Resources / Blog / Tips e-Filing

4 Peran Aplikasi Pajak untuk Optimalkan Bisnis Anda

Peran Aplikasi Pajak untuk Bisnis

Perkembangan teknologi memberi banyak kemudahan, salah satunya dalam hal urusan perpajakan. Sehingga peran aplikasi pajak sangat dibutuhkan. Sejak tahun 2014, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan DJP Online yang memfasilitasi semua wajib pajak dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak secara online. Seperti diketahui, keberadaan pajak dalam bisnis memegang peranan penting. Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) membuat bisnis terlihat lebih profesional. Kemudian, pengelolaan arus keuangan juga lebih terkontrol dan pelaku bisnis bisa memprioritaskan pengeluaran keuangan menjadi lebih bijak.

Di sinilah aplikasi pajak memberikan banyak peranan yang bisa mengoptimalkan bisnis Anda. Salah satunya adalah OnlinePajak. Sebagai mitra resmi DJP, OnlinePajak memberikan kemudahan wajib pajak dalam menyelesaikan berbagai tahapan perpajakan, mulai dari daftar, hitung, setor, dan lapor lewat satu aplikasi yang terintegrasi.

Baca juga: DJP Online: Mengenal Aplikasi Perpajakan Milik Pemerintah

Yuk, kita simak apa saja manfaat aplikasi pajak seperti OnlinePajak dalam mengoptimalkan bisnis!

1. Membuat Urusan Perpajakan Jadi Lebih Efisien

Biasanya urusan perpajakan kerap menjadi mimpi buruk karyawan tiap kali masa pelaporan karena ada banyak angka serta perlu diselesaikan dengan tahapan yang bertingkat. Kehadiran aplikasi pajak seperti OnlinePajak mengedepankan fitur penghitungan otomatis dengan hasil yang akurat. Anda bisa melakukan penghitungan untuk pajak karyawan seperti PPh 21, pajak UMKM atau PPh Final, e-Faktur, dan lain sebagainya. Sehingga, kinerja serta produktivitas menjadi lebih meningkat dan Anda bisa lebih fokus memusatkan pikiran dalam hal perkembangan bisnis.

Selain itu, OnlinePajak juga mengedepankan layanan cloud based yang menyimpan bukti setor dan lapor pajak secara teratur dan terorganisir. BPE dan BPN Anda akan tersimpan dalam database untuk waktu yang lama. Dan sebagai mitra resmi DJP, bukti pembayaran dan pelaporan yang diterima sah dari DJP.

2. Akses Multi User Sehingga Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Poin kedua ini berkaitan dengan poin pertama yang membuat urusan perpajakan jadi lebih efisien. Ya, bayangkan jika Anda bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dalam satu waktu untuk hal pengelolaan pajak. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai, bukan? Aplikasi pajak seperti OnlinePajak memungkinkan ini semua lewat fitur Multi-user yang bisa diakses oleh banyak akun secara bersamaan.

Anda bisa mengundang rekan kerja untuk berkolaborasi secara bersamaan ketika hendak mengerjakan pajak karyawan seperti PPh 21 dan pajak penjualan lainnya. Selain itu, dalam hal urusan pembuatan ID Billing dan pembayaran pajak juga bisa dilakukan hal yang serupa, terutama bagi Anda yang memiliki banyak tim atau tim yang berbeda.

3. Keamanan Data yang Lebih Terjaga

Berita mengenai kebocoran data pengguna sempat hangat dibicarakan beberapa waktu lalu dan menimbulkan kekhawatiran banyak pihak untuk menggunakan sebuah aplikasi. Tidak heran jika keamanan data selalu menjadi sorotan utama pengguna ketika ingin menggunakan aplikasi tertentu, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan finansial. Peran aplikasi pajak di sini tentunya mengedepankan jaminan keamanan data, seperti yang dilakukan oleh OnlinePajak dengan mengantongi ISO/IEC 27001 yang artinya memiliki tingkat keamanan profesional dalam mengolah data penggunanya.

Baca lebih lanjut: 8 Alasan Keamanan Data Anda Terjamin di OnlinePajak

4. Fitur Pengingat Memudahkan Anda Agar Tidak Telat Bayar Pajak

Tahukah Anda, berdasarkan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan pasal 9 ayat (2a), jika Anda telat melakukan pembayaran pajak akan dikenai sanksi administrasi bunga sebesar 2% per bulan yang dihitung dari tanggal jatuh tempo pembayaran. Ada baiknya jika Anda melakukan pembayaran pajak tepat waktu untuk menghindari denda yang jumlahnya bisa membesar. Di sinilah peranan aplikasi pajak yang bisa menjadi pengingat agar Anda tidak telat bayar pajak. OnlinePajak dengan rutin mengirimkan reminder atau email pengingat berupa jatuh tempo tanggal pembayaran pajak. Anda juga bisa mengunduh Kalender Pajak 2020 di sini untuk lebih mengetahui tanggal pasti pelaporan sehingga Anda selalu membayar pajak tepat waktu.

Baca juga: 3 Fitur OnlinePajak yang Mengatasi Masalah Telat Bayar Pajak

Kesimpulan

Pajak memberikan banyak kontribusi dan manfaat dalam pembangunan negara. Sebagai pelaku bisnis, alangkah baiknya jika Anda taat bayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan kehadiran platform digital dalam hal memudahkan urusan perpajakan, diharapkan pelaku bisnis semakin taat bayar pajak dan di waktu yang bersamaan juga bisa mengoptimalkan bisnisnya untuk semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Reading: 4 Peran Aplikasi Pajak untuk Optimalkan Bisnis Anda