5 Informasi Penting tentang Faktur Pajak Online

Dian Puspa | 3694 views

DJP menetapkan seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Indonesia wajib membuat e-Faktur mulai 1 Juli 2016. Selain menggunakan software yang disediakan DJP, wajib pajak juga bisa menggunakan aplikasi e-Faktur pajak online milik OnlinePajak untuk membuat e-Faktur

Apa itu e-Faktur atau Faktur Pajak Online? Bagaimana cara membuatnya? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Pengertian e-Faktur

e-Faktur pajak adalah faktur pajak elektronik yang dibuat menggunakan aplikasi e-faktur. Baik melalui aplikasi e-Faktur pajak.go.id, maupun aplikasi e-Faktur dari penyedia jasa aplikasi yang sudah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) seperti OnlinePajak.

DJP menetapkan, PKP atau pengusaha yang memiliki usaha dengan omzet di atas Rp 4,8 miliar wajib membuat e-faktur pajak online. Lebih jauh, simak 5 Informasi Penting Tentang Faktur Pajak Online di bawah ini:

1. Kapan PKP Wajib Membuat e-Faktur Pajak Online?

DJP menetapkan dalam peraturan PER-16/PJ/2014 dan KEP-136/PJ/2014 bahwa pembuatan eFaktur pajak wajib dilakukan PKP dalam beberapa tahapan waktu:

  • 1 Juli 2014 untuk PKP tertentu
  • 1 Juli 2015 untuk PKP di Jawa dan Bali
  • 1 Juli 2016 untuk PKP se-Indonesia

2. Aplikasi e-Faktur Pajak

Untuk membuat faktur pajak elektronik, PKP membutuhkan aplikasi e-faktur. Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi e-faktur yang direkomendasikan DJP :

  1. Aplikasi eFaktur pajak.go.id
    Aplikasi e-faktur ini disediakan oleh DJP. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu melakukan instalasi aplikasi tersebut di komputer. Pengguna jug harus selalu melakukan pembaharuan aplikasi tersebut dengan versi terbaru.
  2. OnlinePajak: Aplikasi e-Faktur Pajak Online
    Aplikasi OnlinePajak yang sudah disahkan oleh DJP menyediakan fitur eFaktur pajak yang jauh lebih mudah dan efisien. Karena OnlinePajak berbasis online, pengguna bisa membuat efaktur pajak dari mana saja dan kapan saja hanya dengan 1 klik tanpa perlu install dan update aplikasi apapun.
Manfaat Membuat e-Faktur Pajak dengan OnlinePajak
 

3. Contoh e-Faktur Pajak

Berikut ini adalah contoh e-faktur pajak atau faktur pajak elektronik yang dihasilkan aplikasi efaktur pajak.go.id dan OnlinePajak:

Contoh e-Faktur Pajak yang Dibuat Aplikasi e-Faktur Onlinepajak
Contoh e-Faktur Pajak yang Dibuat dengan Aplikasi e-Faktur Onlinepajak.

4. Tutorial e-Faktur: Cara Membuat e-Faktur Pajak Online

Bagi Anda yang ingin membuat e-Faktur melalui OnlinePajak, klik tautan ini untuk mengetahui langkah-langkah sederhananya: tutorial e-faktur.

5. Manfaat Buat e-Faktur Pajak Online dengan OnlinePajak

Seperti sedikit disinggung di atas, aplikasi e-Faktur OnlinePajak sangat mudah digunakan dan gratis. Namun, keuntungan yang bisa diperoleh pengguna tidak hanya itu. Baca tautan berikut ini untuk mengetahui 8 manfaat membuat e-Faktur di OnlinePajak: manfaat membuat e-Faktur bersama OnlinePajak.

Kesimpulan

Berikut ini empat pointer ringkasan artikel yang bisa membantu Anda mengingat hal penting terkait e-Faktur:

  • eFaktur adalah faktur pajak elektronik yang dibuat melalui aplikasi e-faktur.

  • Aplikasi e-faktur yang disahkan DJP adalah:

    • OnlinePajak

    • eFaktur pajak.go.id

  • Mulai 1 Juli 2016, seluruh PKP di Indonesia wajib membuat e-Faktur.

  • Buat efaktur di aplikasi OnlinePajak sangat mudah dan efisien. Cukup 1 kali klik, dan efaktur pajak akan dikirimkan ke email Anda.