Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 20/PJ.22/1984

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 20/PJ.22/1984

TAGGAL PENERBITAN

6 June 1984

OBJEK

pajak penghasilan atas ekspor yang dilakukan oleh bentuk usaha tetap (permanent establishment) di indonesia
PERATURAN

Seperti diketahui dalam Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda antara Indonesia dan negara-negara lain dinyatakan bahwa tidak ada laba yang diperoleh suatu bentuk usaha tetap hanya karena pembelian barang-barang dagangan oleh bentuk usaha tetap itu bagi perusahaan induknya. Prinsip ini sejalan dengan azas-azas hukum pajak internasional.

  • Dengan demikian laba baru dapat dikatakan diperoleh suatu bentuk usaha tetap, apabila dapat dibuktikan bahwa barang-barang tersebut dikirim atau dijual oleh bentuk usaha tetap kepada pihak-pihak lain, bukan kepada perusahaan induknya. Sebelum hal tersebut dapat dibuktikan, pengenaan pajak atas ekspor yang dilakukan oleh bentuk usaha tetap yang berada di Indonesia sukar dilaksanakan, apabila dalam tax treaty yang bersangkutan telah diatur dengan jelas, bahwa pembelian semata-mata ( mere purchase ) tidak dianggap sebagai bentuk usaha tetap.

  • Berdasarkan hal-hal yang kami kemukakan tersebut diatas dengan ini diminta, supaya Saudara sebelum melaksanakan ketentuan perpajakan Indonesia terhadap ekspor yang dilakukan oleh bentuk usaha tetap dari perusahaan-perusahaan yang merupakan Wajib Pajak Dalam Negeri di Negara-negara yang mempunyai tax treaty dengan kita, terlebih dahulu melakukan penelitian apakah aktivitas pembelian barang-barang tersebut dilakukan oleh bentuk usaha tetap bagi perusahaannya atau bagi pihak-pihak lain (bukan perusahaannya sendiri).

  • A.n. DIREKTUR JENDERAL PAJAK
    PJS. SEKRETARIS DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

    ttd

    Drs. S. SUTANTO

    Butuh Bantuan?

    Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

    BACA JUGA

    Keputusan Menteri Keuangan – 462/KMK.01/2000

    Menimbang : bahwa dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 416/KMK.01/1998 diberikan pembebasan bea masuk atas impor polyethylene dan polyprophylene kepada sejumlah industri kemasan cairan infus dan…

    Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 23/PJ./2004

    Bersama ini disampaikan fotokopi : Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor : KEP-134/PJ/2004 tentang Perubahan atas Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor : KEP-105/PJ/2004 tentang Tempat Pendaftaran…