Serba-Serbi Primary Care BPJS Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Apa Sih Primary Care BPJS Kesehatan Itu?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah Primary Care BPJS Kesehatan, maka Anda mendarat di artikel yang tepat karena di sini akan dibahas serba-serbi Primary Care BPJS Kesehatan. Langsung saja simak artikel selengkapnya di bawah ini, yuk! 

Primary Care BPJS Kesehatan atau biasa juga disebut dengan Pcare BPJS Kesehatan merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Aplikasi BPJS Kesehatan ini berbasis website, sehingga untuk menggunakannya Anda harus terhubung dengan jaringan internet yang kuat, minimal kecepatan 512 kbps. 

Primary Care BPJS Kesehatan sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2014 dan hingga saat ini terus diperbarui fungsi dan kegunaannya agar semakin mempermudah peserta BPJS Kesehatan dalam menggunakannya. 

Aplikasi ini berisi tentang sistem informasi pelayanan pasien yang bertujuan untuk memudahkan pendaftaran, penegakan diagnosis, terapi pengobatan, serta pelayanan laboratorium. 

Namun, aplikasi ini masih belum bisa digunakan untuk umum. Artinya, tidak semua user dapat menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan ini.

Jadi, pihak-pihak yang mendapatkan izin adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password untuk mengaksesnya

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan terakhir diperbarui pada Mei 2018 lalu dengan versi 1.4.6. Jika Anda pernah mendengar kalau aplikasi Primary BPJS Kesehatan ini bisa Anda unggah di smartphone Andriod Anda, sepertinya Anda harus memikirkannya kembali jika ingin mengunggahnya.

Setelah ditelusuri, ternyata aplikasi Pcare BPJS Kesehatan yang tersedia di Google Play Store bukanlah aplikasi yang resmi dibuat oleh BPJS Kesehatan melainkan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pihak lain sehingga tampilannya pun berbeda dengan aplikasi web based milik pemerintah.

Cara Menggunakan Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan

Menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan ini tidaklah sulit, berikut ini tahapan yang mempermudah Anda mengakses aplikasi tersebut: 

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah kunjungi situs berikut ini: http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Ketika Anda buka halaman tersebut, maka Anda akan diminta untuk memasukan username dan password faskes tempat Anda bekerja. Jangan lupa juga masukan captcha di kolom yang juga sudah disediakan. 
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisikan indeks mengenai pasien. 
  4. Ketika Anda sudah masuk ke halaman utama, lakukan entri data. Pada menu ini, Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu pendaftaran dan pelayanan. Jika Anda merupakan pasien berobat, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS peserta kemudian klik “cari”. Jika pasien merupakan pasien faskes tempat Anda bekerja, maka identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis. Kemudian, lengkapi bidang yang kosong mulai dari:
    • Jenis kunjungan;
    • Keluhan pemeriksaan fisik;
    • Tekanan darah; 
  5. Klik simpan. Selanjutnya kembali ke entri data, pilih pelayanan. Pada bagian ini Anda diminta untuk mengisi kolom-kolom yang kosong, seperti kolom terapi dan diagnosis. Lalu, klik simpan. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pun selesai. 
  6. Selanjutnya, Anda dapat melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat Anda bekerja mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, sampai sepuluh penyakit terbanyak. 
  7. Beranjak ke menu tools. Pada menu ini, Anda dapat mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan dan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat serta mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja. 
  8. Jika Anda klik logo akun yang berada di sebelah kiri, maka Anda akan menemukan data administrasi dan bisa juga mengarahkan Anda untuk log out untuk keluar dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan jika sudah selesai digunakan. 
Baca Lebih Lanjut

Apa Itu FKTP?

Sebelum bicara lebih lanjut tentang Primary Care BPJS Kesehatan, mari pahami dahulu apa itu FKTP. FKTP yang merupakan singkatan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama memiliki peran sebagai gatekeeper yang mana petugas kesehatan di FKTP ini bisa menangani 144 diagnosis penyakit yang diderita oleh peserta JKN-KIS. 

Nah, jika peserta BPJS Kesehatan sudah tidak dapat ditangani di FKTP, maka peserta tersebut akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang mana peserta JKN-KIS ini akan mendapatkan penanganan yang jauh lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan medisnya. 

Perihal biayanya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, dengan catatan peserta mengikuti prosedur yang berlaku dan tindakan medis yang dilakukan dokter berdasarkan indikasi medis yang jelas. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Pertanyaan selanjutnya adalah, memangnya apa sih keuntungan menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan? Nah, mari simak ulasannya di bawah ini:

  1. Proses pendaftaran pasien jadi cepat, mudah, tepat, dan akurat karena Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, maka seluruh data akan muncul di perangkat elektronik yang Anda gunakan. 
  2. Proses memasukkan diagnosis penyakit juga menjadi lebih mudah karena pasien yang pernah berobat. Tentu Anda dapat dengan mudah mencari atau melihat riwayat pasien dengan membuka history pada aplikasi. 
  3. Kemudahan mengakses aplikasi PCare BPJS Kesehatan di mana saja dan kapan saja asalkan perangkat elektronik Anda terkoneksi dengan jaringan internet yang kuat. 
  4. Sistem pendaftaran untuk mendapatkan rujukan sesegera mungkin. Jika rekam medis menunjukan pasien membutuhkan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), maka Primary Care BPJS Kesehatan ini dapat dengan mudah menentukan faskes rujuan yang tepat dan sesuai untuk pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. 
  5. Metode dan sistem penggunaan aplikasi yang mudah dipahami.
  6. Data pasien yang telah terintegrasi juga dapat memudahkan petugas dalam memberikan pengobatan atau tindakan medis yang sesuai kebutuhan pasien.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Masih hitung pajak karyawan secara manual? Daripada capek, cobain Aplikasi Solusi Pajak Karyawan secara Otomatis ✔ Lengkap ✔ Aman ✔ aja! Cek Di Sini!

kelola pph 21 dalam 3 langkah mudah!

Dengan OnlinePajak, Anda dapat buat, setor dan lapor PPh 21 online dalam satu aplikasi terintegrasi. Tunggu apa lagi?

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Kelola PPh 21 dalam tiga langkah mudah!

Dengan OnlinePajak, Anda dapat buat, setor dan lapor PPh 21 online dalam satu aplikasi terintegrasi. Tunggu apa lagi?