THR Karyawan Resign: Simak Ketentuan Pembayarannya di Sini!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sekilas Mengenai Tunjangan Hari Raya

Selain libur di hari raya, THR atau Tunjangan Hari Raya menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja saat mendekati hari raya keagamaan. Dalam beberapa kasus, biasanya karyawan memutuskan untuk resign setelah menerima THR atau merencanakan tanggal resign jatuh beberapa saat setelah tanggal penerimaan THR. Tetapi ada juga kejadian ketika karyawan resign atau mengundurkan diri sebelum hari raya. Bisa jadi Anda bertanya haruskah perusahaan membayar THR karyawan resign? Untuk memperjelas ketentuan THR karyawan resign, simak lebih lanjut artikel ini ya.

Peraturan mengenai THR karyawan resign diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 6 Tahun 2016. Dalam pasal 1 dan 2 disebutkan bahwa THR merupakan:

  • Pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha/pemberi kerja kepada pekerja atau keluarga menjelang hari raya keagamaan.
  • Pengusaha wajib memberi THR kepada pekerja yang telah bekerja minimal selama satu bulan secara terus menerus atau lebih.
  • THR tidak dipengaruhi oleh kinerja atau prestasi karyawan. 

Berdasarkan peraturan pemerintah, pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, THR dihitung atas dasar besaran upah yang diterima karyawan dalam satu bulan. Sedangkan pekerja yang memiliki masa kerja di bawah 12 bulan akan memiliki perhitungan sendiri atau biasa disebut dengan istilah pro rata.

Simak lebih lanjut: Hitung Besaran THR yang Anda Dapatkan di Sini!

Bagaimana Perhitungan THR Karyawan Resign?

Dalam pasal 7 Permenaker No. 6 Tahun 2016 disebutkan pekerja atau buruh yang dalam hubungan kerjanya berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu (karyawan tetap) dan mengalami pemutusan hubungan kerja terhitung sejak 30 hari sebelum hari raya keagamaan, berhak mendapatkan THR. Ketentuan ini menjadi dasar untuk menetapkan peraturan THR karyawan resign.

Dengan demikian, jika pengunduran diri terjadi dalam kurun 30 hari sebelum hari raya keagamaan, berarti karyawan yang resign berhak atas THR, sedangkan jika terjadi sebelum H-30 berarti tidak berhak atas THR.

Saat karyawan di perusahaan Anda mengajukan surat pengunduran diri jauh sebelum hari raya, misalnya dua atau tiga bulan sebelumnya, selama pemutusan hubungan kerja terjadi dalam 30 hari menjelang hari raya, ia tetap berhak atas THR dan perusahaan wajib membayar sesuai ketentuan dari Permenaker. 

Contoh kasus: 

Surya merupakan seorang karyawan PT Gladi Bersama. Surya sebagai pekerja ingin mengundurkan diri tepat 10 hari sebelum hari raya. Berdasarkan contoh soal ini, lama waktu pengajuan resign Surya, masih berada dalam jangka waktu yang ditentukan Permenaker 4/1994 (dalam jangka waktu 30 hari) maka Surya berhak mendapatkan THR sebesar satu bulan upah. 

Bagaimana dengan pekerja atau buruh, terutama karyawan kontrak dalam hubungan kerja untuk waktu tertentu?

Berdasarkan Permenaker No. 6 tahun 2016 Pasal 7 ayat 3 pekerja yang masa hubungannya berakhir atau habis kontrak berakhir sebelum jatuh tempo hari raya keagamaan, maka mereka tidak berhak mendapatkan uang THR.

Hitung THR di OnlinePajak

Anda dapat melakukan perhitungan THR di aplikasi OnlinePajak. Perhitungan THR ini dapat dilakukan pada fitur PPh 21. Anda dapat menghitung PPh 21 secara otomatis, lengkap dengan nominal THR serta iuran lain yang harus Anda input.

Baca Lebih Lanjut: Keuntungan Kelola PPh 21 di OnlinePajak

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Lebih efisien dan akurat dengan perhitungan otomatis PPh21 dan potongan BPJS

Mempermudah penghitungan gaji dan pajak karyawan Anda dengan cepat dan akurat, melalui metode perhitungan PPh 21 mulai dari metode Gross, Nett, dan Gross Up,

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Hitung Gaji dan BPJS Karyawan Anda Secara Otomatis

Hitung gaji karyawan Anda beserta komponen lainnya secara otomatis menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhitungan lebih cepat dan akurat.