Software Gratis dan Manfaatnya di Tengah Pandemi

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Apa itu Software Gratis?

Siapa sih yang tidak suka dengan sesuatu yang gratis? Termasuk dalam hal software gratis atau freeware atau perangkat lunak gratis.

Dilansir dari Wikipedia, software gratis merupakan perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Para pengembang sering kali membuat perangkat lunak gratis untuk disumbangkan ke komunitas tetapi masih ingin mempertahankan hak mereka dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya.

Yang perlu diperhatikan adalah freeware dan free software merupakan 2 jenis software yang berbeda. Meski sama-sama gratis, freeware masih memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan untuk aplikasi selanjutnya. Sedangkan free software atau perangkat lunak bebas dapat diutak-atik dengan bebas tetapi memiliki beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya.

Secara umum, software memiliki beberapa fungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar komputer sebagai sistem operasi atau hanya sebagai sistem pendukung. Software juga mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama karena sistem kerjanya yang seperti penerjemah. Selain itu, software juga dapat melakukan identifikasi program.

Software Gratis di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, keberadaan software gratis sangat membantu pekerja untuk lebih produktif lagi meski bekerja dari rumah. Konsep kerja dari rumah pada dasarnya menggantikan metode kolaborasi dan komunikasi antarkaryawan secara digital. Tatap muka dilakukan tidak secara langsung, melainkan melalui jaringan. Tidak heran jika konsep ini sukses diterapkan oleh perusahaan yang banyak mengandalkan bantuan software untuk produktivitas karyawannya.

Baca juga: Work From Home: Kebijakan Perpajakan & Tips Menjaga Produktivitas

Saat ini ada banyak software gratis yang ditawarkan oleh pengembang dengan tujuan mendukung aktivitas dan produktivitas karyawan untuk bekerja di mana pun dan kapan pun.

Salah satunya adalah jenis software gratis berbasis web yang ternyata memiliki banyak kelebihan ketimbang software gratis biasa. Anda tidak perlu melakukan instalasi apa pun di perangkat Anda karena proses kerjanya bisa dilakukan melalui web browser melalui jaringan internet.

Kelebihan lainnya adalah perangkat lunak gratis berbasis web ini juga jauh lebih aman karena semua data tersimpan secara aman di cloud dengan tingkat keamanan yang terpercaya. Alih-alih data lenyap karena laptop hilang atau rusak, data Anda tetap tersimpan dengan aman di jaringan server.

Ada banyak jenis software gratis berbasis web yang banyak dimanfaatkan dengan konsentrasinya masing-masing. Misalnya, untuk keperluan manajemen karyawan, aplikasi komunikasi dan konferensi, serta kolaborasi kerja.

Baca juga: 5 Aplikasi Gratis yang Permudah Aktivitas Kerja Anda di Rumah

Salah satu yang juga terkena imbas dari pandemi Covid-19 adalah urusan pengelolaan pajak. Pemerintah melakukan berbagai insentif pajak terkait pandemi ini sebagai langkah pencegahan krisis ekonomi dan keuangan.

Pandemi tentunya tidak menghentikan Anda untuk lalai dalam pengelolaan pajak. Karena dengan adalah software gratis berbasis web, Anda bisa melakukan pengelolaan pajak dengan aman dan nyaman dari rumah.

OnlinePajak sebagai salah satu mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak mengedepankan pelayanan perpajakan berbasis web yang bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun secara gratis.

Bagi Anda wajib pajak pribadi yang ingin melakukan lapor pajak tahunan, bisa dilakukan secara gratis di OnlinePajak. User interface kami yang ramah akan membantu Anda tahap demi tahap dalam menyiapkan dan melaporkan SPT Tahunan pribadi secara online.

Bagi wajib pajak perusahaan atau badan yang ingin mengelola pajaknya bersama OnlinePajak, kami menawarkan layanan Starter yang bisa dinikmati secara gratis. Di sini Anda bisa melakukan proses hitung dan pengelolaan e-Faktur sampai dengan 10 faktur per bulan, e-Bupot sampai dengan 10 bukti potong per bulan, pajak karyawan atau PPh 21 sampai dengan 10 karyawan per bulan, serta melakukan penyetoran dan pelaporan melalui layanan e-Filing dan e-Billing.

Namun, bagi Anda yang memiliki perusahaan besar, kami sarankan untuk melakukan upgrade ke Paket Premium kami untuk menikmati lebih banyak keuntungan dalam hal pengelolaan pajak. Tertarik untuk beralih ke premium? Silakan klik di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kepatuhan Pajak Semakin Mudah

Bayangkan bila pengelolaan pajak, transaksi bisnis dan payroll karyawan Anda dapat dilakukan melalui satu aplikasi terintegrasi, kepatuhan pajak akan jadi semakin mudah

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Kepatuhan Pajak Semakin Mudah

Bayangkan bila pengelolaan pajak, transaksi bisnis dan payroll karyawan Anda dapat dilakukan melalui satu aplikasi terintegrasi, kepatuhan pajak akan jadi semakin mudah.