Update e-Faktur Terbaru untuk Macbook

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Update e-Faktur Terbaru

e-Faktur merupakan aplikasi faktur pajak elektronik yang penggunaannya telah diwajibkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada pengusaha, baik perorangan maupun badan, yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Tujuan diberlakukannya e-Faktur adalah untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi PKP dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Aplikasi e-Faktur pajak mulai digunakan sejak 1 Juli 2015 silam.

Dalam perkembangannya, aplikasi e-Faktur terus mengalami perubahan atau penyempurnaan, dengan tujuan untuk semakin memudahkan PKP membuat faktur pajak. Versiterbaru adalah e-Faktur versi 2.1 yang telah diluncurkan DJP 7 Mei 2018 lalu.

PKP tentu harus terus menyesuaikan perkembangan yang ada dan harus melakukan update e-Faktur terbaru. Selain karena hasil update e-Faktur terbaru ini jauh lebih baik ketimbang pendahulunya, PKP juga tidak akan bisa menggunakan e-Faktur apabila belum melakukan update e-Faktru terbaru.

Sistem Operasi untuk Update e-Faktur Terbaru

Untuk melakukan update e-Faktur terbaru, DJP menyediakan beberapa tautan yang disesuaikan dengan sistem operasi komputer yang dimiliki oleh PKP. Beberapa sistem operasi yang dapat digunakan untuk update e-Faktur terbaru antara lain:

  1. Linux 32 bit (EFaktur_Lin32.exe) dan 64 bit (EFaktur_Lin64.exe)
  2. MacOS 64 bit (EFaktur_Mac64.exe)
  3. Windows 32 bit (EFaktur_Windows_32bit.exe) dan 64 bit (EFaktur_Windows_64bit.exe)

Update e-Faktur terbaru dapat dilakukan dengan mengunduh link yang ada pada laman berikut ini, http://www.pajak.go.id/aplikasi/29212/aplikasi-e-faktur-desktop-versi-21.

Dalam lama resmi DJP tersebut, PKP akan diberikan tautan untuk update e-Faktur terbaru masing-masing sistem operasi. Tulisan berikut ini akan membahas mengenai update e-Faktur terbaru khusus untuk sistem operasi MacOS, untuk penggunaan pada Macbook.

Update e-Faktur Terbaru untuk Macbook

Update e-Faktur terbaru pada aplikasi MacOS untuk Macbook jelas berbeda ketimbang update e-Faktur terbaru pada sistem operasi Windows. Saat pertama kali diinstal saja, pengoperasian e-Faktur pada Windows lebih mudah, sementara untuk Macbook masih memerlukan beberapa pengaturan-pengaturan khusus. Pun demikian ketika melakukan update e-Faktur terbaru, pada Macbook langkahnya berbeda ketimbang Windows.

Berikut ini langkah-langkah melakukan update e-Faktur terbaru untuk Macbook:

1. Unduh seluruh file yang ada di folder update efaktur (sesuai sistem operasi). Terdapat 5 file yang terdiri atas 4 bagian installer dan 1 file petunjuk update. Letakkan seluruh file dalam 1 folder khusus di PC.

update efaktur terbaru

2.  Untuk menyatukan seluruh bagian file, pengguna harus memakai aplikasi Terminal, kemudian ketik perintah zip –F folder lokasi file/Efaktur_Mac21.zip–out folder tujuan/nama_file_tujuan.zip, sebagai contoh pada gambar adalah zip –F Desktop/Efaktur_Mac21.zip –out Desktop/EFaktur_Mac.zip. Tunggu hingga selesai dan menghasilkan 1 file zip.

update efaktur terbaru

update efaktur terbaru

3. Hasil dari langkah pada poin ke-2 adalah 1 file tipe ZIP. Pengguna kemudian meng-extract file tersebut hingga menghasilkan 1 folder.

update efaktur terbaru

4. Apabila sukses menjalankan proses yang tertera pada pada poin ke-3 tersebut, maka akan terbentuk 1 folder aplikasi yang berisi aplikasi e-Faktur desktop versi 2.1.0.0.

update efaktur terbaru

5. Pengguna kemudian menyalin atau meng-copy folder DB dari aplikasi e-Faktur desktop versi sebelumnya ke folder aplikasi e-Faktur versi 2.1.00, kemudian klik 2 kali file ETaxInvoiceUpd.jar untuk mengupdate program dan database. Tunggu hingga proses selesai.

6. Rename/edit/ganti nama file ETaxInvoiceUpd.exe menjadi ETaxInvoiceUpd_old.jar

7. Klik 2x atau jalankan file ETaxInvoice.jar untuk memulai program e-Faktur Desktop versi 2.1.0.0.

Demikianlah cara melakukan update e-Faktur terbaru, yakni e-Faktur versi 2.1 pada komputer yang menggunakan sistem operasi MacOs untuk komputer Macbook.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

BUAT INVOICE & FAKTUR PAJAK DENGAN CEPAT & MUDAH!

✓ Hitung otomatis PPN
✓ Kirim e-Faktur ke email lawan transaksi
✓ Bayar pajak
✓ Lapor pajak

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

BUAT INVOICE & FAKTUR PAJAK DENGAN CEPAT & MUDAH!

✓ Hitung otomatis PPN
✓ Kirim e-Faktur ke email lawan transaksi
✓ Bayar pajak
✓ Lapor pajak

Langsung dari 1 aplikasi OnlinePajak