Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 53/PJ.6/1993

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 53/PJ.6/1993

TAGGAL PENERBITAN

29 August 1993

OBJEK

permintaan back up table dan persiapan pelaksanaan konversi aplikasi
PERATURAN

Menunjuk Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-35/PJ.6/1993 tanggal 22 Juni 1993 perihal Pembaharuan Data Cadangan (Back up Master File) dan SE-52/PJ.6/1993 tanggal 10 September 1993 perihal Kebijaksanaan Pendataan dan Penilaian serta Komputerisasi PBB, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Untuk keperluan analisis konversi aplikasi SISTEP/SISTEP Plus ke SISMIOP, Kantor Pusat Ditjen Pajak (Dit. PBB) bermaksud untuk melakukan identifikasi permasalahan konversi pada setiap KP PBB yang akan melaksanakan SISMIOP melalui konversi aplikasi, maka diminta perhatian Saudara hal-hal sebagai berikut :
    1. KP PBB yang belum mengirimkan back up master file (SE-35/PJ.6/1993), agar segera mengirimkannya ke Direktorat PBB dengan disertai back up tablenya (KP PBB yang belum mengirimkan back up master file adalah sebagaimana Lampiran I);
    2. KP PBB yang sudah mengirimkan back up master file (Lampiran II), agar mengirimkan back up table, karena setelah diadakan penelitian ternyata hampir seluruh KP PBB yang sudah mengirimkan back up master file tersebut belum mengirimkan back up table dimaksud.

Untuk memudahkan pembuatan back up master file dan back up table, terlampir disampaikan prosedur pelaksanaannya untuk dijadikan pedoman (Lampiran III).

Mengingat pentingnya back up master file dan back up table dalam rangka mensukseskan pelaksanaan konversi aplikasi, maka diminta agar kedua back up tersebut dapat diterima Kantor Pusat Ditjen Pajak paling lambat minggu kedua bulan Oktober 1993.

Perlu pula disampaikan bahwa untuk keperluan back up table tersebut hanya memerlukan satu buah floppy disk.

  1. Pelatihan aplikasi SISMIOP dan konversi aplikasi bagi 90 Operator Console (OC) KP PBB yang akan melaksanakan konversi aplikasi akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober s/d 30 Oktober 1993 bertempat di BPLK Jl. Purnawarman 99 Jakarta Selatan. Untuk itu, diminta agar :.
    1. Saudara mengirimkan nama OC yang akan diikutsertakan dan memerintahkannya untuk mengikuti pelatihan tersebut;
    2. Peserta pelatihan diharuskan untuk melaporkan diri ke Subdit Pendataan, Direktorat PBB di Jl. Ophir No. 5 Kebayoran Baru Jakarta Selatan paling lambat tanggal 16 Oktober 1993;
    3. Para OC yang akan mengikuti pelatihan diwajibkan membawa sedikitnya 10 (sepuluh) master file kelurahan berikut back up tablenya untuk bahan praktek konversi aplikasi.

Para OC yang akan ditatar di Jakarta, agar diberikan biaya perjalanan dinas dari ma.410 sebanyak 10 hari kerja ditambah biaya transportasi pulang pergi dari tempat kedudukan ke Jakarta.

  1. Agar pelaksanaan konversi aplikasi berjalan sesuai dengan yang direncanakan, maka diminta kepada 90 KP PBB yang akan melaksanakan konversi aplikasi untuk :
    1. Melaksanakan pembenahan administrasi back up master file dan back up table yang ada di kantor masing-masing;
    2. Menyelesaikan kegiatan Up Dating Master File/Pemutakhiran Data untuk bahan ketetapan tahun 1994 pada akhir bulan Oktober 1993, karena pelaksanaan konversi aplikasi akan dimulai pada bulan November 1993.

Demikian untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

A.n. DIREKTUR JENDERAL PAJAK
DIREKTUR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

ttd,

MACHFUD SIDIK, SE, M.Sc

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Peraturan Dirjen Pajak – PER 25/PJ/2009

Menimbang : bahwa dalam rangka memberikan kepastian hukum dan meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak, perlu mengatur kembali tata cara pengajuan dan penyelesaian keberatan Pajak Bumi…