SSE Pajak Error / SSE Pajak Tidak Bisa Login : Apa Solusinya ?

Dian Puspa | 49761 views

sse pajak error / sse pajak tidak bisa login

SSE pajak online atau aplikasi surat setoran elektronik Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk penerbitan ebilling pajak atau ID billing telah memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak online.

Namun, menjelang tenggat waktu bayar pajak, terkadang terjadi sistem SSE pajak error atau SSE pajak tidak login karena terjadi penyumbatan server, saking banyaknya login. Hal ini tentu akan mempersulit wajib pajak.

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login dan juga solusinya seperti menggunakan alternatif sistem ebilling lainnya, yaitu eBilling OnlinePajak.

 

SSE Pajak Error / SSE Pajak Tidak Bisa Login : Apa Penyebabnya?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan wajib pajak tidak bisa mengakses aplikasi surat setoran elektronik dengan pemberitahuan bahwa SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login. Berikut ini adalah sebab-sebab SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login :

  1. Penyumbatan Server

Lalu lintas akses server DJP yang padat menjelang tenggat setor pajak dapat menyebabkan penyumbatan server dalam menerbitkan ID billing atau karena server sedang down (tidak bisa diakses) sehingga SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login.

  1. Salah Input NPWP

Salah input Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP juga dapat menyebabkan SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login sehingga tidak bisa menerbitkan ID billing.

  1. Jenis KAP dan KJS Tidak Terdaftar di DJP

Penyebab lainnya adalah salah input Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) akan mengakibatkan tidak terbitnya ID Billing.

  1. Nomor Surat Keputusan (SK) Tidak Sesuai

Wajib pajak yang dikenai denda karena terlambat biasanya dikirimi sebuah Surat Keputusan (SK) oleh DJP. Bila wajib pajak salah memasukkan nomor SK ini, maka sistem SSE pajak tidak dapat menerbitkan ID billing.

  1. Nomor Objek Pajak (NOP) Tidak Sesuai

Bila Nomor Objek Pajak (NOP) yang dimasukkan juga tidak sesuai dengan yang terdaftar di DJP, maka akan jadi penyebab gagalnya penerbitan ID billing.

 

SSE Pajak Error / SSE Pajak Tidak Bisa Login : Apa Solusinya?

 Bila Anda ingin membuat ID Billing dan terjadi SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login, maka coba lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya: 

  1. Periksa dan masukkan kembali data yang benar

Coba periksa kembali data yang Anda masukkan seperti NPWP, KAP, KJS, nomor Surat Keputusan (bila akan membayar denda), Nomor Objek Pajak (bila ada). Kemudian masukkan kembali data yang benar dan coba buat ID Billing baru.

  1. Buat ulang ID Billing

Bila server DJP down, maka coba akses kembali SSE pajak setelah beberapa saat dan buat ulang ID Billing.

  1. Akses eBilling OnlinePajak

Alternatif yang lebih cepat, mudah dan akurat lainnya bila SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login adalah dengan mengakses aplikasi eBilling OnlinePajak. eBilling OnlinePajak adalah aplikasi yang menjadi mitra resmi DJP (Surat Keputusan No. KEP-72/PJ/2016) untuk menerbitkan satu atau banyak ID Billing secara bersamaan dengan seketika.

  

KESIMPULAN

Bila SSE pajak error / SSE pajak tidak bisa login maka solusi yang harus Anda lakukan adalah berikut ini:

  1. Periksa dan masukkan kembali data yang benar
  2. Buat ulang ID billing
  3. Akses eBilling OnlinePajak untuk buat satu atau banyak ID billing sekaligus dengan seketika