Investasi Saham: Berapa Tarif Pajak Penjualan Saham?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Cara Membeli Saham

Bagaimana cara membeli saham? Apa biaya yang timbul dari investasi saham? Ini mungkin pertanyan sebagian besar investor pemula atau calon investor saham. Mungkin, Anda salah satunya?

Membeli saham bisa dikatakan membeli bagian dari perusahaan. Jika dulu orang membeli saham berdasarkan saran dan melalui broker, saat ini Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet untuk membeli saham melalui perusahaan sekuritas.

investasi saham

Meski semakin mudah dilakukan, investasi saham tetap tidak lepas dari kewajiban perpajakan yang melekat. Nah, berapa sih tarif yang dikenakan bagi investor yang menjual saham?

Sebelum menukik pada jawaban pertanyaan di atas, ada baiknya untuk mengenal lebih dulu apa itu investasi saham dan keuntungan apa saja yang diperoleh seorang investor.

Keuntungan Investasi Saham

Sebelum membeli saham, berikut ini keuntungan investasi saham yang perlu Anda tahu:

  • Menjadi “pemilik” dari perusahaan tertentu yang Anda beli sahamnnya.
  • Melalui saham Anda akan mendapatkan capital gain Capital Gain adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai seorang pemegang saham dari disparitas harga pembelian dan penjualan.  Pada Capital Gain, keuntungan Anda sangat bergantung pada sentimen pasar yang berhubungan dengan emiten yang Anda miliki sahamnya.
  • Dividen. keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham atas laba bersih perusahan. Pada dividen, semakin besar porsi saham yang Anda miliki, semakin besar keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Langkah-Langkah Membeli Saham

Jika Anda masih pemula, mungkin Anda masih bingung bagaimana memulainya. Namun, dengan sedikit membaca informasi di bawah ini, Anda dapat membeli saham sendiri dan mendapat keuntungan dari investasi saham.

1. Buka rekening efek 

Investasi saham memiliki sedikit kesamaan dengan tabungan bank. Keduanya butuh sebuah rekening. Sebelum mulai membeli saham, Anda harus meluangkan waktu untuk datang ke kantor perusahaan sekuritas atau broker. Tapi, jika Anda sibuk, membuka rekening efek kini dapat dilakukan secara online.

Anda hanya perlu mengisi form yang disediakan di situs perusahaan sekuritas, menandatangani form dan mengirmkan kembali form ke alamat kantor sekuritas untuk diverifikasi. Jangan lupa untuk melakukan riset saat memilih perusahaan sekuritas. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Melampirkan dokumen-dokumen pelengkap

 Selain mengembalikan form registrasi, Anda juga diharuskan melampirkan dokumen pelengkap lain seperti:

  • Fotokopi kartu indentias ( bisa berupa KTP atau paspor).
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi buku tabungan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Materai 6 Ribu.

3. Memberikan setoran awal ke rekening efek

Saat membuka rekening saham, Anda akan diminta menyetorkan sejumlah dana. Nominal setoran awal ini pun bervariasi. Setoran ini akan langsung mengaktifkan rekening efek Anda. Anda pun akan diberikan login ID dan pin untuk dapat mengakses aplikasi yang digunakan untuk membeli saham secara online.

4. Unduh Aplikasi untuk membeli saham

Aplikasi trading saham dapat Anda unduh di situs perusahaan sekuritas terkait atau dapat diunduh via Appstore jika ingin mengakses aplikasi ini melalui gawai. Jika mengalami kesulitan, ada baiknya langsung mendatangi customer care perusahaan sekuritas terkait untuk meminta petunjuk penggunaan.

5. Proses pembelian saham

Setelah memiliki rekening dan menginstall aplikasi. Anda dapat langsung melakukan pembelian saham. Tapi jangan buru-buru membeli ya !

Pikirkan kembali apa tujuan Anda membeli saham, apakah untuk investasi jangka panjang atau pendek. Jika ingin menjadi trader aktif Anda harus dapat menganalisa saham secara teknikal. Kuasai beberapa indikator teknikal seperti Moving Average, MACD dan Support/Resistance.

Jika Anda ingin melakukan trading harian, pasanglah cut loss agar modal Anda tetap terjaga. Penggunaan cut loss wajib untuk menjaga modal. Tanpa adanya disiplin cut loss maka investor tidak akan punya pengaman untuk menjaga modal saat terjadi krisis finaisial atau penurunan kinerja perusahaan.

Jika anda berniat melakukan investasi jangka panjang pertimbangkan untuk membeli saham “blue chip” yaitu saham yang secara fundamental baik, aktif diperdagangkan dan sudah kokoh serta stabil secara bisnis.

Dalam aplikasi yang sudah Anda unduh, akan terlihat berapa harga saham per lembarnya. Pilih beli dan masukkan jumlah lot yang anda inginkan. Biasanya batas minimal pembelian 1 lot alias 100 lembar. Pembelian saham hanya dapat dilakukan ketika bursa saham dibuka, yaitu Senin hingga Jumat pukul 09:00 hingga 12:00 siang untuk sesi pertama. Sementara, sesi kedua dibuka pada 13:30 hingga 16:15 WIB.

Anda akan diminta konfirmasi pembelian dengan memasukan kode pin lebih dulu. Setelah transaksi berhasil akan ada notifikasi yang muncul bahwa Anda sudah memiliki saham di perusahaan tersebut.

Bagaimana? cukup mudah bukan cara membeli saham secara online? Jika ingin sukses investasi saham, pastikan untuk terus mengupdate informasi seputar ekonomi, bisnis dan kebijakan pemerintahan yang terkait pada emiten Anda.

PPh Final Atas Transaksi Penjualan Saham di Bursa Efek

Jika Anda adalah seorang investor saham, maka ada konsekuensi perpajakan yang wajib Anda patuhi. Konsekuensi tersebut berlaku ketika Anda mendapatkan penghasilan dari penjualan saham atau saat menerima dividen.

Lantas, apa jenis pajak yang harus dibayar investor tersebut dan berapa tarifnya? Pajak yang dikenakan merupakan pajak penghasilan yang bersifat final/PPh final. Sedangkan, berdasarkan PPh pasal 4 ayat 2, tarif yang dikenakan atas penghasilan yang diperoleh wajib pajak dari transaksi penjualan saham di bursa efek, adalah sebesar 0,1% dari jumlah bruto nilai transaksi penjualan.

Tidak hanya itu, kewajiban perpajakan juga muncul jika seorang investor mendapatkan dividen. Pajak yang dikenakan merupakan jenis pajak pengasilan. Sementara, untuk tarifnya, pemotongan PPh atas dividen mengacu pada pasal 17 ayat 2 C yakni sebesar 10% dari penghasilan bruto. Nah, demikianlah serba serbi investasi saham yang bisa Anda pelajari.

Jika Anda merupakan seorang investor saham yang memiliki kewajiban membayar dan melaporkan PPh atas penjualan saham dan dividen, saat ini sudah tersedia aplikasi OnlinePajak yang dapat membantu mempermudah urusan Anda. Melalui OnlinePajak, Anda bisa membayar dan melaporkan kewajiban perpajakan secara online. Ayo, gunakan OnlinePajak sekarang juga. Gratis.

investasi saham

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
e-filing onlinepajak

Lapor Pajak Badan dengan Mudah & Efisien

Lapor semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dan tepat waktu. 

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Lapor Pajak Badan dengan Mudah & Efisien!

Lapor semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dan tepat waktu.

e-filing onlinepajak

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini