Resources / Blog / seputar invoice

Pentingnya Delivery Order dalam Bisnis di Indonesia

Dalam era globalisasi dan teknologi modern, bisnis di Indonesia telah mengalami transformasi signifikan, terutama dalam hal pengiriman barang. Salah satu aspek yang tak terelakkan adalah proses pemesanan melalui sistem “Delivery Order.” Artikel ini akan membahas konsep Delivery Order, mengapa penting dalam konteks bisnis di Indonesia, dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan kepuasan pelanggan.

Pentingnya Delivery Order dalam Bisnis di Indonesia

Apa itu Delivery Order?

Delivery Order (DO) merupakan dokumen tertulis yang dikeluarkan oleh pihak pengirim (penjual) kepada pihak penerima (pembeli) yang berisi instruksi pengiriman barang. Dokumen ini mencakup informasi rinci tentang barang yang dikirim, jumlahnya, kondisinya, dan petunjuk pengiriman lainnya. Dalam konteks bisnis modern, DO seringkali terkait erat dengan transaksi e-commerce dan pengiriman logistik.

Delivery order tidak hanya menjadi dokumen formal, tetapi juga fondasi utama untuk keberhasilan operasional dan pertumbuhan bisnis, terutama dalam konteks e-commerce di Indonesia. Dengan menggunakan DO secara efektif, perusahaan dapat menciptakan proses pengiriman yang lebih transparan, efisien, dan dapat diandalkan, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan kepuasan pelanggan.

Yearly saving potential
Rp 0
Masukkan jumlah Invoice Anda di bawah ini untuk mengetahui tingkat pengembalian investasi (ROI)
e-Faktur/Invoice
e-Signature
e-BuPot
e-Meterai
Jumlah Bupot / SSP / Credit Note yang tidak tertagih (Rp)
Jumlah hari yang dibutuhkan untuk memproses invoice
Rata-rata Nilai Invoice (Rp)
Biaya Tax Audit per Tahun (Rp)
Yearly saving potential
Isi detail Anda untuk mulai Berhemat!

    Numbers estimated based on existing industry. Read more: Otomatisasi Penagihan Kepatuhan¬†      

    Pentingnya Delivery Order dalam Bisnis di Indonesia

    Mengapa DO menjadi hal yang sangat penting? Implementasi DO menjadi langkah strategis bagi perusahaan yang ingin beradaptasi dan bersaing di era bisnis modern. Oleh karena itu, berikut ini 5 alasan pentingnya DO dalam bisnis: 

    Transparansi & Akuntabilitas

    DO menciptakan transparansi dalam proses pengiriman, mengidentifikasi barang yang dikirim dan memastikan ketersediaan barang sesuai dengan pesanan. Hal ini memberikan dasar bagi akuntabilitas, mengurangi risiko kesalahan pengiriman, dan meningkatkan kepercayaan antara penjual dan pembeli.

    Efisiensi Operasional

    Dengan DO, proses logistik dan pengiriman menjadi lebih efisien. Informasi yang terdokumentasi dengan baik dalam DO memungkinkan para pihak terlibat untuk merencanakan dan melaksanakan pengiriman dengan lebih baik, menghindari kebingungan atau kesalahan di sepanjang rantai pasok.

    Pemantauan & Pelacakan

    DO memfasilitasi pemantauan barang dari gudang hingga ke tangan konsumen. Dengan teknologi yang terkini, pelanggan dapat melacak status pengiriman secara real-time, menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih positif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

    Kepatuhan Regulasi

    Dalam konteks Indonesia, DO juga menjadi instrumen penting untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi perpajakan dan perdagangan. Pencatatan yang akurat dalam DO dapat membantu perusahaan untuk memenuhi persyaratan hukum dan perpajakan yang berlaku.

    Peningkatan Kepuasan Pelanggan

    Dengan pengaturan yang baik melalui DO, pelanggan merasa lebih dihargai dan diinformasikan tentang status pengiriman. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, menciptakan peluang untuk pembelian ulang, dan memperkuat citra merek perusahaan.

    Baca Juga: Contoh Surat Jalan: Panduan Lengkap dan Praktis

    Bagaimana Delivery Order Berperan dalam Pertumbuhan E-Commerce?

    Pentingnya delivery order sangat terasa dalam bisnis e-commerce yang semakin berkembang di Indonesia. Dengan semakin banyaknya konsumen yang beralih ke platform online, DO menjadi pondasi bagi keberhasilan operasional e-commerce. Hal tersebut karena: 

    1. Meminimalkan Risiko Konflik: Dalam lingkungan e-commerce, DO membantu meminimalkan risiko konflik antara penjual dan pembeli. Informasi yang jelas dan terdokumentasi dalam DO menghindari kebingungan atau interpretasi yang salah terkait dengan pesanan dan pengiriman.
    2. Mendorong Pengembangan Infrastruktur Logistik: Pertumbuhan e-commerce mendorong perkembangan infrastruktur logistik di Indonesia. DO menjadi alat yang penting dalam mengoordinasikan pengiriman dari berbagai gudang ke lokasi tujuan, mendorong perkembangan sektor logistik nasional.
    3. Inovasi Layanan Pengiriman: Keberadaan DO juga mendukung inovasi dalam layanan pengiriman, seperti peningkatan kecepatan pengiriman, penggunaan teknologi pemantauan canggih, dan pilihan pengiriman yang fleksibel sesuai kebutuhan konsumen. 

    Dalam pengelolaan transaksi bisnis, DO dan invoice menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, OnlinePajak hadir dengan solusi lengkap yang memungkinkan Anda dalam mengelola invoice dari pembuatan hingga pengiriman dengan preferensi Anda. Invoice ini juga dapat tersambung ke e-Faktur pada saat yang bersamaan sehingga memungkinkan proses administrasi dan rekonsiliasi lebih cepat dan menyeluruh. OnlinePajak kini hadir dengan fitur pembayaran invoice yang dapat membantu perusahaan di Indonesia. Dalam fitur ini, Anda dapat melakukan pembayaran ke supplier atau permintaan pembayaran.

    Reading: Pentingnya Delivery Order dalam Bisnis di Indonesia