Syarat Pengajuan Surat Keterangan PP 23: Ini yang Harus Diperhatikan!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sekilas Mengenai Surat Keterangan PP 23

Berbicara mengenai surat keterangan PP 23 pasti sangat berhubungan erat tentang UMKM dan tarif pajaknya. Tarif pajak UMKM mengacu pada Peraturan Pemerintah No.23/2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Dalam peraturan ini ditegaskan bahwa atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak dalam negeri yang memiliki peredaran bruto tertentu dikenakan Pajak Penghasilan yang bersifat final, dalam jangka waktu tertentu dengan tarif sebesar 0,5%. Tarif ini dapat dikatakan lebih istimewa dari tarif pajak lainnya, karena lebih rendah dibanding tarif PPh Badan yang berlaku umum 22% ataupun tarif progresif PPh orang pribadi 5% sampai dengan 30%. Namun sebelum mendapatkan fasilitas tarif 0,5% ada syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat memakai tarif PPh Final PP 23/2018. Apa saja syarat pengajuan surat keterangan PP 23? Simak selengkapnya di artikel ini!

Syarat Pengajuan Surat Keterangan PP 23

Berdasarkan laman pajak.go.id, sebagai wajib pajak ada beberapa hal yang harus Anda penuhi jika ingin mengajukan SK PP 23 diantaranya:

1) Permohonan ditandatangani oleh wajib pajak, atau jika permohonan tidak ditandatangani oleh wajib pajak, maka wajib dilampirkan Surat Kuasa Khusus sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 UU KUP.

2) Telah menyampaikan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak terakhir yang menjadi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Baca Juga : Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi dengan Mudah

3) Memenuhi kriteria Subjek Pajak yang dikenakan pajak UMKM.

Baca Juga :
Pajak UMKM Apa Saja Pajak yang Harus Dibayarkan
Kriteria UMKM dan Pajaknya yang Perlu Anda Ketahui

Setelah melakukan permohonan dengan melengkapi syarat pengajuan surat keterangan PP 23, maka KPP terkait akan menerbitkan surat keterangan atau surat penolakan paling lama 3 hari kerja sejak permohonan diterima.

Apabila sudah melewati jangka waktu yang ditentukan, permohonan atas surat keterangan dianggap diterima dan kepala KPP akan menerbitkan surat keterangan dalam jangka waktu 1 hari kerja setelah jangka waktu tersebut terlewati. Jika permohonan ditolak, wajib pajak dapat mengajukan kembali permohonan selama masih memenuhi persyaratan.

PPh Final OnlinePajak

Sebagai wajib pajak yang berkecimpung dalam bisnis UMKM, Anda dapat melakukan pengelolaan PPh Final di OnlinePajak secara mudah dan terintegrasi. Berbasis web dan disahkan oleh DJP, PPh Final OnlinePajak dapat digunakan secara aman serta diakses dari mana saja, kapan saja.

Anda juga akan mendapatkan beberapa manfaat ketika mengelola PPh Final di OnlinePajak seperti:

  • Praktis dan Meningkatkan Produktivitas Usaha
  • Akses dengan mitra aplikasi, konsultan pajak, bank, hingga e-commerce marketplace yang terintegrasi melalui aplikasi OnlinePajak

Baca Juga :
Keunggulan Aplikasi PPh Final OnlinePajak
Cara Hitung PPh Final UMKM di OnlinePajak

Yuk gunakan OnlinePajak sekarang untuk mengelola pajak UMKM Anda. OnlinePajak solusi yang tepat untuk mengelola PPh Final dengan mudah.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Maksimalkan Keuntungan Bisnis Anda dengan Mengelola Pajak UMKM (PPh Final 0.5%) Secara Efisien

Anda akan punya lebih banyak waktu untuk fokus dalam mengembangkan bisnis. OnlinePajak memungkinkan hal tersebut dengan fitur perhitungan otomatis, setor, dan lapor di satu aplikasi.

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Maksimalkan Keuntungan Bisnis Anda dengan Mengelola Pajak UMKM (PPh Final 0.5%) Secara Efisien

Bayangkan jika Anda dapat mempersingkat waktu saat mengelola Pajak UMKM/Pajak Penjualan. OnlinePajak memungkinkan hal tersebut dengan fitur perhitungan otomatis, setor, dan lapor di satu aplikasi.

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini