Aplikasi Faktur Pembelian: Sinkronisasi Transaksi di OnlinePajak

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sekilas Mengenai Faktur Pembelian

Faktur pembelian merupakan tanda terima yang diterima oleh konsumen atau Pengusaha Kena Pajak (PKP) dari penjual yang menyerahkan JKP dan BKP. Faktur pembelian biasa dijadikan bukti tertulis atas barang/jasa yang dibeli serta bukti informasi tagihan. Dokumen ini juga merupakan dokumen yang sah untuk dicatatkan dalam pembukuan. Dalam pembuatan e-Faktur, faktur pembelian dijadikan dokumen pendukung bagi para wajib pajak untuk membuat faktur pajak masukan. OnlinePajak memfasilitasi para wajib pajak dengan aplikasi faktur pembelian yang memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi transaksi pembelian. Apa saja keunggulan aplikasi faktur pembelian ini? Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak selengkapnya dalam artikel ini! 

Baca Juga:

Keunggulan Aplikasi Faktur Pembelian OnlinePajak

Sebagai staf yang mengurus sistem perpajakan di kantor, pasti ada banyak dokumen yang harus Anda kelola. Ketelitian menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan dalam mengurus dokumen pajak perusahaan, salah satunya dalam mengurus faktur pembelian. Apalagi jika ada banyak faktur pembelian yang harus Anda rekam. 

Baca Juga: Mengenal Dokumen Pelengkap Faktur Pajak

OnlinePajak memahami kebutuhan Anda sebagai wajib pajak dan memberikan solusi untuk memberi kenyamanan dalam mengelola faktur pembelian. 

Apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi OnlinePajak untuk mengelola faktur pembelian? 

  • Sinkronisasi Transaksi Pembelian

Membutuhkan usaha ekstra untuk merekam semua faktur pembelian secara manual? Apalagi harus merekam jumlah faktur dalam jumlah banyak? 

Di OnlinePajak Anda tidak perlu lagi merekam faktur pembelian secara manual. Sistem yang dimiliki OnlinePajak akan secara otomatis merekam transaksi baru setiap kali Anda melakukan pembelian. 

  • Sinkronisasi dengan DJP 

Melihat banyaknya tanggung jawab yang harus dilakukan para staf pajak terkait dokumen penting perusahaan, lalai atau lupa merekam transaksi pembelian menjadi hal yang sering terjadi. Tentu berakibat fatal, jika Anda lupa untuk merekam salah satu faktur pembelian.

Aplikasi faktur pembelian OnlinePajak merekam semua transaksi Anda secara otomatis dari DJP, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika lupa merekam transaksi pembelian Anda atau lawan transaksi tidak menyampaikan e-Faktur Anda. 

Baca Juga: Faktur Pajak Batal, Penyebab Tata Cara dan Konsekuensi

  • Aktifkan dan Nonaktifkan Fitur dengan Mudah 

Meskipun OnlinePajak menyediakan fitur sinkronisasi faktur pembelian secara otomatis, kami memberikan pilihan kepada Anda untuk menonaktifkan fitur sinkronisasi transaksi pembelian ini,  jika Anda ingin tetap merekam faktur pembelian Anda secara manual. Namun kami menyarankan Anda untuk tetap mengaktifkannya demi kemudahan dan kelancaran dalam mengurus faktur pembelian Anda. 

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Sinkronisasi Faktur Pembelian?

1) Masuk ke laman OnlinePajak, login menggunakan username dan password Anda. 

Halaman utama Website Onlinepajak

2) Saat masuk ke tampilan home OnlinePajak, pilih “e-Faktur”. Anda akan masuk ke laman PPN, kemudian pilih “Pengaturan”. 

Pilih e-Faktur di dalam dashboard OnlinePajak
Pilih e-Faktur
Pilih pengaturan di dalam dashboard PPN OnlinePajak
Klik Pengaturan

3) Setelah masuk ke laman pengaturan PPN, Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Aktifkan tombol sinkronisasi pembelian untuk menikmati kemudahan pengelolaan faktur pembelian secara otomatis.

Aktifkan tombol sinkronisasi pembelian
Tampilan tombol sinkronisasi pembelian setelah aktif

Ketahui lebih lanjut mengenai fitur sinkronisasi transaksi pembelian OnlinePajak di sini dan pilih plan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat, Hitung, Setor, dan Lapor PPN di OnlinePajak

Proses PPN setiap transaksi Anda dengan lebih efisien dalam 1 aplikasi terintegrasi. Buat, hitung, setor, dan lapor PPN dengan mudah di OnlinePajak

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini