Resources / Blog / seputar invoice

Lebih Jauh tentang Pembayaran Tempo dalam Bisnis

Pembayaran tempo atau jangka waktu pembayaran merupakan istilah umum dalam dunia bisnis yang mengacu pada periode waktu yang diberikan kepada pelanggan atau klien untuk membayar tagihan setelah barang atau jasa diberikan oleh pemasok. Artikel ini akan membahas lebih lanjut terkait pembayaran tempo, alasan melakukan perpanjangan tempo, dan faktor-faktor yang melandasi keputusan pemberian perpanjangan tempo.

Lebih Jauh tentang Pembayaran Tempo dalam Bisnis

Apa Itu Pembayaran Tempo?

Pembayaran tempo adalah ketentuan yang disepakati oleh pemasok dan pelanggan terkait dengan pembayaran tagihan. Hal ini juga mencakup pada jangka waktu atau periode tertentu yang diberikan kepada pelanggan dalam membayar sejumlah tagihan terutang atas barang dan/atau jasa yang diberikan. 

Jangka waktu bisa saja bervariasi, mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan, tergantung dari kesepakatan antara pemasok dan pelanggan. Perlu dipahami bahwa pembayaran tempo merupakan bagian integral dari proses perdagangan dan berperan sangat penting dalam mengatur arus kas perusahaan. Secara langsung memberikan dampak pada likuiditas dan kesehatan keuangan suatu bisnis itu sendiri.

Yearly saving potential
Rp 0
Masukkan jumlah Invoice Anda di bawah ini untuk mengetahui tingkat pengembalian investasi (ROI)
e-Faktur/Invoice
e-Signature
e-BuPot
e-Meterai
Jumlah Bupot / SSP / Credit Note yang tidak tertagih (Rp)
Jumlah hari yang dibutuhkan untuk memproses invoice
Rata-rata Nilai Invoice (Rp)
Biaya Tax Audit per Tahun (Rp)
Yearly saving potential
Isi detail Anda untuk mulai Berhemat!

    Numbers estimated based on existing industry. Read more: Otomatisasi Penagihan Kepatuhan¬†      

    Dalam hal pembayaran bahkan permintaan pembayaran, Anda tidak perlu khawatir apabila Anda menggunakan OnlinePajak. Di OnlinePajak, Anda bisa melakukan pembayaran ke supplier atau melakukan permintaan pembayaran dengan lebih mudah. Sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai transaksi secara cepat, akurat, dan efektif. 

    Alasan Perpanjangan Tempo Dilakukan

    Ada beberapa alasan mengapa pemasok atau penyedia jasa memilih untuk memberikan perpanjangan tempo kepada pelanggan:

    Meningkatkan Penjualan & Daya Saing

    Penawaran perpanjangan tempo pembayaran kepada pelanggan bisa jadi strategi pemasaran yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan. Hal ini juga dapat membuat barang atau jasa tampak lebih terjangkau di mata pelanggan, sehingga memungkinkan mereka memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan biayanya sebelum membayar. 

    Loyalitas Pelanggan Tetap

    Dalam membangun loyalitas dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, menawarkan perpanjangan tempo bisa jadi strategi yang efektif. Dengan pemberian kelonggaran dalam pembayaran, pemasok bisa menciptakan loyalitas pelanggan dan memastikan pelanggan akan terus membeli atau menggunakan barang dan jasa mereka.

    Mengurangi Beban Keuangan Pelanggan

    Anda mungkin paham bahwa terkadang, pelanggan membutuhkan waktu lebih dalam mengumpulkan biaya sebelum membayar tagihan. Dengan memberikan perpanjangan pembayaran tempo, Anda bisa membantu mengurangi beban keuangan yang harus ditanggung pelanggan dalam jangka pendek. 

    Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan Potensial & Besar

    Pelanggan besar atau klien korporat sering kali memiliki kebijakan pembayaran yang ketat. Dalam hal ini, memberikan perpanjangan tempo dapat menjadi faktor kunci untuk memenangkan atau mempertahankan bisnis dari klien ini.

    Baca Juga: Account Receivable Turnover: Definisi, Manfaat, dan Rumus Penghitungannya

    4 Faktor yang Mendasari Pemberian Perpanjangan Pembayaran Tempo

    Keputusan untuk memberikan perpanjangan tempo tidak dibuat begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan pembayaran tempo yang dipilih oleh suatu perusahaan:

    1. Kebutuhan Arus Kas: Pemasok perlu memastikan bahwa kebijakan pembayaran dengan tempo tidak mengganggu kemampuan mereka untuk memenuhi kewajiban keuangan atau membayar kreditor mereka sendiri.
    2. Risiko Kredit Pelanggan:Pemasok harus mempertimbangkan sejarah pembayaran pelanggan dan kemampuan mereka untuk membayar tepat waktu.
    3. Persaingan di Pasar: Jika pesaing menawarkan perpanjangan tempo yang lebih panjang, pemasok mungkin merasa perlu untuk mengikuti demi mempertahankan atau menarik pelanggan.
    4. Sifat Industri atau Bisnis: Industri atau jenis bisnis tertentu juga dapat mempengaruhi kebijakan pembayaran tempo. 

    Pembayaran tempo merupakan bagian penting dari strategi keuangan dan pemasaran dalam dunia bisnis. Perpanjangan tempo bisa jadi memberikan keuntungan strategis bagi pemasok dalam meningkatkan penjualan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan pengelolaan risiko keuangan. Bersamaan dengan itu, pelanggan juga mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan biaya yang lebih terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, serta berkesempatan untuk bisa mengumpulkan biaya untuk dapat membeli barang dan/atau jasa yang diinginkannya. 

    Reading: Lebih Jauh tentang Pembayaran Tempo dalam Bisnis