Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 18/PJ.42/1997

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 18/PJ.42/1997

TAGGAL PENERBITAN

31 December 1997

OBJEK

cara perhitungan kompensasi kerugian terhadap selisih penilaian kembali (revaluasi) aktiva tetap
PERATURAN

Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan tentang penerapan cara perhitungan kompensasi kerugian horizontal maupun vertikal terhadap selisih penilaian kembali (revaluasi) aktiva tetap sebagaimana yang diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan R.I. Nomor : 507/KMK.04/1996 tanggal 13 Agustus 1996 jo. Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor : SE-30/PJ.42/1996 tanggal 14 Agustus 1996, dengan ini diberikan penegasan sebagai berikut :

  1. Apabila dalam tahun dilakukannya penilaian kembali aktiva tetap perusahaan mengalami kerugian, baik kerugian operasional maupun kerugian selisih kurs, maka kerugian-kerugian tersebut harus lebih dahulu dikompensasikan dengan selisih penilaian kembali aktiva tetap tersebut.

  2. Apabila setelah kompensasi pada butir 1 masih terdapat selisih positif (selisih lebih) dari penilaian kembali aktiva tetap dan perusahaan masih mempunyai kerugian fiskal dari tahun-tahun sebelumnya yang belum dikompensasikan, maka kerugian fiskal tersebut juga harus dikompensasikan terlebih dahulu dengan sisa lebih selisih penilaian kembali aktiva tetap tersebut.

  3. Apabila setelah kompensasi horizontal dan vertikal pada butir 1 dan butir 2 di atas masih terdapat sisa lebih penilaian kembali aktiva tetap, atas kelebihan tersebut dikenakan PPh Final sebesar 10% (sepuluh persen).

Demikian untuk dilaksanakan sebaik-baiknya.

DIREKTUR JENDERAL

ttd

FUAD BAWAZIER

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Keputusan Menteri Keuangan – 502/KMK.01/1998

Menimbang : bahwa dalam rangka harmonisasi tarif serta menunjang efisiensi ekonomi nasional dalam meningkatkan daya saing produksi dalam negeri, dipandang perlu mengubah tarif bea masuk…
All articles loaded
No more articles to load