Resources / Blog / Tentang Pajak

Ini 7 Benefit dan Fitur Kartu Kredit Korporat untuk Perusahaan, Apa Saja?

Selain untuk penggunaan pribadi, kartu kredit juga dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis, mulai dari membayar tagihan usaha, membayar vendor, hingga membayar pajak. Lebih dari itu, menggunakan kartu kredit untuk berbisnis ini dapat meningkatkan nilai perusahaan juga. Mari membahas keuntungan dan fitur-fitur dari kartu kredit korporat.

Mengenal Kartu Kredit untuk Korporat

Jika kartu kredit umumnya dikenal sebagai kartu untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari, ada juga kartu kredit yang diperuntukkan untuk bisnis, yaitu kartu kredit bisnis dan kartu kredit korporat. 

Kartu Kredit Bisnis

Melansir dari berbagai sumber, kartu kredit bisnis  atau business credit card adalah kartu kredit yang digunakan oleh pemilik bisnis atau karyawan suatu perusahaan untuk membayar pengeluaran bisnis, seperti membayar tagihan bulanan, membeli perlengkapan kantor, hingga membayar perjalanan bisnis. 

Sama seperti kartu kredit penggunaan pribadi, terdapat program-program rewards dan cashback atas transaksi tertentu yang dapat dinikmati pemilik kartu ini. Hal yang membedakan adalah besaran limit penggunaan yang umumnya lebih besar dari kartu kredit biasa.

Kartu kredit bisnis ini dapat dimiliki oleh semua usaha dari berbagai skala omzet, termasuk usaha mikro yang dijalankan di rumah saja. Sebab, persyaratan pembuatannya cenderung ringan, layaknya mengajukan pembuatan kartu kredit pribadi.

Kartu Kredit Korporat

Sedangkan kartu kredit korporat atau corporate credit card adalah kartu kredit yang dipegang oleh karyawan suatu perusahaan untuk membiayai pengeluaran bisnis resmi, seperti perjalanan bisnis.

Namun berbeda dengan kartu kredit bisnis, kartu kredit korporat hanya dapat diajukan oleh perusahaan dengan besaran omzet tertentu serta memiliki persyaratan yang lebih rumit. Beberapa di antaranya, memiliki jumlah tagihan dengan minimum tertentu, memiliki pegawai dengan jumlah tertentu, memiliki pemasukan sebesar angka tertentu.

Bahkan, karyawan yang dipercaya untuk memegang kartu kredit korporat harus melewati proses pengecekan riwayat kredit terlebih dahulu.

Namun, pemakaian kartu ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam mengelola biaya bisnis, tetapi juga akan mendapatkan benefit lain seperti laporan pengeluaran otomatis dan notifikasi transaksi secara real time.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Kartu Visa? Simak hingga Tuntas, di Sini!

Benefit Pemakaian Kartu Kredit Korporat

Diperuntukkan pada pengusaha dan perusahaan, kartu kredit korporat maupun bisnis memiliki benefit yang dapat menguntungkan penggunanya. Tidak hanya rewards dan cashback, benefit ini juga dapat memberikan keuntungan dari segi bisnis. Apa saja?

Mari membahas secara mendalam untuk kartu kredit korporat. Berikut ini adalah beberapa benefit penggunaan corporate credit card:

1. Mempermudah Pembayaran Tagihan Bisnis 

Dengan menggunakan kartu kredit korporat, perusahaan dapat melakukan pembelian maupun pembayaran kebutuhan

bisnis dengan lebih mudah, bahkan secara online maupun lintas negara. Misalnya, perusahaan yang ingin melakukan pembelian jasa aplikasi oleh penyedia layanan dari luar negeri, pembayaran akan menjadi lebih mudah karena cukup memasukkan nomor kartu kredit. Tidak perlu lagi melakukan transfer bank yang mana dapat memakan waktu karena ini pembayaran ini beda bank dan secara internasional.

2. Menyediakan Pengelolaan Keuangan Bisnis

Lebih dari sekedar bayar-membayar, corporate credit card juga dapat membantu perushaaan untuk mengelola keuangannya lebih baik. Umumnya, corporate credit card akan menyediakan data laporan keuangan yang lebih terperinci dan menyampaikan arus kas yang lebih akurat. Bahkan kartu kredit juga dapat menyampaikan laporan transaksi dengan lebih lengkap sehingga tidak perlu lagi mengkhawatirkan proses manual dan meminimalisir human error.

Jadi, perusahaan dapat fokus pada analisis keuangan menggunakan data-data dari laporan yang disediakan oleh kartu kredit ini.

3. Menawarkan Pengelolaan Pengeluaran

Jika khawatir dengan pengeluaran berlebih, perusahaan dapat menghubungi provider kartu kredit korporat untuk membuat limit pengeluaran. Dengan begitu, perusahaan dapat mengendalikan pengeluaran bisnis dan karyawan dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebijakan cost perusahaan. 

4. Mempermudah Alokasi Budget Travel dan Entertainmen 

Ketika harus melakukan perjalanan bisnis, kartu kredit dapat menawarkan beberapa benefit pada penggunanya. Selain tentunya dapat dengan mudah melakukan pembayaran di merchant mana pun, kartu kredit korporat akan menyediakan pengelolaan pengeluaran biaya yang lebih baik sehingga menghindari karyawan atau pengusaha untuk menggunakan kartu lebih dari limit yang ditentukan, bahkan dapat mengurangi risiko pemakaian kartu untuk keperluan di luar bisnis. Selain itu, pengeluaran karyawan saat melakukan perjalanan bisnis dapat terlacak dan diperbarui secara langsung dalam sistem.

5. Peningkatan Skala Bisnis

Perusahaan dapat memanfaatkan kartu kredit korporat untuk urusan pembayaran tagihan usaha maupun perpajakan dengan lancar, tanpa mengganggu cashflow usaha. Bahkan, perusahaan dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli peralatan dan perlengkapan kantor, berlangganan layanan digital untuk pengelolaan bisnis, hingga membeli teknologi terbaru untuk kebutuhan produksi. Hal-hal ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan skala bisnisnya, tanpa khawatir modal bisnis terganggu atau terbatas.

6. Peningkatan Modal Bisnis  

Di sisi lain, penggunaan kartu kredit korporat yang bijak serta pembayaran tagihan yang lancar akan meningkatkan skor kredit perusahaan. Hal ini akan memberikan dampak positif, dan salah satunya adalah peningkatan limit hingga akses perusahaan ke pinjaman modal usaha.

7. Program Reward dan Cashback

Sama seperti kartu kredit untuk personal, kartu kredit untuk perusahaan juga memiliki program rewards dan cashback yang dapat dinikmati. Umumnya, rewards diberikan berdasarkan transaksi yang dilakukan. Jadi, sangat disarankan untuk dapat memilih kartu kredit korporat dengan rewards yang sesuai dengan kebutuhan atau pengeluaran perusahaan. 

Fitur-Fitur Kartu Kredit untuk Perusahaan

Setiap provider kartu menawarkan berbagai macam fitur untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis. Umumnya, fitur-fitur yang akan diberikan kepada perusahaan dalam kartu kredit korporat adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran transaksi dengan merchant yang belum mendukung penggunaan kartu kredit.
  • Pelaporan keuangan terperinci untuk pengelolaan arus kas yang lebih efisien.
  • Pengendalian pengeluaran biaya bisnis.
  • Keamanan tingkat tinggi serta keabsahan transaksi terjamin.
  • Akses ke permodalan bisnis.
  • Akses ke budget untuk pengeluaran dengan tujuan bisnis yang lebih mudah.

Baca Juga: Memahami Manfaat dan Risiko Penggunaan Kartu Kredit

Kesimpulan

Penggunaan kartu kredit untuk perusahaan, atau kartu kredit korporat, tidak sekadar memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran. Lebih dari itu, kartu kredit korporat dapat membantu pengembangan bisnis melalui benefit-benefit yang ditawarkan.

Kartu kredit korporat dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan arus kas dengan menangani urusan pengeluaran bisnis. Jadi tanpa perlu mengganggu arus kas, perusahaan dapat membayar tagihan bisnis, membayar transaksi dengan merchant/vendor, membayar pajak, membeli peralatan/perlengkapkan kantor, hingga membeli teknologi baru untuk mendukung operasional perusahaan. 

Dengan demikian, perusahaan dapat memaksimalkan kapitalnya untuk kebutuhan yang lebih penting, seperti pengembangan bisnis. 

Kartu kredit korporat juga menawarkan fitur pengelolaan dan pengendalian keuangan sehingga perusahaan dapat memiliki laporan keuangan yang lebih rapi, memudahkan analisis pengeluaran yang berguna dalam hal pengembangan bisnis.

Reading: Ini 7 Benefit dan Fitur Kartu Kredit Korporat untuk Perusahaan, Apa Saja?