Resources / Blog / Seputar Pajak

Digital Branding: Simak Elemen Penting & Keunggulannya di Sini!

Apa itu Digital Branding?

Mendapatkan konsumen baru menjadi pekerjaan yang semakin sulit karena banyaknya konten, informasi dan pilihan yang tersedia untuk target audiens Anda. Semakin banyak waktu konsumen untuk terpapar informasi secara digital membuat pendekatan tradisional tidak lagi efektif sebagai media pemasaran bagi sebagian produk. Atas dasar inilah lahir digital branding

Baca Juga: Pajak Promosi Online

Branding secara digital merupakan upaya membangun identitas suatu brand dalam platform digital. Branding secara digital ini tentu berbeda dengan branding secara tradisional. Dalam pendekatan secara digital, konten dan cerita yang dibangun mengenai brand Anda mengambil peranan penting untuk membangun hubungan dengan target audiens. 

Elemen Penting

Ada beberapa elemen yang mempengaruhi kesuksesan branding secara digital yang Anda lakukan di antaranya: 

1) Campaign yang Terukur 

Ketika merencanakan aktivitas branding secara digital, pastikan bahwa aktivitas branding Anda dapat terukur, seperti menggunakan penilaian Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) yang dapat dinilai oleh Google, sehingga Anda dapat melihat apakah pendekatan digital yang sedang Anda lakukan berjalan dengan baik. Anda juga dapat menggunakan “Ads” untuk meningkatkan awareness produk Anda jika campaign secara organik dirasa kurang efektif.

2) Email Marketing

Email marketing yang sesuai dengan target dan konsisten adalah salah satu elemen yang efektif dalam branding secara digital. Melalui email marketing Anda dapat melihat loyalitas pelanggan Anda dalam menantikan berita terbaru mengenai produk Anda. Strategi email marketing dapat Anda lakukan pada bisnis baru maupun bisnis yang sudah lama berjalan.

3) Media Sosial 

Berapapun besarnya ukuran bisnis Anda, media sosial dapat memainkan peran dalam membangun brand awareness secara digital dan mengarahkan target audiens ke website atau portal utama yang Anda gunakan untuk membangun citra brand secara digital

Keunggulan Digital Branding

Branding secara digital memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan branding yang dilakukan secara tradisional, di antaranya: 

1) Menekan Biaya Promosi

Jika sebelumnya branding dilakukan secara tradisional seperti menggunakan print-Ad ataupun billboard dengan biaya promosi yang tinggi, saat ini dengan branding secara digital, kesempatan Anda untuk mendapatkan awareness lebih besar asal memiliki konsep dan cerita yang menarik mengenai produk Anda dengan harga yang lebih murah 

Baca Juga: Pajak di Era Digital

2) Segmentasi Target Audiens 

Dengan membangun citra secara digital, Anda dapat menemukan target audiens yang tepat sesuai dengan produk Anda, tentunya sebelum menyasar target yang tepat Anda harus melakukan riset yang sangat spesifik untuk membangun citra brand secara digital pada pada platform yang digunakan oleh target Anda. Tidak hanya platform namun konten seperti apa yang biasa disukai dan diikuti oleh target. 

Baca Lebih Lanjut: Cara Menghitung Pajak Youtuber

Eksposure Tersegmentasi di OnlinePajak

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa segmentasi target audiens menjadi keunggulan pendekatan secara digital. Jika Anda bekerja di konsultan pajak, terekspos pada calon klien yang tepat tentu menjadi langkah awal yang diinginkan sebelum mendapatkan kesepakatan dengan klien bersangkutan. 

Di OnlinePajak, Anda dapat memanfaatkan Portal Konsultan Pajak. Selain mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola dan memantau pajak klien, Portal Konsultan OnlinePajak juga mendukung Anda untuk menjalankan kolaborasi yang lebih efisien baik dengan sesama rekan konsultan maupun klien.

Baca Lebih Lanjut: Mengenal Portal Konsultan Pajak di OnlinePajak 

Anda juga akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan eksposur kepada calon klien potensial setiap bulannya. 

Apa saja fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan di Portal Konsultan Pajak OnlinePajak? Lihat selengkapnya di sini!

Temukan paket yang sesuai dengan kebutuhan konsultan pajak Anda, di laman harga OnlinePajak!

Reading: Digital Branding: Simak Elemen Penting & Keunggulannya di Sini!