e-Faktur: Tutorial Cara Membuat e-Faktur Pajak Online

Dian Puspa | 172049 views

Tutorial Cara Membuat e-Faktur Pajak Online

Bingung bagaimana cara membuat e-Faktur Pajak secara Online? Jika iya, Anda bisa menyimak artikel Tutorial Cara Membuat e-Faktur Pajak Online berikut ini yang sudah kami kemas secara lengkap.

efaktur pajak online

Di OnlinePajak, pembuatan “faktur pajak normal” merupakan hal penting terkait cara yang lebih baik untuk merekam pengumpulan PPN pada penjualan, dan akhirnya mempersiapkan SPT Masa PPN Anda.

Untuk melayani Pengusaha Kena Pajak dengan cara yang lebih baik, kami mengembangkan aplikasi online modern dengan memanfaatkan sistem e-Faktur secara efektif, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dengan antarmuka yang sederhana.

Yuk, ikuti langkah mudah membuat e-Faktur pertama Anda bersama OnlinePajak:

1. Registrasi/Login ke OnlinePajak

Klik halaman e-Faktur Pajak ini untuk registrasi. Berikut ini contoh tampilan halaman login OnlinePajak.

login e-Faktur

2. Buka Fitur "e-Faktur & PPN" OnlinePajak

Untuk membuat faktur pajak baru, pilih fitur "e-Faktur & PPN" pada app selector  di halaman selamat datang. Letak app selector berada di bagian kiri header.

fitur e-Faktur

3. Membuat Draf Baru

A. Anda dapat membuat faktur pajak dengan mengklik tombol (+TAMBAH) di kanan atas.

faktur pajak keluaran

B. Kemudian, jika Anda ingin membuat faktur pajak keluaran, klik "Buat Faktur Pajak Penjualan". Sedangkan untuk membuat faktur pajak masukan, klik "Rekam Faktur Pajak Pembelian".

faktur pajak keluaran elektronik

C. Untuk membuat faktur pajak keluaran, langkah selanjutnya adalah masukan kode dan Nomor Seri Faktur Pajak.

faktur pajak

D. Anda dapat mengubah data lawan transaksi melalui tombol "Edit" dan mengubah data Barang/Jasa Kena Pajak melalui tombol "Tambah Item".

cara buat faktur pajak

E. Setelah Anda mengisi rincian Barang/Jasa Kena Pajak, angka dasar pengenaan pajak dan tarif PPN langsung muncul secara otomatis. Selanjutnya sesuaikan tanggal faktur pajak di pojok kanan bawah halaman.

faktur pajak elektronik

F. Setelah mengisi draf e-Faktur, Anda bisa mengirimkan draf tersebut ke lawan transaksi melalui email.

elektronik faktur pajak

G. Selanjutnya, klik opsi "Approve" untuk mengirimkan draf e-Faktur ini ke Ditjen Pajak. Selanjutnya, tunggu hingga proses selesai.

e-Fakturfaktur pajak onlinr

H. Jika draf e-Faktur telah diapprove oleh Ditjen Pajak, tandanya terlihat dari centang hijau di bagian kanan histori e-Faktur terkait. Jika e-Faktur sudah diapprove, Anda bisa melakukan tindakan lanjutan mulai dari mengunduh e-Faktur, mengirim e-Faktur pada lawan transaksi melalui email atau membuat faktur pajak pengganti dan membatalkannya.

e-Faktur Pajak

4. Download PDF e-Faktur Anda

Demi kenyamanan Anda, e-Faktur dengan format PDF dari setiap faktur pajak yang telah disetujui dapat dikirimkan ke email Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengunggahnya dengan klik "Download PDF e-Faktur". Anda juga dapat dengan mudah mengganti dan membatalkan e-Faktur melalui sistem e-Faktur OnlinePajak.

Mulai beralih ke OnlinePajak, eFaktur di OnlinePajak lebih mudah hanya dengan sekali klik. Jangan buang waktu Anda, nikmati kelebihan aplikasi e-Faktur kami hanya di OnlinePajak.

efaktur pajak online