Kenali ERP System & Keuntungannya bagi Bisnis Anda!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Mengenal ERP System

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sektor bisnis dituntut untuk tetap dinamis. Di saat bersamaan, sebuah perusahaan juga harus memperhatikan hal-hal mendasar yang terjadi setiap hari seperti mengelola karyawan, melakukan transaksi dan distribusi, serta melakukan pencatatan arus keuangan. Hal-hal tadi dipermudah dengan adanya perencanaan sumber daya perusahaan atau yang lebih dikenal dengan ERP system.

Dilansir dari laman Wikipedia, ERP (Enterprise, Resource, Planning) system merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Proses ini dirangkai sedemikian rupa sehingga bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Konsep perencanaan sumber daya perusahaan merupakan perkembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang sebelumnya bernama Material Requirement Planning (MRP). Dari dekade 60-an sampai 90-an, sistem ini terus berkembang tidak hanya menangani proses manufaktur, tetapi juga untuk urusan logistik, distribusi, persediaan, pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan.

Dalam perkembangannya, sistem tersebut tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tetapi juga bisnis kecil seperti UMKM. Dari catatan yang ada, beberapa sektor bisnis seperti pendidikan, ritel, food and beverage, kesehatan, jasa, dan lain sebagainya memanfaatkan perencanaan sumber daya perusahaan.

Apa Saja Keuntungan yang Didapatkan?

Hadirnya sebuah sistem tentunya harus memberikan dampak yang bagus pada perusahaan. Di atas disebutkan jika ERP system membuat bisnis lebih efektif dan efisien. Lalu, apa saja keuntungan lainnya dalam menggunakan sistem ini?

  • Sistem yang Terintegrasi

ERP system mengutamakan sistem database yang terpusat sehingga keamanannya lebih baik jika suatu saat terjadi kehilangan data-data penting. Keberadaan modul dan sub-modul pada sistem tersebut bisa mewakili komponen bisnis tertentu. Jika satu modul dilakukan pembaruan, maka modul lainnya juga akan mengalami pembaruan secara otomatis. Sumber lain juga menyebutkan faktor human error yang kerap terjadi bisa diminimalisir dengan adanya ERP system karena duplikat data tidak akan terjadi.

  • Meningkatkan Efisiensi

Seperti yang disebutkan di atas, efisiensi menjadi highlight terpenting dari ERP system karena siklus yang ada melahirkan produktivitas yang lebih cepat. Setiap task dilakukan secara otomatis dan real time, mulai dari pengecekan inventaris barang, pembagian tugas antar karyawan, proses payroll, laporan keuangan, sampai dengan pemantauan jam kerja.

  • Kolaborasi yang Lebih Optimal

Bisnis dan kolaborasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bisnis tidak bisa dijalankan sendirian, butuh kerjasama banyak pihak agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Keberadaan ERP system memudahkan antar departemen di sebuah perusahaan untuk menginput berbagai macam data dan departemen lain dapat mengaksesnya.

  • Biaya yang Lebih Hemat

Sebagian besar kegiatan operasional yang dilakukan secara terintegrasi dan efisien serta didukung dengan kolaborasi yang baik dapat meminimalisir kesalahan yang ada. Untuk itu, biaya operasional bisa dihemat karena semua pekerjaan dilakukan secara otomatis.

Integrasikan ERP System Anda dengan OnlinePajak

Nah, setelah membahas apa itu ERP system dan segala keuntungannya untuk bisnis, saatnya untuk migrasi ke OnlinePajak dengan mudah.

ASP yang resmi menjadi mitra DJP ini menyediakan platform bagi Anda untuk melakukan integrasi melalui API terbuka OnlinePajak dengan software yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Jadi, bisnis bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca lebih lanjut: Migrasi Data ke OnlinePajak

Selain itu, OnlinePajak juga bekerja sama dengan beberapa software terbaik seperti Xero, Deskera, dan ERP system lainnya. Tunggu apalagi, mulai gunakan OnlinePajak sekarang!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Migrasi Data Ke OnlinePajak dengan mudah

Gunakan integrasi OnlinePajak dengan software yang Anda gunakan

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

MULAI GUNAKAN OnlinePajak

Pilih dan kembangkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan melakukan integrasi OnlinePajak dengan software yang Anda gunakan. Hubungkan dan akses langsung ke beberapa software terbaik di sini!