Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 19/PJ/2008

TIPE

Surat Edaran Dirjen Pajak

NOMOR PERATURAN

SE 19/PJ/2008

TAGGAL PENERBITAN

25 March 2008

OBJEK

petunjuk pengukuran kinerja pelayanan unit kerja direktorat jenderal pajak
PERATURAN

Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan kepada Wajib Pajak pada setiap Unit Kerja Direktorat Jenderal Pajak, dengan ini disampaikan:

1)Agar setiap Kepala Kantor Wilayah/KPP/KPPBB membuat pengukuran terhadap indikator kinerja pelayanan masing-masing unit kerja untuk setiap akhir triwulan. Indikator kinerja pelayanan dimaksud merupakan monitoring terhadap pelaksanaan Layanan Unggulan Direktorat Jenderal Pajak sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-37/PJ/2007, yang meliputi:

a)Kinerja Penyelesaian Permohonan NPWP;
b)Kinerja Penyelesaian Pengukuhan PKP;
c)Kinerja Penerbitan SPMKP;
d)Kinerja Penyelesaian Pemberian Ijin Prinsip PPh Pasal 22 Impor;
e)Kinerja Penyelesaian SKB Pemungutan PPh Pasal 22 Impor;
f)Kinerja Penyelesaian Restitusi PPN dan PPnBM;
g)Kinerja Penyelesaian Permohonan Keberatan Penetapan Pajak;
h)Kinerja Penyelesaian Permohonan Pengurangan PBB.
(2)Kepala Kantor Wilayah/KPP/KPBB melaporkan pengukuran kinerja pelayanan masing-masing unit kerja dengan menggunakan Aplikasi Indikator Kinerja Pelayanan pada portal DJP yang berada pada menu Aplikasi dan sub menu Data Unit Kerja. Petunjuk penggunaan Aplikasi tersedia pada halaman log-in.
(3)Sebagai alat bantu pengisian kinerja pelayanan melalui Aplikasi Indikator Kinerja Pelayanan terlampir:

  1. Ikhtisar Pengukuran Kinerja Pelayanan yang harus diadministrasikan pada masing-masing unit kerja.
  2. Formula penghitungan Indikator Kinerja Pelayanan.
(4)Dalam rangka entry data sebagaimana dimaksud pada butir 2, Kepala Kantor Wilayah/KPP/KPBB dapat menggunakan user name dan password yang diberikan oleh Direktur Teknologi Informasi Perpajakan untuk mengakses PKPM/BLIP (sebelum dilakukan perubahan). Sedangkan untuk user name dan password untuk unit kerja baru dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center Direktorat Teknologi Informasi Perpajakan 021-52903837. Untuk melihat hasil pengukuran setiap unit kerja dapat dilakukan dengan menggunakan user name dan password untuk akses portal DJP.
(5)Batas waktu input data indikator kinerja pelayanan untuk setiap periode adalah paling lambat akhir bulan berikutnya setelah periode pengukuran berakhir (untuk periode pengukuran triwulan I adalah akhir bulan April). Perubahan atas input data pada Aplikasi dapat dilakukan sebelum hari/tanggal tersebut. Perubahan atas input data setelah hari/tanggal dimaksud agar disampaikan melalui permohonan secara tertulis kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak c.q. Kabag. Organta Direktorat Jenderal Pajak.
(6)Pengukuran dimulai untuk periode triwulan pertama tahun 2008, khusus untuk unit kerja baru dihitung sejak saat mulai operasi unit kerja.

Demikian disampaikan untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Ditetapkan diJakarta
pada tanggal25 Maret 2008
DIREKTUR JENDERAL,

ttd

DARMIN NASUTION

Butuh Bantuan?

Temukan konsultan pajak yang tepat untuk bisnis Anda. Cek direktori konsultan pajak OnlinePajak. 

BACA JUGA

Peraturan Dirjen Pajak – PER 21/PJ/2016

Menimbang : bahwa berdasarkan Pasal 50B ayat (6) Peraturan Menteri KeuanganNomor118/PMK.03/2016tentangPelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri…

Surat Edaran Dirjen Pajak – SE 1027/PJ/1991

Dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor. KEP-337/PJ.11/1991 tanggal 30 September 1991, telah ditetapkan bentuk Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Perseorangan (1770), Wajib…