Pelaporan Pajak Online : Begini Langkah Lengkapnya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pelaporan Pajak Online di OnlinePajak

Pelaporan pajak online dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam menunaikan kewajiban lapor pajak. Karena dilakukan secara online, otomatis kegiatan lapor pajak akan jadi lebih mudah mengingat Anda tak perlu repot mendatangi kantor DJP ataupun mengantre giliran lapor. 

Melalui sistem pelaporan pajak online ini, Anda dapat mengirim SPT tahunan dengan mudah dan efisien. Anda dapat menyampaikannya di mana pun dan kapan pun, selama 24 jam sehari. 

Karena dilakukan secara online, otomatis dokumen fisik tak lagi dibutuhkan. Hal ini tentu bisa membuat aktivitas pelaporan pajak online Anda semakin mudah dan terdokumentasi dengan baik.

Demikian pula dengan data bukti pelaporan pajak Anda, dapat terdokumentasi dalam jangka panjang pada basis data web. Sehingga, tak mudah hilang dan mudah ditemukan kapan pun Anda membutuhkannya.

Cara lapor pajak online pun semakin mudah dengan kehadiran ASP (Application Service Provider) atau penyedia jasa layanan aplikasi pajak yang menjadi mitra resmi DJP. Mengedepankan pengalaman pengguna dan kehandalan teknologi, pelaporan pajak online melalui e-Filing ASP kini bisa menjadi pilihan utama. Apalagi baik wajib pajak badan yang harus melakukan kewajibannya setiap bulan.

Pada artikel ini, Anda dapat menyimak panduan selangkah demi selangkah lapor pajak online bagi wajib pajak badan melalui aplikasi OnlinePajak yang dapat dilakukan secara gratis.

Persiapan Pelaporan Pajak Online

e-Filing merupakan cara penyampaian SPT secara online dan real-time melalui internet pada website DJP Online atau laman penyedia layanan aplikasi (ASP) yang menjadi mitra resmi DJP. 

DJP Online sendiri merupakan layanan pajak online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk melakukan e-Filing pajak, membuat ebilling, dan mengakses e-Form PPh pribadi dan badan.

I. Siapkan NPWP dan EFIN

Nah, apabila Anda baru pertama kali menggunakan e-Filing, hal pertama yang perlu Anda lakukan selain memiliki NPWP adalah mengajukan permohonan aktivasi EFIN pajak (Electronic Filing Identification Number) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau bisa juga ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). 

EFIN pajak sendiri merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP untuk Anda, pembayar pajak, yang melakukan transaksi online dengan DJP.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dokumen formulir EFIN Pajak, berikut asli dan fotokopi:
    • Surat penunjukkan pengurus yang bersangkutan
    • KTP pengurus (WNI) atau paspor dan KITAS/KITAP bagi pengurus (WNA)
    • NPWP/Surat Keterangan Terdaftar pengurus
    • NPWP/Surat Keterangan Terdaftar WP badan dan email aktif
  2. Bagi WP badan kantor cabang:
    • Siapkan surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
    • Surat penunjukkan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang bersangkutan
    • KTP pengurus (WNI) atau paspor dan KITAS/KITAP pengurus (WNA)
    • NPWP/Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang bersangkutan
    • NPWP/Surat Keterangan Terdaftar (SKT) kantor cabang
  3. Ajukan secara langsung formulir EFIN ke KPP tanpa diwakilkan. Lampirkan juga syarat yang dibutuhkan.

II. Aktivasi EFIN di Situs DJP Online

Selanjutnya, aktivasi EFIN pajak badan Anda di situs DJP Online dengan mengikuti langkah-langkah cara lapor pajak online berikut:

Berikut langkah lengkapnya:

Daftar/Masuk Menu e-Filing Pajak

Pada menu “e-Filing CSV”, daftarkan terlebih dahulu NPWP dan EFIN Anda, bila ini pertama kalinya Anda e-Filing melalui OnlinePajak. Lewati langkah daftar EFIN ini, bila Anda sudah pernah mendaftarkannya di OnlinePajak.

cara lapor pajak online : daftar EFIN

III. Siapkan CSV SPT

Selanjutnya, siapkan file CSV SPT Masa atau Tahunan Anda pada e-SPT. Bila Anda menggunakan fitur hitung otomatis PPh Pasal 21 atau PPN di OnlinePajak, Anda tidak perlu membuat SPT Masa terlebih dahulu di e-SPT. Melainkan Anda bisa mendapatkan SPT Masa PPh Pasal 21 atau PPN yang sudah terisi otomatis.

Langkah Lengkap Pelaporan Pajak Online di Aplikasi OnlinePajak

Selain melalui website DJP online, Anda juga bisa melakukan pelaporan pajak online melalui saluran tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya melalui OnlinePajak. OnlinePajak hadir untuk semakin memudahkan Anda melakukan pelaporan pajak online.

Terdapat 2 pilihan cara lapor pajak online melalui aplikasi OnlinePajak, yakni dengan unggah file CSV atau dengan mengguna e-Filing 1 klik alias menggunakan fitur OnlinePajak secara lengkap mulai dari hitung, setor, dan lapor. Berikut langkah lengkap melakukan pelaporan pajak online melalui OnlinePajak.

Berikut ini langkah-langkah cara lapor pajak online melalui aplikasi OnlinePajak dengan mengunggah CSV:

I. Langkah Pelaporan Pajak Online dengan Unggah CSV di OnlinePajak

Jika Anda telah menyiapkan file CSV SPT di luar aplikasi OnlinePajak, Anda dapat menggunakan fitur “e-Filing CSV” untuk pelaporan pajak online berikut ini:

  1. Daftar/Masuk Menu e-Filing Pajak

    Pilih menu “e-Filing CSV”

    langkah pelaporan pajak online : daftar EFIN

  2. Unggah CSV dan PDF Lampiran

    Unggah file CSV SPT Anda dan PDF lampiran yang dibutuhkan. Di OnlinePajak, Anda dapat melaporkan CSV SPT untuk semua status pembayaran dan pembetulan, serta mengunggah PDF tanpa batas ukuran maksimum.

    langkah pelaporan pajak online : unggah csv SPT di OnlinePajak

  3. Klik Tombol “Lapor”

    Setelah berhasil mengunggah, klik tombol “Lapor”.

    langkah pelaporan pajak online : klik tombol lapor pada OnlinePajak

  4. Terima BPE

    Terima bukti pelaporan pajak atau Bukti Penerimaan Elektronik dengan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) yang sah dari DJP.

    langkah pelaporan pajak online : terima bpe melalui OnlinePajak

II. Langkah Pelaporan Pajak Online dengan 1 Klik di OnlinePajak

Berikut ini, cara lapor pajak online di aplikasi OnlinePajak dengan lebih mudah, karena menggunakan fitur hitung otomatis dan setor pajak online. Pastikan sebelumnya Anda telah mengaktivasi EFIN di situs DJP Online dan mendaftarkan EFIN perusahaan Anda di OnlinePajak. Setelah itu, ikuti langkah pelaporan pajak online berikut ini:

  1. Daftar/Masuk ke Menu “PPh 21” atau “e-Faktur & PPN”

    Mulai hitung PPh 21 otomatis pada menu “PPh 21” atau dapatkan PDF e-faktur pada menu “e-Faktur & PPN” dengan memasukkan data faktur penjualan. Lalu klik tombol “Simpan”.

    langkah pelaporan pajak online : hitung pajak otomatis

  2. Dapatkan SPT Masa dan Setor Pajak Online 1 Klik

    Klik menu “PPh 21” atau “PPN” untuk mendapatkan SPT Masa PPh 21 atau PPN yang terisi otomatis. Lalu, buat ID Billing dan setor pajak online dengan 1 klik dengan klik tombol “Setor”

    efiling pajak

  3. Klik Tombol “Lapor”

    Kemudian klik tombol “Lapor”.

    langkah pelaporan pajak online : efiling / klik lapor

  4. Terima BPE

    Dapatkan bukti pelaporan pajak (BPE) Anda dengan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE), klik “Lihat BPE” untuk mengunduhnya atau periksa juga email Anda untuk melihatnya.

    langkah pelaporan pajak online di OnlinePajak : terima BPE

Jika Anda melaporkan SPT melalui OnlinePajak, proses pelaporan yang Anda lakukan akan lebih mudah. OnlinePajak juga memberikan Anda banyak keuntungan, diantaranya Anda bisa melaporkan pajak kapan dan di mana saja selama memiliki jaringan internet. 

Fitur e-Filing OnlinePajak juga gratis bagi siapa saja. Cukup sekali mendaftar, Anda pun bisa menggunakan semua fitur yang tersedia, mulai dari e-billing dan setor pajak online 1 klik dengan PajakPay, hitung pajak otomatis, dan mendapatkan e-faktur.

Sebagai penyempurna kebutuhan Anda, OnlinePajak hadir dengan kemudahan serta keamanan yang terjamin. Lembaga internasional penjamin keamanan dan kerahasiaan informasi juga telah memberikan OnlinePajak sertifikasi. 

Lebih lanjut, fitur e-Filing OnlinePajak sendiri sudah disahkan sehingga setiap dokumen yang diterbitkan oleh OnlinePajak, seperti BPE, berlaku sah. Semua SPT pun dapat Anda laporkan melalui salah satu dari lima saluran resmi e-Filing ini.

Tak perlu bingung lagi melakukan lapor pajak online Anda sekarang dengan menggunakan OnlinePajak. Melalui OnlinePajak, pelaporan SPT Anda semakin mudah dan cepat. Hanya dengan satu klik saja, Anda sudah bisa mendapatkan bukti lapor pajak Anda sekarang juga. Tunggu apa lagi? Segera laporkan SPT Anda!

Kesimpulan

Untuk lapor pajak online yang lebih mudah dan efisien, wajib pajak badan dapat menggunakan aplikasi OnlinePajak secara gratis. Berikut ini, langkah lengkapnya untuk e-Filing dengan cara unggah CSV SPT:

  1. Masuk menu e-Filing pajak.
  2. Unggah CSV SPT pelaporan pajak Anda yang sudah disiapkan sebelumnya di e-SPT. Unggah juga lampiran-lampiran yang dibutuhkan.
  3. Terima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE/NTTE) yang sah dari DJP.
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
e-filing onlinepajak

Lapor Pajak Badan dengan Mudah & Efisien

Lapor semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dan tepat waktu. 

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Lapor Pajak Online dengan Fitur e-Filing

Nikmati keunggulan fitur e-Filing OnlinePajak seperti user-friendly interface, akurat dan otomatis, hingga pelaporan pajak mudah dan efisien.

e-filing onlinepajak

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini