Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 17/PJ.22/1988

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 17/PJ.22/1988

TAGGAL PENERBITAN

14 March 1988

OBJEK

deposito berjangka
PERATURAN

Berhubung dengan masih adanya keragu-raguan tentang jangka waktu penempatan deposito berjangka, dengan ini kami tegaskan hal-hal sebagai berikut :

  1. Sesuai dengan mukadimah maupun penjelasan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1983, penangguhan pengenaan pajak atas bunga deposito berjangka dan tabungan-tabungan lainnya mempunyai tujuan untuk lebih mendorong serta menggairahkan masyarakat guna ikut serta dalam upaya pemupukan dana untuk kepentingan pembangunan nasional.

  2. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1983, terhadap deposito berjangka dan tabungan lainnya seperti Tabanas dan Taska tersebut tidak dilakukan pengusutan perpajakan (fiskal).

  3. Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia maka bank-bank pemerintah maupun swasta dapat menerbitkan deposito mulai dengan jangka waktu satu bulan, dua bulan dan seterusnya.

Dengan demikian ketentuan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1983 serta Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1983 dimaksud pada butir 1 dan 2 di atas, berlaku bagi deposito mulai dengan jangka waktu satu bulan.

Demikian penegasan kami untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

ttd

SALAMUN A.T

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Peraturan Dirjen Pajak – PER 35/PJ/2009

Menimbang : bahwa sehubungan dengan pembentukan Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Orang Pribadi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62/PMK.01/2009 tentang Organisasi dan…

Keputusan Dirjen Pajak – KEP 141/PJ/2014

Menimbang : bahwa sehubungan dengan upaya efektivitas pelayanan dan pengawasan terhadap Wajib Pajak sektor usaha pertambangan mineral dan batu bara dan perkebunan kelapa sawit yang…