Blog OnlinePajak

Temukan informasi seputar perpajakan di sini. Beragam info pajak terkini dan menarik siap kami sajikan lewat kumpulan artikel dan eBook berikut!

Artikel onlinepajak

Apa yang dimaksud dengan holding company? Di artikel ini, akan membahas definisi, ciri-ciri, serta contoh perusahaan holding di Indonesia.

Memahami Holding Company dan Contoh Perusahaannya di Indonesia

Holding Company Suatu bisnis yang berkembang dengan baik, dapat melebarkan usahanya dengan memiliki anak perusahaan. Semakin bertambah anak perusahaan, menjadikan kesemuanya membentuk suatu grup dengan satu perusahaan utama yang memimpin, yang disebut dengan perusahaan induk

Bagaimana caranya sebuah perusahaan menjadi Go Public? Ada beberapa persyaratan dan langkah yang harus dilakukan, simak selengkapnya di sini!

Perusahaan Go Public: Ini Manfaat, Syarat dan Proses Pengajuannya

Perusahaan Go Public Pernah mendengar istilah Go Public? Dalam dunia bisnis, istilah Go Public mengacu pada suatu perusahaan yang ingin menawarkan sahamnya kepada publik. Bagaimana caranya, dan apa saja manfaatnya di balik langkah ini untuk

Pengakuan pendapatan adalah penghasilan yang timbul selama aktivitas normal dari suatu entitas. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Memahami Pengakuan Pendapatan, Istilah dalam Dunia Akuntansi

Definisi Pengakuan Pendapatan  Pengakuan pendapatan (revenue recognition) merupakan penghasilan yang timbul selama aktivitas normal dari suatu entitas. Pendapatan itu sendiri berarti salah satu komponen dalam persamaan dasar akuntansi, yakni modal.  Prinsip dari pengakuan modal terletak

Ancaman taper tantrum dikhawatirkan akan melanda pasca pandemi covid-19. Apa itu taper tantrum? Simak selengkapnya di sini.

Taper Tantrum: Kenalan dengan Istilah Ekonomi yang Satu Ini

Mengenal Fenomena Taper Tantrum  Pandemi covid-19 yang terjadi berdampak pada segala aspek pada negara seluruh dunia. Mulai dari kesehatan, pendidikan, pemanfaatan teknologi, hingga kondisi keuangan. Upaya demi upaya terus dilakukan masing-masing negara agar tidak jatuh

Kertas kerja audit merupakan berbagai catatan yang dilakukan oleh auditor terkait prosedur audit. Simak penjelasan selengkapnya, di sini!

Kertas Kerja Audit: Ini Pengertian, Syarat, dan Tujuannya!

Definisi Kertas Kerja Audit Kertas kerja audit merupakan berbagai catatan yang dilakukan oleh auditor terkait prosedur audit yang dijalankan, pengujian yang akan dilakukan, informasi, serta kesimpulan yang dibuat berdasarkan hasil auditnya. Jadi, kertas kerja merupakan

UU HPP akan berlaku pada tahun 2022. Ada perubahan pada beberapa peraturan pajak, seperti PPh dan PPN. Apa saja? Simak pembahasannya di sini!

Berlaku 2022, Pahami Poin Penting dalam UU HPP Terbaru Ini

UU HPP atau Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan telah disahkan oleh Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tanggal 7 Oktober 2021 lalu. Lalu, Presiden Joko Widodo resmi mengundangkan Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan ini menjadi

SIARAN PERS

Surge, Program Pendanaan dari Sequoia untuk Asia Tenggara dan India

Kabar gembira datang dari Sequoia India bagi start-up di Tanah Air. Perusahaan modal ventura yang telah memberikan pendanaan di lebih dari 100 perusahaan yang tersebar di Asia Tenggara dan India itu, meluncurkan sebuah program akselerator bernama Surge. Menurut rencana, program ini bakal berlangsung selama 16 pekan dengan total peserta 10-20 start-up di tiap gelombang. Perlu dicatat, gelombang pertama akan dimulai pada Maret tahun ini.

Penerimaan Pajak Tumbuh Lebih Tinggi di 2018

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah merilis penerimaan pajak 2018 melalui situs resminya di awal tahun ini. Kemenkeu mencatat, penerimaan pajak mencapai Rp 1.315,9 triliun, tumbuh 14,3% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi sejak 2012, sebesar 12,5%. Terima kasih kepada seluruh wajib pajak yang telah membantu mewujudkan pertumbuhan positif ini.

Perpajakan: Target Rp1.781 Triliun dalam RAPBN 2019

Target Perpajakan 2019
Dalam pidato penyampaian RAPBN 2019 pada Kamis 16 Agustus 2018 di Gedung MPR RI, Presiden Jokowi menyebutkan target perpajakan 2019 senilai Rp1.781 triliun.
Angka ini meningkat sebanyak 10,66%dari target pendapatan pajak tahun 2018 yang dipatok Rp1454,5 triliun. Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa arah kebijakan perpajakan di tahun 2019 tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah untuk terus memperbaiki sektor perpajakan di Indonesia melalui berbagai kebijakan, strategi, serta implementasi reformasi pajak yang berkelanjutan.