Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 59/PJ/2011

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 59/PJ/2011

TAGGAL PENERBITAN

9 August 2011

OBJEK

pedoman pengelolaan perubahan dan release layanan teknologi informasi dan komunikasi direktorat jenderal pajak
PERATURAN

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-50/PJ/2010 tentang Kebijakan Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Pajak dan perlunya pengaturan mengenai pengelolaan perubahan dan pengelolaan release Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) agar perubahan dan release terkait Layanan TIK dapat dikendalikan dan dikelola dengan baik, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Yang dimaksud dengan:

  1. Unit Kerja TIK DJP yang selanjutnya disebut sebagai Unit Kerja TIK adalah Direktorat TeknologiInformasi Perpajakan (TIP) dan Direktorat Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi(TTKI).
  2. Layanan TIK adalah fasilitas yang terdiri dari gabungan komponen teknologi, proses, danpersonil dalam rangka penyelenggaraan sistem informasi yang direncanakan, dikembangkan,dioperasikan, dan dipelihara oleh Unit Kerja TIK baik secara terpusat maupun terdistribusi,yang digunakan untuk memenuhi kepentingan pemenuhan tugas dan fungsi unit kerja terkaitmaupun DJP pada umumnya. Layanan TIK yang dicakup adalah Layanan TIK yang terdaftardalam Katalog Layanan TIK.
  3. Katalog Layanan TIK adalah daftar Layanan TIK yang dibuat untuk memberikan informasimengenai jenis dan ketentuan penyelenggaraan Layanan TIK sehingga akan memudahkanpengguna dalam berinteraksi dengan Unit Kerja TIK dan untuk memperjelas batasankemampuan Unit Kerja TIK dalam menyelenggarakan Layanan TIK.
  4. Perubahan Layanan TIK adalah kegiatan menambah, memperbaiki, atau menonaktifkanaplikasi dan/atau infrastruktur Layanan TIK yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan prosesbisnis DJP.
  5. Release Layanan TIK adalah kegiatan merencanakan, membangun, dan menguji produk yangdiharapkan dari permintaan perubahan Layanan TIK.
2. Hal-hal yang diatur dalam Pedoman Pengelolaan Perubahan dan Release Layanan TIK adalah sebagaiberikut :

  1. Pengelolaan perubahan Layanan TIK;
  2. Pengelolaan release Layanan TIK;dan
  3. Pemantauan dan pelaporan rutin perubahan dan release Layanan TIK.
3. Perubahan Layanan TIK yang dicakup dalam pedoman ini adalah perubahan atas Layanan TIK yangtercantum dalam Katalog Layanan TIK. Sedangkan Release Layanan TIK yang dicakup dalam pedomanini adalah release atas perubahan Layanan TIK dan pengembangan TIK.
4. Khusus untuk perubahan data pada database SIDJP, SIPMOD, dan SISMIOP dilakukan dengan mengacukepada Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-100/PJ/2010 tentang Kebijakan PerubahanData SIDJP, SIPMOD dan SISMIOP.
5. Pedoman Pengelolaan Perubahan dan Release Layanan TIK diatur sebagaimana dalam Lampiran SuratEdaran ini.
6. Surat Edaran ini merupakan pelengkap Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-50/PJ/2010tentang Kebijakan Pengelolaan Layanan TIK DJP. Untuk mempermudah pemahaman dan penyimpananarsip, maka Surat Edaran ini agar disatukan penyimpanannya dengan Peraturan Direktur JenderalPajak Nomor PER-50/PJ/2010 tentang Kebijakan Pengelolaan Layanan TIK DJP dan surat-surat edaranlainnya yang terkait.
7. Mempertimbangkan bahwa pemberlakuan Surat Edaran ini berdampak luas, maka diberlakukan masatransisi untuk keperluan persiapan teknis dan sosialisasi selama 1 (satu) tahun sejak ditetapkannyaSurat Edaran ini.

Demikian untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 09 Agustus 2011
Direktur Jenderal,

ttd.

A. Fuad Rahmany
NIP 195411111981121001

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Keputusan Menteri Keuangan – 509/KMK.06/2002

Menimbang : bahwa laporan keuangan Dana Pensiun merupakan sumber informasi bagi berbagai pihak yang berkepentingan dengan penyelenggaraan Dana Pensiun; bahwa informasi yang disajikan dalam laporan…

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini