Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 88/PJ/2008

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 88/PJ/2008

TAGGAL PENERBITAN

31 December 2008

OBJEK

penegasan pembayaran pajak penghasilan bagi wajib pajak orang pribadi yangbertolak ke luar negeri , sehubungan dengan telah ditetapkannya
PERATURAN

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2008 dan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 53/PJ/2008 tentang Tata Cara Pembayaran, Pengecualian Pembayaran dan Pengelolaan Administrasi Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Orang pribadi Dalam Negeri yang akan Bertolak ke Luar Negeri, dengan ini diberikan penjelasan dan penegasan lebih lanjut sebagai berikut :

  1. Orang pribadi dalam negeri yang tidak memenuhi persyaratan sebagai Wajib Pajak dalam negeri karena belum memenuhi syarat objektif sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan perpajakan, tidak wajib membayar Fiskal Luar Negeri dengan melampirkan Surat Pernyataan Berpenghasilan Di Bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (contoh Lampiran I).
  2. Sampai dengan tanggal 15 Januari 2009, bagi Wajib Pajak orang pribadi yang akan bertolak ke luar negeri dan tidak memiliki NPWP tidak wajib membayar Fiskal Luar Negeri dengan melampirkan Surat Pernyataan Untuk Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (contoh pada Lampiran II).
  3. Untuk memudahkan pelaksanaannya, penyimpanan Surat Edaran Direktur Jenderal pajak ini agar disatukan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-86/PJ/2008 tentang Penyampaian Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 53/PJ/2008 tentang Tata Cara Pembayaran, Pengecualian Pembayaran Dan Pengelolaan Administrasi Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri yang akan Bertolak ke Luar Negeri.
  4. Para Kepala Kantor Pelayanan Pajak agar menindaklanjuti Surat Pernyataan yang dibuat oleh Orang Pribadi/Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada butir 1 dan 2 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Para Kepala Kantor Wilayah dan para Kepala Kantor Pelayanan Pajak yang melakukan pengelolaan Fiskal Luar Negeri agar memperhatikan dengan sungguh-sungguh Surat Edaran ini, serta dapat mensosialisasikan kepada jajaran di bawahnya dengan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya.

Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 31 Desember 2008
Direktur Jenderal,

ttd,

Darmin Nasution
NIP 130605098

Tembusan :

  1. Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak
  2. Para Direktur dan Tenaga Pengkaji di lingkungan DJP.

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Peraturan Menteri Keuangan – 12/PMK.03/2011

Menimbang : bahwa guna lebih memberikan kepastian hukum kepada Wajib Pajak dalam rangka pemberian imbalanbunga, perlu dilakukan penyesuaian terhadap ketentuan tata cara penghitungan dan pemberian…

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 11/PJ.42/2000

Sehubungan dengan adanya pertanyaan mengenai ketentuan sebagaimana ditegaskan dalam butir 4 Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-08/PJ.42/2000 tanggal 18 April 2000 perihal Perlakuan Pajak…

Keputusan Menteri Keuangan – 140/KMK.06/2001

Menimbang : bahwa komposisi dan maturity profile Obligasi Pemerintah yang diterbitkan dalam rangka pelaksanaan program rekapitalisasi perlu dilakukan restrukturisasi agar lebih proporsional bagi bank peserta…