Solusi Bila e-Faktur Tidak Bisa Upload

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

e-Faktur Tidak Bisa Upload

Sebagai pengguna e-Faktur, mungkin Anda pernah mengalami permasalahan e-Faktur tidak bisa upload. Terlebih sejak adanya pembaruan versi e-Faktur menjadi versi 2.1.

Artikel ini secara sederhana akan membahas gangguan yang menyebabkan e-Faktur tidak bisa diunggah dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Tidak Dapat Upload e-Faktur

1. Koneksi Internet

Buruknya kualitas jaringan atau tidak adanya koneksi internet menjadi salah satu penyebab e-Faktur tidak bisa di-upload. Karena itu sebelum mengunggah, pastikan perangkat yang digunakan memiliki kualitas koneksi yang baik. Sebab, koneksi internet adalah salah satu faktor utama kelancaran proses mengunggah data e-Faktur.

Jika sudah memiliki jaringan internet yang baik, namun masih mengalami kesulitan mengunggah e-Faktur, berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Periksa provider yang Anda gunakan. Pastikan lokasi Anda meng-upload termasuk ke dalam jangkauan sinyal yang kuat dari provider Anda.
  2. Cek firewall yang ada di laptop/komputer Anda. Pastikan sudah menonaktifkan firewall. Caranya, buka Control Panel -> Windows Firewall lalu pilih Turn Windows Off.
  3. Periksa kembali antivirus yang Anda gunakan. Pastikan untuk menonaktifkan proteksi antivirus.
  4. Jika ketiga cara di atas masih belum membantu, coba untuk mengganti sementara jaringan Wifi/provider yang digunakan.

Baca juga: Download Aplikasi e-Faktur Pajak 64 bit untuk Windows, Linux dan MacOS

2. Sertifikat Digital Kadaluwarsa

Sertifikat digital yang kadaluwarsa karena belum di-update dapat menjadi penyebab data e-faktur tidak dapat di-upload.  Perlu diingat bahwa masa berlaku sertifikat digital adalah 2 tahun sejak penerbitan.

Secara teknis, ketika masa berlaku sertifikat digital telah habis, otentifikasi sertifikat elektronik di aplikasi e-Faktur akan terhambat. Akibatnya, uploader tidak akan dapat digunakan. Hal ini yang menyebabkan kegagalan dalam meng-upload faktur.

Berikut ini kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kedaluwarsa sertifikat digital dan cara memperbaruinya:

  • Periksa Browser Anda

Anda dapat melihat masa berlaku sertifikat digital dengan cara berikut: Buka Control Panel->Internet Option-> Content-> klik Sertifikat. Anda juga dapat langsung mengecek pada menu setting di browser yang Anda gunakan. Pilih Manage Certificate jika Anda menggunakan Google Chrome atau Privacy & Security jika Anda menggunakan Mozila Firefox.

  • Segera Ajukan Pembaruan ke Kantor Pelayanan Pajak Terdaftar

Langkah selanjutnya adalah memperbarui sertifikat dengan mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar. Saat mengajukan permohonan, lengkapi beberapa syarat, seperti menyertakan Surat Permintaan Sertifikat Elekronik, Surat Pernyataan Persetujuan Penggunaan Sertifikat Elektronik DJP, meterai Rp 6000, SPT Tahunan PPh dan Badan tahun terakhir, Bukti penerimaan laporan SPT Tahunan PPh Badan tahun terakhir, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga pengurus dan beberapa dokumen lainnya.

Baca juga: Sertifikat Elektronik Expired, Ini Hal yang Perlu Disiapkan

3. Permasalahan Aplikasi

Faktor lainnya yang menyebabkan kegagalan dalam mengunggah e-Faktur adalah terjadinya permasalahan dari aplikasi yang digunakan. Meski koneksi internet dan kedaluarsa sertifikat elektronik lebih sering menjadi penyebab kegagalan proses pengunggahan, aplikasi yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu alasan e-faktur tidak dapat diupload. Karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan versi e-Faktur terbaru untuk meng-upload data faktur.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat, Hitung, Setor, dan Lapor PPN di OnlinePajak

Proses PPN setiap transaksi Anda dengan lebih efisien dalam 1 aplikasi terintegrasi. Buat, hitung, setor, dan lapor PPN dengan mudah di OnlinePajak