Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 05/PJ.75/1998

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 05/PJ.75/1998

TAGGAL PENERBITAN

1 July 1998

OBJEK

upaya peningkatan pencairan tunggakan pajak
PERATURAN

Berdasarkan hasil penelitian terhadap laporan-laporan pencairan tunggakan yang dilakukan oleh para Kepala Kantor Pelayanan Pajak menunjukkan bahwa kinerja yang dicapai belum dapat memenuhi standard yang ditentukan. Dalam rangka membantu mengamankan rencana penerimaan pajak tahun 1998/1999 yang diperkirakan akan banyak mengalami kesulitan di lapangan sehubungan dengan keadaan ekonomi yang kurang menggembirakan, maka diperlukan peningkatan kegiatan penagihan dengan upaya sebagai berikut :

  1. Kepala Kantor Pelayanan Pajak diminta untuk melakukan tindakan proaktif dalam penagihan pajak dengan memantau kegiatan-kegiatan pengumuman lelang yang dilakukan oleh pihak-pihak yang oleh Undang-undang diberikan kewenangan untuk melakukan penjualan secara lelang seperti Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara (BUPLN), ataupun pengumuman perusahaan-perusahaan yang dinyatakan pailit oleh kurator melalui media cetak atau media elektronik.

  2. Kegiatan sebagaimana dimaksud dalam butir 1 ditindaklanjuti dengan :
    1. Terhadap Wajib Pajak yang aktiva-aktivanya akan dilelang agar Kepala Kantor Pelayanan Pajak mengingatkan kepada pihak-pihak yang menyelenggarakan lelang tersebut bahwa pajak mempunyai hak mendahulu atas barang-barang milik Penanggung Pajak yang akan dilelang.
    2. Terhadap Wajib Pajak yang perusahaannya dinyatakan pailit agar segera menerbitkan surat ketetapan pajak dan diikuti dengan penagihan aktif.
  3. Melakukan himbauan kepada Wajib Pajak/Penanggung Pajak agar melunasi utang pajaknya terlebih dahulu pada saat memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak yang masih mempunyai tunggakan pajak.

  4. Mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1997 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa beserta aturan pelaksanaannya kepada masyarakat Wajib Pajak dan Instansi Pemerintah yang terkait.

Demikian untuk dapat dilaksanakan.

DIREKTUR JENDERAL

ttd

A. ANSHARI RITONGA

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Keputusan Dirjen Pajak – KEP 219/PJ./2002

Menimbang : bahwa untuk lebih lanjut memberikan kejelasan dan kepastian hukum atas pelaksanaan pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah dan sehubungan dengan ditetapkannya Keputusan Menteri…

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 05/PJ.41/1993

Sehubungan dengan surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor : KEP-13/PJ.11/1993 tanggal 13 Februari 1993 tentang Pelimpahan Wewenang Direktur Jenderal Pajak kepada para pejabat di lingkungan…

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 18/PJ./1994

Dalam rangka meningkatkan pelayanan penerimaan SPT Tahunan PPh, maka selama bulan Maret 1994 agar diambil langkah-langkah antara lain sebagai berikut : Segera membentuk tim-tim semacam…

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini