Resources / Blog / PPN e-Faktur

Pentingnya Manajemen Cash Flow untuk Pelaku Bisnis, Cari Tahu di Sini!

Manajemen Cash Flow

Manajemen cash flow menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis. Arus kas perusahaan akan bisa dikelola dengan menggunakan manajemen cash flow. Konsep cash flow pada manajemen keuangan merupakan aliran arus kas baik pendapatan maupun pengeluaran yang berasal dari aktivitas perusahaan dalam satu periode. 

Cash flow adalah sebuah siklus keuangan dalam perusahaan yang menggunakan uang perusahaan untuk bisa mendatangkan sejumlah sumber daya bagi usaha tersebut. Pada praktiknya, sumber daya yang akan dimanfaatkan kembali dalam kegiatan memproduksi dan menghasilkan berbagai produk yang nantinya dipasarkan kepada konsumen. 

Kegiatan penjualan tersebut akan mendapatkan hasil dan keuntungannya kembali lagi ke perusahaan. Selanjutnya akan dibelanjakan kembali untuk membeli berbagai sumber daya  dan terus mengulang siklus yang sama. 

Baca Juga: Cukup 1-Klik, Cara Baru Bayar Pajak dengan VISA Card di OnlinePajak

Macam-Macam Cash Flow Perusahaan

Sederhananya, cash flow digunakan untuk pengadaan sumber daya yang bermanfaat bagi operasional bisnis. Nah, berikut ini ada 2 macam cash flow dalam perusahaan, di antaranya: 

  1. Cash Inflow: Segala bentuk aliran kas yang masuk dan menjadi pemasukan untuk perusahaan sehingga dapat menambah aset perusahaan. Bentuk cash inflow adalah dana hasil penjualan, piutang yang telah cair, pinjaman bank, bunga investasi dan modal dari luar negeri. 
  2. Cash Outflow: Segala bentuk aliran kas yang keluar guna mendukung kegiatan perusahaan. Contohnya, uang pembelian bahan baku, pembayaran tagihan, pembayaran gaji karyawan, pembelian aset baru, dll. 

Dari kedua hal tersebut, akhirnya diperlukanlah manajemen cash flow yang bertujuan untuk menyeimbangkan cash flow perusahaan. Manajemen cash flow ada untuk mengatur, mengendalikan, menganalisa, dan mengelola aliran kas suatu perusahaan. 

Dalam manajemen arus kas, terdapat dua bentuk aliran kas yang berbeda, yakni: 

  1. Arus kas positif: Terjadi ketika kas yang masuk lebih besar dibandingkan dengan kas yang keluar.
  2. Arus kas negatif: Terjadi ketika kas yang keluar lebih besar dibandingkan dengan kas yang masuk ke perusahaan. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi perusahaan. Namun ada beberapa hal yang sekiranya bisa dilakukan untuk menjaga agar arus kas tetap positif, yaitu: 
    1. Melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan secara berkala. 
    2. Meningkatkan penjualan produk. 
    3. Berikan penawaran yang menarik kepada konsumen. 
    4. Mengumpulkan piutang yang dimiliki perusahaan. 
    5. Gunakan sistem otomasi untuk memotong biaya operasional. 

Baca Juga: Serba-Serbi Manajemen Biaya yang Patut Diketahui

Manfaat Manajemen Cash Flow

Berikut ini manfaat dari manajemen cash flow bagi perusahaan:

  1. Manajemen cash flow mampu menunjukan letak kesalahan pada kondisi keuangan perusahaan. 
  2. Memberi informasi tentang kondisi dan potensi aliran kas yang dimiliki perusahaan. 
  3. Membantu proses pengambilan kebijakan dalam hal-hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. 
  4. Membantu proses penyusunan strategi perusahaan di periode mendatang. 

Aplikasi untuk Optimasi Arus Kas Perusahaan 

Penggunaan sistem untuk otomasi merupakan pilihan yang dianjurkan dalam mengelola arus kas perusahaan. Selain pekerjaan akan jauh lebih sederhana, cepat, dan nyaman, perusahaan pun dapat menghemat pengeluarannya. Perusahaan mungkin harus mengeluarkan dana lebih banyak di awal untuk membeli alat dan software. Namun, setelahnya perusahaan hanya perlu mengeluarkan sedikit dana untuk biaya berlangganannya. 

Baca Juga: Pengertian Manajemen Kas Serta Contohnya dalam Akuntansi

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan tepat adalah OnlinePajak. OnlinePajak merupakan aplikasi berbasis web yang telah berdiri sejak 2014. OnlinePajak diawasi secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan OJK. Sehingga Anda tidak perlu khawatir perihal keamanannya.

Di OnlinePajak, Anda dapat dengan mudah membuat faktur komersial maupun faktur pajak hanya dalam satu aplikasi terintegrasi. Selain itu, Anda bisa mengirimkan faktur pajak Anda sekaligus kepada lawan transaksi Anda melalui email. Selain membuat, di OnlinePajak Anda juga dapat melakukan hitung, setor, dan lapor pajak Anda hanya dengan 1-klik. Sehingga proses bisnis Anda menjadi lebih sederhana, aman, dan nyaman. 

Semua bisa Anda lakukan dalam satu aplikasi terpadu. Tidak perlu membuka banyak aplikasi dalam melakukan kegiatan pengelolaan keuangan dan pajak perusahaan lagi. Untuk keterangan lebih lanjut silakan klik di sini. Temukan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan klik di sini.

Reading: Pentingnya Manajemen Cash Flow untuk Pelaku Bisnis, Cari Tahu di Sini!