Resources / Blog / Seputar PPN e-Faktur

Kenali ERP System & Keuntungannya bagi Bisnis Anda!

ERP System atau sistem ERP umumnya digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis yang berhubungan dengan operasi, produksi, dan distribusi sehingga bisnis dapat berjalan dengan efektif. Tidak hanya itu, ERP system ini juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya untuk dapat meningkatkan performa perusahaan.

Mengenal ERP System

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sektor bisnis dituntut untuk tetap dinamis. Di saat bersamaan, sebuah perusahaan juga harus memperhatikan hal-hal mendasar yang terjadi setiap hari seperti mengelola karyawan, melakukan transaksi dan distribusi, serta melakukan pencatatan arus keuangan. Hal-hal tadi dipermudah dengan adanya perencanaan sumber daya perusahaan atau yang lebih dikenal dengan ERP system.

Dilansir dari laman Wikipedia, ERP (Enterprise, Resource, Planning) system merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Proses ini dirangkai sedemikian rupa sehingga bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Konsep perencanaan sumber daya perusahaan merupakan perkembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang sebelumnya bernama Material Requirement Planning (MRP). Dari dekade 60-an sampai 90-an, sistem ini terus berkembang tidak hanya menangani proses manufaktur, tetapi juga untuk urusan logistik, distribusi, persediaan, pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan.

Dalam perkembangannya, sistem tersebut tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tetapi juga bisnis kecil seperti UMKM. Dari catatan yang ada, beberapa sektor bisnis seperti pendidikan, ritel, food and beverage, kesehatan, jasa, dan lain sebagainya memanfaatkan perencanaan sumber daya perusahaan.

Apa Saja Keuntungan yang Didapatkan?

Hadirnya sebuah sistem tentunya harus memberikan dampak yang bagus pada perusahaan. Di atas disebutkan jika ERP system membuat bisnis lebih efektif dan efisien. Lalu, apa saja keuntungan lainnya dalam menggunakan sistem ini?

  • Sistem yang Terintegrasi

ERP system mengutamakan sistem database yang terpusat sehingga keamanannya lebih baik jika suatu saat terjadi kehilangan data-data penting. Keberadaan modul dan sub-modul pada sistem tersebut bisa mewakili komponen bisnis tertentu. Jika satu modul dilakukan pembaruan, maka modul lainnya juga akan mengalami pembaruan secara otomatis. Sumber lain juga menyebutkan faktor human error yang kerap terjadi bisa diminimalisir dengan adanya ERP system karena duplikat data tidak akan terjadi.

  • Meningkatkan Efisiensi

Seperti yang disebutkan di atas, efisiensi menjadi highlight terpenting dari ERP system karena siklus yang ada melahirkan produktivitas yang lebih cepat. Setiap task dilakukan secara otomatis dan real time, mulai dari pengecekan inventaris barang, pembagian tugas antar karyawan, proses payroll, laporan keuangan, sampai dengan pemantauan jam kerja.

  • Kolaborasi yang Lebih Optimal

Bisnis dan kolaborasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bisnis tidak bisa dijalankan sendirian, butuh kerjasama banyak pihak agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Keberadaan ERP system memudahkan antar departemen di sebuah perusahaan untuk menginput berbagai macam data dan departemen lain dapat mengaksesnya.

  • Biaya yang Lebih Hemat

Sebagian besar kegiatan operasional yang dilakukan secara terintegrasi dan efisien serta didukung dengan kolaborasi yang baik dapat meminimalisir kesalahan yang ada. Untuk itu, biaya operasional bisa dihemat karena semua pekerjaan dilakukan secara otomatis.

Baca Juga: Migrasi Data ke OnlinePajak

Integrasikan ERP System Anda dengan OnlinePajak

Nah, setelah membahas apa itu ERP system dan segala keuntungannya untuk bisnis, saatnya untuk migrasi ke OnlinePajak dengan mudah.

ASP yang resmi menjadi mitra DJP ini menyediakan platform bagi Anda untuk melakukan integrasi melalui API terbuka OnlinePajak dengan software yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Jadi, bisnis bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Integrasi Xero-OnlinePajak & Keuntungan Menggunakannya

Selain itu, OnlinePajak juga bekerja sama dengan beberapa software terbaik seperti Xero, Deskera, dan ERP system lainnya. Tunggu apalagi, mulai gunakan OnlinePajak sekarang!

Referensi:

id.wikipedia.org, Perencanaan sumber daya perusahaan

Reading: Kenali ERP System & Keuntungannya bagi Bisnis Anda!