SSE Pajak Error/SSE Pajak Tidak Bisa Login, Apa Solusinya?

Anonymous (not verified) | 71052 views

Sekilas tentang SSE Pajak 1, 2, & 3

SSE pajak online milik Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah memudahkan wajib pajak dalam menyelesaikan kewajiban perpajakannya. Website SSE pajak online berfungsi untuk penerbitan e-billing pajak atau ID billing. Namun, menjelang tenggat waktu bayar pajak, terkadang terjadi sistem SSE pajak error karena membeludaknya pengguna. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login serta solusi yang dapat Anda lakukan.

SSE pajak online 1, 2, & 3 error atau tidak bisa login? Apa Penyebabnya? Kenali kendala dari SSE pajak online & temukan solusinya di sini!

SSE Pajak Error/SSE Pajak Tidak Bisa Login: Apa Penyebabnya?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan wajib pajak tidak bisa mengakses aplikasi surat setoran elektronik dengan pemberitahuan bahwa SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login. Berikut ini adalah sebab-sebab SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login:

1. Penyumbatan Server

Lalu lintas akses server DJP yang padat menjelang tenggat setor pajak dapat menyebabkan penyumbatan server dalam menerbitkan ID billing atau karena server sedang down (tidak bisa diakses) sehingga SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login.

2. Salah Input NPWP

Salah input Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP juga dapat menyebabkan SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login sehingga tidak bisa menerbitkan ID billing.

3. Jenis KAP dan KJS Tidak Terdaftar di DJP

Penyebab lainnya adalah salah input Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) akan mengakibatkan tidak terbitnya ID billing.

4. Nomor Surat Keputusan (SK) Tidak Sesuai

Wajib pajak yang dikenai denda karena terlambat biasanya dikirimi sebuah Surat Keputusan (SK) oleh DJP. Bila wajib pajak salah memasukkan nomor SK ini, maka sistem SSE pajak tidak dapat menerbitkan ID billing.

5. Nomor Objek Pajak (NOP) Tidak Sesuai

Bila Nomor Objek Pajak (NOP) yang dimasukkan juga tidak sesuai dengan yang terdaftar di DJP, maka akan jadi penyebab gagalnya penerbitan ID billing.

SSE Pajak Error/SSE Pajak Tidak Bisa Login: Apa Solusinya?

Bila Anda ingin membuat ID billing dan terjadi SSE pajak error atau SSE pajak tidak bisa login, maka coba lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya: 

1. Periksa dan Masukkan Kembali Data yang Benar

Coba periksa kembali data yang Anda masukkan seperti NPWP, KAP, KJS, nomor Surat Keputusan (bila akan membayar denda), Nomor Objek Pajak (bila ada). Kemudian masukkan kembali data yang benar dan coba buat ID billing baru.

2. Buat Ulang ID Billing

Bila server DJP down, maka coba akses kembali SSE pajak setelah beberapa saat dan buat ulang ID billing.

Kendala Lain SSE Pajak dan Solusinya

Selain error yang telah disebutkan, SSE pajak juga kerap mengalami kendala lain, yakni:

1. Tidak Bisa Registrasi SSE Pajak

Ketika user hendak melakukan registrasi, terkadang muncul notifikasi "User ID sudah ada", yang berarti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang diinput user sudah pernah digunakan. Solusinya adalah segera login dengan NPWP yang sudah terdaftar. Kalaupun user lupa PIN yang sudah dibuat, cukup klik "Forgot Password" untuk membuat PIN yang baru.

Jika user merasa belum pernah mendaftar, namun notifikasi "User ID sudah ada" muncul, maka yang harus dilakukan adalah mengubah data pendaftaran. Caranya, user harus melapor ke KPP atau menghubungi call center Kring Pajak.

2. Email Aktivasi Tidak Diterima

Ketika sudah melakukan registrasi di SSE pajak, terkadang user tidak menerima email link aktivasi. Kemungkinan besar hal disebabkan karena email link aktivasi SSE pajak masuk ke folder spam. Jadi, yang perlu dilakukan user adalah memeriksa spam mail.

Jika ternyata pada spam mail tidak ditemukan link aktivasi, maka sebaiknya user segera menghubungi call center Kring Pajak untuk meminta pengiriman ulang link aktivasi. Jika hingga tiga hari kerja link aktivasi belum juga muncul, maka sebaiknya melakukan registrasi ulang.

3. Saat Aktivasi SSE Pajak, Muncul Notifikasi "Data Tidak Ditemukan"

Munculnya notifikasi "data tidak ditemukan" saat user melakukan aktivasi SSE pajak disebabkan karena user mengklik link aktivasi lebih dari sekali. Solusinya adalah login ke SSE pajak dengan NPWP sebagai User ID dan PIN yang dikirimkan melalui email yang sama dengan email aktivasi.

SSE pajak online 1, 2, & 3 error atau tidak bisa login? Apa Penyebabnya? Kenali kendala dari SSE pajak online & temukan solusinya di sini!

 

Content bottom banner (ebilling)

Info pajak lainnya? Follow sosial media kami!

Ikuti kami di Facebook Ikuti kami di Instagram Ikuti kami di LinkedIn Ikuti kami di Twitter Ikuti kami di Youtube