Ebilling Pajak : Cara Mudah Buat ID Billing di OnlinePajak

Dian Puspa | 360693 views

Modul Penerimaan Generasi kedua (MPN G2) atau yang lebih dikenal dengan ebilling pajak telah efektif digunakan sejak beberapa tahun yang lalu, sesuai dengan Surat Keputusan DJP nomor KEP-72/PJ/2016. Pemberlakuan ebilling pajak ini berarti akan semakin memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak secara online, tanpa perlu datang dan antre lagi di bank.

Salah satu kanal resmi untuk mendapatkan ebilling pajak adalah aplikasi e-Billing OnlinePajak, yang sudah diresmikan oleh DJP lewat Keputusan Direktur Jenderal Pajak nomor KEP-72/PJ/2016. Temukan langkah membuat ID Billing di bawah ini yang lebih efisien dibandingkan sistem ebilling pajak lainnya, karena sudah terhubung dengan sistem bayar pajak online dan e-filing (lapor pajak online) di dalam 1 aplikasi. Sehingga wajib pajak dapat merasakan kemudahan dan hemat waktu dalam memenuhi kepatuhan pajaknya dari mana saja dan kapan saja.

Mengapa Buat Ebilling Pajak Lebih Baik di OnlinePajak?

Ada banyak kemudahan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat kode billing di aplikasi e-Billing OnlinePajak. Inilah di antaranya:

  • Hemat waktu Di OnlinePajak, Anda dapat membuat kode billing pajak hanya dengan 1 klik saja. Lebih cepat dan efisien bagi wajib pajak badan yang perlu mendapatkan ebilling pajaknya.
  • Terintegrasi Aplikasi e-billing OnlinePajak terintegrasi dengan PajakPay (Cash Management), sistem pembayaran pajak online dari OnlinePajak, aplikasi hitung otomatis PPh dan PPN, e-Faktur dan e-Filing. Sehingga Anda tidak perlu unduh dan menggunakan berbagai software/aplikasi dan sangat mudah digunakan. Cukup pilih KAP/KJS yang perlu Anda bayarkan atau unggah file excel sesuai template OnlinePajak dan dapatkan kode-kode billing Anda dengan seketika.
  • Akurat Tak perlu repot mengingat KAP atau KJS yang harus Anda bayarkan. Jika Anda menggunakan fitur hitung otomatis PPh & PPN di OnlinePajak, sistem kami memudahkan Anda mengisikan KAP & KJS, serta jumlah pajak secara akurat dan otomatis berdasarkan rekaman transaksi Anda. Sehingga kesalahan pengisian KAP & KJS dapat terhindarkan. Bukti Bayar Sah dari Negara Bukti bayar yang Anda dapatkan dari OnlinePajak, yaitu BPN (Bukti Penerimaan Negara) dan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) sah dari Negara.

e-Billing Pajak : Cara Mendapatkan ID Billing di Aplikasi OnlinePajak

Untuk melakukan pembuatan ID Billing di OnlinePajak Anda cukup melakukan beberapa langkah sederhana saja, lalu Anda akan langsung mendapatkan NTPN dan BPN yang sah dari negara.

Aplikasi e-Billing dari OnlinePajak telah dikembangkan secara khusus agar dapat memberikan kemudahan bagi pengguna (wajib pajak) dalam melakukan pembayaran pajak sekaligus pembuatan ID Billing.

Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk membuat ID Billing dan pembayaran, dengan satu aplikasi OnlinePajak yang sudah terintegrasi:

  1. Masuk Aplikasi e-Billing OnlinePajak
    Daftarkan perusahaan Anda, kemudian masuk aplikasi e-Billing OnlinePajak.aplikasi e-billing OnlinePajak
  2. Pilih Nama Perusahaan dan NPWP
    Sebelumnya pastikan bahwa Anda sudah memilih Nama Perusahaan dan NPWP yang benar. Lalu lihat pada bagian kiri atas untuk memilih periode pajak yang sesuai, lalu klik tombol “+Tambah” kemudian pilih jenis pajak yang ingin Anda bayarkan.pilih nomor npwp dan jenis pajak
  3. Masukkan Nominal Yang Ingin Dibayarkan
    Masukkan nominal yang ingin Anda bayarkan, kemudian klik “Buat”. Lalu ID Billing akan terproses otomatis dalam waktu kurang lebih satu detik. Anda bisa mengulangi langkah dari poin 1-3 jika ingin melakukan pembayaran untuk lebih dari satu jenis pajak.masukkan nominal pajak
  4. Konfirmasi Jumlah Yang Akan Dibayarkan
    Periksa lagi jumlah nominal ID Billing dan klik tombol “Konfirmasi” untuk melakukan pembayaran.konfirmasi jumlah yang akan dibayarkan
  5. Pilih Bank Yang Akan Digunakan untuk Top Up
    Kemudian Virtual Account Anda akan ditampilkan. Pilih Bank yang Anda inginkan untuk melakukan Top Up. Ikuti terus langkah ini untuk melakukan transfer dengan Virtual Account Anda. Jika proses Top Up telah selesai, silakan klik pada tombol “Konfirmasi Pembayaran”.pilih bank virtual account
  6. Lakukan Pembayaran Dengan 1 Klik
    Setelah Anda melakukan top up dan sado sudah terisi, kini Anda bisa melakukan pembayaran dengan klik pada tombol “Lakukan Pembayaran”. Kini pembayaran pajak Anda telah selesai.lakukan pembayaran pajak
  7. Dapatkan NTPN & BPN Langsung
    Setelah Anda klik tombol “Bayar”, Anda sudah bisa langsung mendapatkan Nomort TransaksiTanda Penerimaan Negara (NTPN) pada halaman e-Billing dan PajakPay. Gambar dibawah merupakan contoh Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang akan Anda dapatkan. Kemudian periksa dan klik BPN pada ID Billing yang sudah Anda buat, sementara NTPN dapat Anda lihat pada bagian “Lunas”.dapatkan bpn & ntpn

     

Kesimpulan

  • Ebilling pajak merupakan sistem pembayaran pajak elektronik yang online dan fleksibel.
  • Kini buat ID Billing di OnlinePajak jauh lebih praktis, karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja.
  • Buat ebilling di OnlinePajak lebih praktis karena, hemat waktu, terintegrasi, dan akurat.
  • Bukti bayar pajak seperti BPN dan NTPN yang diberikan oleh OnlinePajak adalah sah dari Negara.