Jenis & Perkembangan Tren Aplikasi Mobile di Indonesia

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sejarah Singkat Tren Aplikasi Mobile

Tren aplikasi mobile di Indonesia kini sudah tak terkendali. Dapat dilihat dari banyaknya aplikasi yang mampu membantu kebutuhan dan kepentingan manusia. Misalnya, belanja online, komunikasi dengan rekan kerja, petunjuk arah, main game, pembayaran online, dan masih banyak lagi. 

Dunia digital tampaknya sangat memengaruhi setiap aspek kehidupan. Tidak heran jika smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Kini smartphone sudah menjadi sarana utama untuk berkomunikasi yang bisa dibawa kemana pun. 

Tren aplikasi mobile bermula dari berkembangnya sistem operasi pada perangkat mobile, yakni: 

  • Symbian OS (1998)
  • Blackberry (2004) 
  • IOS (2007)
  • Android (2009), dan 
  • Windows Phone (2010)

Dahulu, sebelum adanya tren tersebut, telepon genggam Anda hanya bisa digunakan untuk sms, telepon, foto dengan kamera handphone, kalkulator, dan sedikit berselancar di dunia maya seperti, BBM, Facebook Mobile, Twitter Mobile, dll. Namun, sejak saat itulah justru perkembangan aplikasi mobile mulai berkembang sangat pesat. Para pembuat aplikasi pun berinovasi memproduksi aplikasi-aplikasi yang dapar Anda gunakan. 

Tren Aplikasi Mobile Masa Kini

Tren aplikasi mobile memang akhirnya membuat para developer dan pengusaha berinovasi untuk membuat aplikasi-aplikasi, mulai dari yang mengurusi hal sederhana hingga hal rumit yang akhirnya bisa disederhanakan hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Sebagaimana teknologi yang digabungkan dengan model bisnis terus menunjukkan perkembangan pesat, aplikasi mobile memainkan peran yang besar dalam mengubah dan menciptakan peluang bagi sebuah perusahaan dan industri baik yang sedang berjalan atau yang baru saja dimulai. 

Nah, berikut ini jenis-jenis tren aplikasi mobile masa kini yang perlu Anda ketahui: 

1. Aplikasi editing foto

Bagi Anda yang suka berfoto, tentu sudah tidak asing dengan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat hasil “jepretan” Anda semakin menarik. Filter yang disuguhkan semakin menarik, tools yang ada pun semakin lengkap. Hanya dengan smartphone, Anda bahkan sudah bisa menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan beberapa aplikasi editing foto. 

2. Aplikasi web browser

Anda tentu tidak asing bukan dengan Google Chrome, Baidu Browser, UC Browser, dan lain sebagainya? Nah, web browser memang merupakan salah satu kategori aplikasi mobile yang paling banyak digunakan. Penggunaanya yang cepat dan tidak rumit memang menjadi pilihan banyak orang memanfaatkan aplikasi mobile satu ini. 

3. Aplikasi media sosial

Nah, aplikasi yang satu ini mungkin sudah ada di smartphone Anda sejak lama. Aplikasi media sosial ini bisa jadi paling banyak penggunanya. Terlebih pada masa pandemi saat ini, yang mana kita hanya bisa melihat atau berkomunikasi dari jarak jauh.

4. Aplikasi digital marketing

Bagi Anda yang saat ini sedang berkecimpung di dunia digital marketing, mungkin Anda sudah tidak asing dengan beberapa tren aplikasi mobile digital marketing. Aplikasi tentang digital marketing ini biasanya membantu Anda ketika ingin membuat branding, advertising, menawarkan pengalaman yang menarik kepada pelanggan, dan lain sebagainya. 

5. Aplikasi Perpajakan

Aplikasi mobile perpajakan bukan hal baru lagi di dunia digital. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mengurus perpajakan adalah PajakPay Mobile OnlinePajak. Secara umum, PajakPay Mobile merupakan tren aplikasi mobile yang berguna untuk wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak.

Aplikasi PajakPay Mobile OnlinePajak

Tidak ada yang lebih praktis, mudah, dan cepat saat bayar pajak selain menggunakan aplikasi PajakPay Mobile. PajakPay Mobile adalah salah satu tren aplikasi mobile yang disediakan oleh OnlinePajak untuk melakukan pembayaran secara langsung. Jika Anda sudah membuat ID Billing di OnlinePajak, Anda dapat langsung membayar tagihan pajak Anda hanya dengan sekali klik saja. Anda juga dapat mengisi saldo PajakPay melalui bank mana saja. 

Baca Juga: Fitur Conversational Payment PajakPay dan Tutorial Menggunakannya

Selain itu, terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PajakPay Mobile, yakni PajakPay Mobile merupakan mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Bicara soal keamanan, PajakPay Mobile menggunakan teknologi Secure Socket Layer (SSL) yang setara dengan keamanan bank, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. 

Saat ini, PajakPay Mobile menawarkan 4 fitur baru yang bisa Anda gunakan segera, di antaranya:

  • Mobile Notification
  • QR Code Scanner
  • Company Invitation
  • Document Sharing

Baca Juga: 4 Fitur Terbaru dari Aplikasi Android OnlinePajak untuk Anda

Nikmati fitur baru ini dengan mengunduh aplikasi PajakPay Mobile yang sudah tersedia secara gratis di Google PlayStore. Klik di sini untuk mengunduh aplikasi PajakPay Mobile.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Perkecil Risiko Ketidakpatuhan Pajak

Di OnlinePajak, Anda dapat memperkecil kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses pembayaran dan pelaporan pajak, lapor pajak jadi lebih akurat.

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat Banyak ID Billing dan Bayar Sekaligus dengan Cepat!

Buat banyak ID Billing dengan berbagai KAP/KJS dan bayar semuanya sekaligus. Cukup centang ID Billing yang ingin dibayarkan, lalu klik “Lanjutkan Pembayaran” dan bayar dengan PajakPay

Bingung gimana bayar pajak online yang gak ribet? Pengen Hemat Waktu & Bebas Antre saat waktunya bayar pajak? Cobain aja Aplikasi Pajak ini!

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini