Resources / Blog / Tips Bukti Potong

Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23 & PPh 26 di OnlinePajak

Pentingnya Bukti Potong dalam Pengelolaan Pajak 

Bukti potong merupakan dokumen yang sangat penting bagi para wajib pajak, baik bagi pihak pemotong maupun subjek pajak yang dipotong pajak penghasilannya. Dokumen ini merupakan bukti bahwa pemotongan pajak telah dipungut dan disetor ke negara, dengan kata lain bukti potong menjadi alat bukti bahwa para wajib pajak telah menjalankan kewajibannya di bidang perpajakan. Bukti potong juga berperan penting dalam pelaporan SPT Tahunan/Masa Pajak Penghasilan. Ada beberapa jenis bukti potong dalam pengelolaan pajak, salah satunya bukti potong PPh 23/26. Dalam praktiknya, pembuatan bukti potong PPh 23/26 ini tidak luput dari risiko kesalahan, seperti adanya kekeliruan pencatatan dan lain sebagainya. Saat terjadi kesalahan dalam pengelolaan bukti potong ada 2 hal yang bisa dilakukan yaitu pembetulan dan pembatalan. Bagaimana cara pembatalan PPh 23 dan PPh 26? 

Baca Lebih Lanjut:

Di artikel ini kami akan menjelaskan seputar pembatalan bukti potong PPh 23/26 dan bagaimana proses pembatalannya di OnlinePajak. 

Seputar Pembatalan Bukti Potong PPh 23/26 

Berdasarkan informasi di laman pajak.go.id, jika terjadi kesalahan dalam transaksi yang dikenakan PPh 23/26 maka dapat dilakukan:

  • Pembatalan bukti potong melalui menu “Hapus/Batalkan”.
  • Nomor bukti potong pembatalan sama dengan nomor bukti potong sebelum dibatalkan. 
  • Tanggal pada bukti potong pembatalan merupakan tanggal terbit dan masa pajak pembatalan sama dengan masa pada bukti potong yang dibatalkan. 

Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23 di OnlinePajak

Di OnlinePajak, ada 2 istilah yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam mengelola bukti potong PPh 23/26, yaitu “Hapus Bukti Potong” dan “Pembatalan”.

  • Hapus Bukti Potong ditujukan bagi bukti potong PPh 23/26 yang belum dilaporkan.
  • Pembatalan ditujukan bagi bukti potong PPh 23/26 yang sudah dilaporkan. 

Lalu bagaimana cara melakukan pembatalan bukti potong PPh 23 di OnlinePajak? 

1) Masuk ke laman OnlinePajak, login menggunakan username dan password Anda. Jika belum memiliki akun OnlinePajak, daftar sekarang.

 Tampilan Halaman utama OnlinePajak Image

2)  Pilih e-Bupot PPh 23/26.

Pilih e-Bupot PPh 23/26

3) Pilih tab “Bukti Potong”, kemudian klik “Periode” dan pilih nomor bukti potong yang akan Anda batalkan, kemudian klik “Pilih Opsi”.

Pilih tab “Bukti Potong”, kemudian klik “Periode” dan pilih nomor bukti potong yang akan dibatalkan, kemudian klik “Pilih Opsi”

4)  Klik “Buat Pembatalan”, setelah itu akan muncul kotak dialog “Membatalkan Pelaporan Bukti Potong PPh 23”. Klik kotak merah “Membatalkan Pelaporan”. 

Klik opsi “Buat Pembatalan”
Tampilan pembatalan pelaporan bukti potong yang berhasil

5) Setelah proses pembatalan sukses, akan muncul notifikasi bahwa Pembatalan bukti potong PPh 23 Anda telah berhasil. 

Setelah bukti potong PPh 23 yang sudah Anda laporkan berhasil untuk dibatalkan, klik kembali “Pilih Opsi” untuk dilakukan proses reapprove

6) Setelah bukti potong PPh 23 yang sudah Anda laporkan berhasil untuk dibatalkan, klik kembali “Pilih Opsi”, karena Anda harus melakukan proses reapprove untuk memproses bukti potong pembatalan. Dilanjutkan dengan klik “Approve Pembatalan”.

Klik approve pembatalan
Pilih Approve pada tampilan approve bukti potong PPh 23

7) Saat keluar kotak dialog “Approve Bukti Potong PPh 23”, klik kotak merah “Approve”. Dan setelah permintaan sukses klik “Okay”.

Tampilan approve bukti potong yang berhasil

8)  Unduh bukti potong pembatalan Anda dengan klik “Pilih Opsi”, kemudian klik Unduh.

Pilih opsi, lalu klik unduh untuk mengunduh bukti potong pembatalan anda

9) Bukti potong pembatalan Anda secara otomatis akan terunduh ke komputer/laptop Anda. 

 Contoh Format bukti Potong pembatalan yang telah diunduh
Contoh format bukti potong pembatalan

Cukup mudah bukan melakukan pembatalan bukti potong Pph 23 dan Pph 26 di OnlinePajak? Gunakan e-Bupot OnlinePajak untuk mengelola bukti potong Anda dengan lebih mudah. Lihat selengkapnya mengenai paket yang cocok dengan kebutuhan usaha Anda, di sini.

         

Reading: Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23 & PPh 26 di OnlinePajak