Call Center BPJS Kesehatan: Solusi Layanan BPJS Selama 24 Jam!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Punya Kendala Soal BPJS Kesehatan? Hubungi Call Center BPJS Kesehatan 1500 400!

Perkembangan teknologi yang ada memudahkan konsumen untuk memperoleh berbagai informasi. Sebut saja keberadaan pusat panggilan atau call center yang memudahkan konsumen dalam memecahkan solusi tanpa perlu repot mendatangi kantor atau instansi terkait. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan turut menyediakan fasilitas call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400 yang bisa Anda akses selama 24 jam.

BPJS Kesehatan sendiri menyebut fasilitas tersebut dengan sebutan Care Center 1500 400. Di sini ada banyak layanan yang bisa Anda akses lewat sambungan udara, mulai dari daftar kepesertaan BPJS Kesehatan, pengaduan, sampai konsultasi kesehatan.

Ingin tahu lebih lanjut soal layanan call center BPJS Kesehatan? Yuk, simak artikel berikut ini dan jangan lupa untuk catat nomor tersebut, siapa tahu Anda membutuhkannya suatu saat!

4 Layanan yang Bisa Anda Temukan di Call Center BPJS Kesehatan

1. Mendaftarkan Diri sebagai Anggota BPJS

Selain daftar online, tahukah Anda kalau kini daftar BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan via telepon? Ya, kemudahan ini tidak bisa lagi dijadikan alasan kenapa sampai sekarang Anda masih belum menjadi anggota BPJS Kesehatan, padahal hal tersebut adalah wajib lho baik bagi WNI maupun WNA.

Lewat Care Center 1500 400, daftar menjadi anggota BPJS Kesehatan jauh lebih simpel, terutama bagi peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Lewat sambungan telepon, petugas BPJS Kesehatan akan meminta berbagai data terkait diri Anda. Sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • nomor KK
  • nomor KTP
  • nomor telepon
  • alamat email
  • nomor rekening
  • nomor handphone
  • pilihan faskes

Setelah itu, Anda akan diberikan nomor virtual account (VA) via SMS atau via email. Nomor VA ini yang akan menjadi identitas Anda saat ingin melakukan pembayaran di bank. Jangan lupa ya untuk melakukan pembayaran maksimal 30 hari setelah penerbitan nomor VA.

Jangan lupa juga untuk memberikan alamat lengkap karena kartu BPJS Kesehatan Anda akan diantar langsung ke rumah.

Selain untuk keanggotaan mandiri, Anda juga bisa menambahkan anggota keluarga lainnya untuk menjadi peserta mandiri lewat layanan Care Center. Mudah, bukan?

2. Dapat Melakukan Perubahan Data

Selain mendaftar menjadi anggota baru, Anda juga bisa melakukan perubahan data terkait keanggotaan melalui call center BPJS Kesehatan.

Anda juga dapat melakukan perubahan data yang meliputi perubahan identitas, faskes, dan kelas rawat dengan cepat dan mudah.

Namun, ada beberapa catatan penting yang harus Anda perhatikan.

Pertama, pastikan kalau Anda telah terdaftar lebih dari 3 bulan di faskes 1 jika ingin melakukan pindah faskes.

Kedua, perubahan kelas rawat hanya berlaku untuk peserta mandiri atau PBPU, dengan syarat telah terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan lebih dari 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

3. Melakukan Konsultasi Kesehatan

Selain terkait urusan birokrasi, call center BPJS Kesehatan juga menjadi solusi lain bagi Anda yang ingin berkonsultasi kesehatan tanya dokter.

Anggota aktif bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum tentang penyakit yang dialami. Layanan ini bisa Anda manfaatkan dari hari Senin sampai dengan Jumat, mulai pukul 7 pagi WIB sampai dengan 8 malam WIB.

4. Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Care Center 1500 400 memberikan akses layanan informasi bagi anggotanya yang ingin mengetahui seluk-beluk BPJS Kesehatan, seperti status keanggotaan, tata cara pembayaran iuran, sampai dengan urusan faskes.

Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan pengaduan terkait layanan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan via call center. Anda akan dihubungkan dengan petugas terkait, kemudian Anda bisa menyampaikan persoalan terkait.

Kesimpulan

Keberadaan call center BPJS Kesehatan 1500 400 tentunya bagai angin segar bagi Anda yang membutuhkan sesuatu yang sistematis, cepat, dan bisa diandalkan.

Anda tidak perlu lagi repot antre atau terkena macet hanya untuk mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan selama 24 jam. Lewat sambungan telepon, semua kebutuhan Anda terkait BPJS Kesehatan bisa teratasi. Semoga bermanfaat!

Bagaimana dengan membayar BPJS Kesehatan? Salah satu caranya, Anda dapat menggunakan fitur pembayaran BPJS di OnlinePajak. Penghitungan otomatis, pembayaran mudah melalui PajakPay, membantu Anda untuk bayar iuran tepat waktu. Pelajari fitur ini lebih jauh dengan mendaftar di OnlinePajak, klik di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Lebih efisien dan akurat dengan perhitungan otomatis PPh21 dan potongan BPJS

Mempermudah penghitungan gaji dan pajak karyawan Anda dengan cepat dan akurat, melalui metode perhitungan PPh 21 mulai dari metode Gross, Nett, dan Gross Up,

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Perhitungan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan terintegrasi

Gunakan perhitungan otomatis untuk BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS kesehatan, cukup pilih opsi perhitungan apakah ditanggung karyawan atau perusahaan

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini