Manajemen Keuangan Perusahaan: 3 Hal yang Wajib Diperhatikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Definisi dan Tujuan Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan perusahaan merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Keuangan adalah dasar operasional perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Pengelolaan keuangan yang buruk tentu dapat mengakibatkan kerugian dan pada tahap ekstrem dapat menghentikan jalannya sebuah perusahaan. 

Manajemen keuangan meliputi aktivitas perencanaan keuangan, pengambilan keputusan dalam menggunakan uang perusahaan hingga pengawasan jalannya arus keuangan.

Baca Juga: Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

Apa saja tujuan dalam pengelolaan keuangan sebuah perusahaan?

1. Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan 

Dalam manajemen keuangan, kegiatan yang dilakukan tidak hanya sekedar mengawasi jalannya arus keuangan, tetapi juga melihat aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Sebagai profesional yang bekerja di bidang keuangan, Anda perlu memperhatikan kegiatan-kegiatan yang tidak menguntungkan bagi perusahaan dan menggantinya dengan aktivitas lain yang dapat membawa keuntungan jangka pendek maupun keuntungan jangka panjang.

2. Menjaga Arus Kas

Keluar masuknya uang kas harus dipantau agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak. Pengeluaran membengkak tentu saja dapat menyebabkan kerugian perusahaan. 

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Arus Kas Perusahaan

3. Meningkatkan Efisiensi 

Dengan mengatur keuangan secara tepat pada semua aspek, efisiensi dana perusahaan perusahaan akan meningkat. 

4. Mengurangi Risiko Operasional

Pengambilan keputusan yang matang dalam pengaturan keuangan perusahaan akan mengurangi risiko operasional yang dapat terjadi setiap waktu akibat manajemen keuangan yang tidak baik. 

5. Memproyeksikan Jangka Waktu Operasi Sebuah Perusahaan 

Pengaturan dan perencanaan keuangan yang baik membuat perusahaan dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Pemetaan keuangan juga dapat memproyeksikan berapa lama perusahaan dapat berdiri. 

3 Hal Penting Manajemen Keuangan Perusahaan

1. Transparansi 

Perusahaan harus memiliki prinsip keterbukaan terhadap aktivitas keuangan perusahaan. Profesional di bagian keuangan sebuah perusahaan wajib menyediakan informasi tentang aktivitas keuangan bagi orang yang berkepentingan, sehingga setiap departemen di perusahaan mendapat gambaran mengenai hal apa yang harus dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan. 

2. Akuntabilitas 

Akuntabilitas dalam manajemen keuangan merupakan kewajiban hukum dalam sebuah perusahaan. Dalam hal ini, dapat diketahui darimana dana diperoleh, untuk apa saja dana digunakan serta bagaimana cara perusahaan memakai dana tersebut. Pihak-pihak di level manajerial perusahaan harus tahu bagaimana akuntabilitas keuangan dalam perusahaan.

3. Pengelolaan 

  • Pengelolaan Keuangan 

Kunci dalam manajemen keuangan perusahaan adalah pengelolaan kas perusahaan dengan tepat. Perusahaan harus dapat menjamin bahwa dana kas yang dianggarkan dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah dirancangkan sebelumnya.

  • Pengelolaan Pajak 

Selain mengelola arus kas keuangan, penting juga untuk mengelola pajak perusahaan. Karena pengelolaan pajak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap wajib pajak badan. Pengelolaan pajak dapat didefinisikan sebagai upaya menyeluruh yang dilakukan oleh wajib pajak agar setiap hal yang berkaitan dengan perpajakan dapat dikelola dengan efektif, efisien, dan ekonomis. 

Pengelolaan pajak berfungsi untuk mengoptimalkan beban pajak perusahaan, artinya mengatur sehingga pajak yang dibayarkan tidak lebih dari jumlah yang seharusnya. 

Baca Lebih Lanjut: Manajemen Pajak Perusahaan

Untuk mengelola pajak perusahaan secara lebih efisien, Anda dapat menggunakan OnlinePajak. 

OnlinePajak merupakan mitra resmi DJP dengan sertifikasi keamanan ISO 27001 yang dapat membantu Anda mengelola pajak secara terintegrasi, mulai dari mengelola PPh 21, PPN, layanan e-Filing, e-Billing & PajakPay

Maksimalkan pengelolaan pajak, dengan paket premium OnlinePajak. Apa saja paket premium yang dimiliki OnlinePajak? Lihat selengkapnya!

Yuk, daftar sekarang di OnlinePajak!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Hemat Waktu Kelola Pajak Secara Otomatis​

Kelola faktur dan payroll karyawan tanpa memakan banyak waktu. Katakan selamat tinggal kepada lembur!

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Hemat Waktu Kelola Pajak Secara Otomatis

Kelola faktur dan payroll karyawan tanpa memakan banyak waktu. Katakan selamat tinggal kepada lembur!