Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 63/PJ/2011

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 63/PJ/2011

TAGGAL PENERBITAN

9 August 2011

OBJEK

pedoman penjaminan kualitas proyek teknologi informasi dan komunikasi (tik)
PERATURAN

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-9/PJ/2011 tentang Kebijakan Pengelolaan Proyek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan diperlukannya pengaturan lebih lanjut mengenai pengelolaan penjaminan kualitas dalam pelaksanaan Proyek TIK di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), serta untuk memastikan bahwa pengelolaan Proyek TIK telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan ini diatur hal-hal sebagai berikut :

1. Terminologi yang digunakan dalam Surat Edaran ini adalah sebagai berikut:

  1. Proyek TIK adalah segala kegiatan yang terkait TIK di lingkungan DJP yang dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, tidak bersifat rutin, dan ditetapkan oleh Project Sponsoruntuk menghasilkan deliverable (hasil kerja) yang bersifat unik berupa suatu produk atau hasilseperti aplikasi, infrastruktur, atau dokumen di bidang TIK.
  2. Penjaminan Kualitas Proyek TIK adalah keseluruhan proses yang dilakukan untuk menjaminkesesuaian antara proses, pengelolaan, dan/atau mutu hasil kerja dengan kebijakan, standar,dan/atau persyaratan yang ditetapkan, pada setiap tahapan pengelolaan Proyek TIK.
  3. Project Sponsor adalah unsur pimpinan DJP yang mempunyai wewenang untuk memulai danmengakhiri Proyek TIK di lingkungan DJP, serta memberikan wewenang kepada pegawai dan/atau pejabat DJP untuk mengelola Proyek TIK dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
2. Pedoman Penjaminan Kualitas Proyek TIK sebagaimana diatur dalam Lampiran Surat Edaran ini berisiketentuan mengenai :

  1. Ketentuan Umum Penjaminan Kualitas Proyek TIK;
  2. Perencanaan Penjaminan Kualitas Proyek TIK; dan
  3. Pelaksanaan Penjaminan Kualitas Proyek TIK.
3. Mengingat bahwa Surat Edaran ini merupakan pelengkap Peraturan Direktur Jenderal Pajak NomorPER-9/PJ/2011 tentang Kebijakan Pengelolaan Proyek TIK dan untuk mempermudah pemahamandan penyimpanan arsip, maka Surat Edaran ini agar disatukan penyimpanannya dengan PeraturanDirektur Jenderal Pajak Nomor PER-9/PJ/2011 tentang Kebijakan Pengelolaan Proyek TIK DirektoratJenderal Pajak dan surat-surat edaran lainnya yang terkait.
4. Mengingat bahwa aturan sebagaimana terdapat dalam Surat Edaran ini berdampak luas, makadiberlakukan ketentuan masa transisi untuk keperluan persiapan teknis dan sosialisasi selama palinglambat 1(satu) tahun sejak ditetapkannya Surat Edaran ini.
5. Surat Edaran ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Demikian untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 09 Agustus 2011
Direktur Jenderal,

ttd

A. Fuad Rahmany
NIP 195411111981121001

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Keputusan Dirjen Pajak – KEP 03/PJ./2006

Menimbang : bahwa dalam rangka mengamankan rencana penerimaan pajak 2006 diperlukan langkah-langkah strategis dan konkrit berkaitan dengan kegiatan pemantauan penyampaian SPT Tahunan, ekstensifikasi, intensifikasi, dan…

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 25/PJ/2014

Umum Dalam rangka mewujudkan keseragaman dan memperhatikan unsur pengendalian internal prosedurkonfirmasi utang pajak dalam rangka pengembalian kelebihan pembayaran pajak, maka perlu dilakukanperubahan formulir konfirmasi utang…