Cara Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak secara e-Nofa Online

Dian Puspa | 218776 views

Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Online kini hanya bisa melalui aplikasi milik Ditjen Pajak yakni e-NOFA Pajak. Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) adalah salah satu syarat dalam pembuatan faktur pajak.

nomor seri faktur pajak

Berikut ini sejumlah hal yang perlu diketahui jika wajib pajak ingin melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak online secara langsung di situs milik DJP tersebut.

PERMINTAAN NOMOR SERI FAKTUR PAJAK (PENG - 4/PJ.02/2014)

Pengumuman ini dikeluarkan untuk menjawab pertanyaan Wajib Pajak mengenai tata cara permintaan Nomor Seri Faktur Pajak. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER - 24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan, Prosedur Pemberitahuan dalam rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan dan Penggantian, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak dan perubahannya adalah sebagai berikut:

  • Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus membuat Faktur Pajak dengan Kode dan NSFP, yaitu terdiri dari 16 digit yang terdiri dari dua digit Kode Transaksi, satu digit Kode Status, dan 13 digit nomor faktur pajak yang ditentukan DJP.
  • NSFP dapat diperoleh PKP sesuai tata cara yang telah ditentukan. Contoh: untuk tahun 2016, nomor faktur pajak akan dimulai dari 000.16.00000001 dan seterusnya.
  • Nomor faktur pajak yang digunakan untuk penerbitan Faktur Pajak dalam tahun yang sama dengan dua digit tahun penerbitan yang tertera dalam NSFP. 

JUMLAH NOMOR SERI FAKTUR PAJAK YANG BISA DIMINTA WAJIB PAJAK

Jumlah nomor faktur pajak yang bisa diminta wajib pajak tergantung dari jumlah invoice atau faktur komersial yang diterbitkan dalam 3 bulan terakhir.

PERSYARATAN PENGGUNAAN APLIKASI NOMOR SERI FAKTUR PAJAK ONLINE

Persyaratan menggunakan aplikasi permintaan nomor seri faktur pajak online adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah wajib pajak yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan memiliki akun PKP. PKP adalah pengusaha yang memiliki perusahaan dengan omzet di atas Rp 4,8 miliar per tahun. Pengusaha yang memiliki perusahaan di bawah omzet tersebut dapat memilih menjadi PKP atau non-PKP.
  2. Memiliki mempunyai kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP.
  3. Memiliki sertifikat elektronik yang sebelumnya telah diajukan ke KPP tempat wajib pajak terdaftar dan disetujui oleh DJP. Masa berlaku sertifikat digital adalah 2 tahun sejak diberikan. PKP boleh meminta sertifikat digital baru sebelum kedaluwarsa.

TATA CARA PERMINTAAN NOMOR SERI FAKTUR PAJAK ONLINE

Seperti sudah disinggung di atas, kini untuk memudahkan wajib pajak, selain di KPP tempat PKP dikukuhkan juga dapat dilakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak online melalui e-NOFA Pajak.

Elektronik Nomor Faktur Online adalah aplikasi yang disediakan DJP bagi wajib pajak untuk melakukan permintaan nomor faktur pajak secara online. Caranya adalah dengan mengakses situs e-Nofa pajak dari DJP di http://efaktur.pajak.go.id dan memiliki sertifikat digital.

nomor seri faktur pajak

Kesimpulan

Ini hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan permintaan nomor seri faktur pajak online:

  • Persyaratan penggunaan aplikasi NSFP online:

    • Pengguna sudah dikukuhkan sebagai PKP dan memiliki akun PKP.
    • Memiliki kode aktivasi dan password.
    • Memiliki sertifikat digital dari KPP.
  • Permintaan NSFP online hanya dapat dilakukan melalui e-Nofa Online.