Kode Utang Pajak dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sekilas tentang Utang Pajak

Utang pajak merupakan pajak yang wajib dibayarkan termasuk sanksi administrasi seperti bunga, denda, atau kenaikan yang tertera pada surat ketetapan pajak atau surat-surat sejenisnya yang dikeluarkan berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Utang pajak timbul karena dikeluarkannya surat ketetapan pajak oleh fiskus. Selain itu, utang pajak juga timbul karena adanya undang-undang. Apakah utang pajak ini bisa terhapus dari seorang wajib pajak? Tentu. 

Apakah utang pajak ini bisa hilang begitu saja? Tentu saja tidak. Kecuali, wajib pajak melakukan pembayaran pajak dengan nominal yang tepat beserta utangnya, mendapatkan kompensasi, melewati masa daluwarsa penagihan, mendapatkan pembebasan sanksi administrasi pajak, penghapusan utang pajak berdasarkan kondisi keuangan wajib pajak itu sendiri

Daftar Kode Utang Pajak

Bagi Anda yang ingin mengisi SPT Tahunan Orang Pribadi, maka ada beberapa hal yang wajib Anda isi, salah satunya mencantumkan daftar utang yang wajib pajak miliki pada tahun sebelumnya. Terdapat kolom khusus kode utang yang perlu diisi oleh wajib pajak. 

Jika Anda menggunakan aplikasi seperti e-SPT atau aplikasi e-Filing, maka Anda akan dengan mudah mengisinya karena aplikasi tentu saja sudah menyediakan daftar kode utang beserta keterangan setiap kodenya.

Nah, berikut ini daftar kode utang pajak dalam mengisi SPT Tahunan Orang Pribadi yang perlu Anda ketahui:

Nomor Kode Utang Pajak Keterangan
1. 101 Utang Bank / Lembaga keuangan bukan bank, seperti KPR, leasing kendaraan bermotor, dan sejenisnya.
2. 102 Utang kartu kredit.
3. 103 Utang afiliasi atau pinjam dari pihak-pihak yang memiliki hubungan istimewa sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 18 ayat (4) Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh).
4. 109 Utang lainnya yang tidak termasuk utang-utang yang dimaksud di atas.

Lakukan e-Filing Lewat OnlinePajak

Bagi Anda yang memiliki penghasilan lebih dari Rp60 juta selama satu tahun, maka Anda memiliki kewajiban untuk melakukan pelaporan dengan formulir 1770 S. Di mana Anda bisa melakukan pelaporan? Anda bisa melakukan laporan langsung melalui fitur e-Filing pada aplikasi OnlinePajak. 

Pada e-Filing OnlinePajak, Anda bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan formulir 1770 S. Formulir 1770 S ini memang memiliki struktur yang jauh lebih kompleks ketimbang formulir 1770 SS karena terdapat beberapa lampiran yang tidak ada di formulir 1770 SS namun ada dalam formulir 1770 S.

Kesimpulan

  • Utang pajak adalah pajak yang harus dibayarkan termasuk sanksi administrasi perpajakan yang tertera dalam surat ketetapan pajak atau surat lainnya yang dikeluarkan berdasarkan UU yang berlaku
  • Utang pajak dapat dihapus jika wajib pajak membayarkan pajak, mendapat kompensasi, melewati masa daluwarsa penagihan, mendapat pembebasan sanksi administrasi pajak, dan penghapusan utang pajak karena kondisi keuangan wajib pajak itu sendiri. 
  • Daftar kode utang pajak terdiri dari 4 kode yang masing-masing memiliki keterangan yang berbeda. 
  • Kode utang pajak wajib Anda masukkan ketika Anda mengisi formulir SPT Tahunan PPh wajib pajak orang pribadi. 
  • Formulir yang digunakan wajib pajak orang pribadi adalah Formulir 1770 S.
  • Dalam melakukan lapor SPT Tahunan ini Anda bisa melakukannya di fitur e-Filing OnlinePajak.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
e-filing onlinepajak

Lapor Pajak Badan dengan Mudah & Efisien

Lapor semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dan tepat waktu. 

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Lapor Pajak Online dengan Fitur e-Filing

Nikmati keunggulan fitur e-Filing OnlinePajak seperti user-friendly interface, akurat dan otomatis, hingga pelaporan pajak mudah dan efisien.

e-filing onlinepajak

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini