Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 21/PJ/2009

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 21/PJ/2009

TAGGAL PENERBITAN

24 February 2009

OBJEK

penegasan sehubungan dengan peraturan nomor per-7/pj/2008 tentang perubahan atas peraturan direktur jenderal pajak nomor per-24/pj/2008 tentang surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan wajib pajak badan dan surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi beserta petunjuk pengisiannya direktur jenderal pajak
PERATURAN

Sehubungan dengan ditetapkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 7/PJ/2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2008 tentang Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan dan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Beserta Petunjuk Pengisiannya, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Untuk mendukung program ekstensifikasi Wajib Pajak Orang Pribadi perlu meningkatkan batasanjumlah penghasilan orang pribadi yang dapat menggunakan formulir Surat Pemberitahuan TahunanPajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Sangat Sederhana (SPT 1770 SS).
  2. Batasan pengguna formulir SPT 1770 SS adalah Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan hanya darisatu pemberi kerja dengan jumlah penghasilan bruto dari pekerjaan tidak lebih dari Rp. 60.000.000,-(enam puluh juta rupiah) setahun dan tidak mempunyai penghasilan lain kecuali penghasilan bungabank dan/atau bunga koperasi.
  3. Sehubungan dengan telah selesainya pencetakan formulir SPT Tahunan PPh Tahun 2008, maka kepadaWajib Pajak diperkenankan untuk menyampaikan SPT 1770 SS dengan menggunakan formulir lama.
  4. Para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak agar melakukan sosialisasi kepadapara Wajib Pajak di lingkungan wilayah kerja masing-masing.

Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 24 Februari 2009
Direktur Jenderal,

ttd.

Darmin Nasution
NIP 130605098

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 25/PJ.223/1987

Sehubungan dengan masih banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak perihal sebagaimana tersebut di atas, bersama ini perlu diberikan penjelasan dan penegasan…