bajakan yang Anda download dari internet.
  • Hati-hati saat membuat password. Anda harus lebih berhati-hati saat membuat password. Baik password email atau password lainnya. Pastikan menggunakan kombinasi huruf, angka dan kode yang sulit diretas.
Reading: e-Faktur Error 40002: Cara Menanggulangi Serangan Malware di Laptop Anda