Resources / Blog / PPN e-Faktur

Penyebab Error ETAX-40001 e-Faktur dan Solusinya

Terdapat beberapa jenis error yang kadang ditemukan pada saat menggunakan aplikasi e-Faktur DJP, salah satunya adalah error ETAX-40001. Umumnya, error ini terjadi lantaran masalah pada server ETaxInvoice atau adanya virus pada komputer/laptop yang digunakan.

Error ETAX-40001 merupakan error yang sering kali terjadi saat penggunaan aplikasi e-Faktur. Biasanya error ini muncul apabila jaringan internet yang Anda gunakan kurang baik. Simak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Error ETAX-40001 e-Faktur

Sebagai PKP tentu Anda tidak asing dengan aplikasi e-Faktur. Namun, saat menggunakan aplikasi e-Faktur, seringkali Anda mengalami gangguan koneksi atau jaringan internet, salah satunya lemahnya sinyal internet yang tersambung pada perangkat yang Anda gunakan. Masalah gangguan aplikasi seperti ini disebut error ETAX-40001.

ETAX-40001 merupakan error yang terjadi akibat sambungan internet yang tidak baik. Akibatnya, antara aplikasi e-Faktur Anda dengan server pajak tidak bisa terkoneksi dengan lancar.

Hal ini tentu akan menghambat Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam mengakses e-Faktur. Biasanya, ETAX-40001 ini menyebabkan PKP tidak bisa upload faktur pajak keluaran maupun faktur pajak masukan untuk melakukan approval. Sehingga status faktur pajak menjadi belum approval. Karena hal tersebut, faktur pajak belum sukses dimasukkan dan faktur pajak keluaran pun belum bisa dicetak.

Penyebab Terjadinya Error ETAX-40001 e-Faktur

Selain karena jaringan internet yang lemah, berikut ini sejumlah penyebab lain dari error ETAX-40001 e-Faktur:

  • Adanya masalah pada server ETaxInvoice pada aplikasi e-Faktur Anda.
  • Adanya virus pada komputer/laptop.
  • Aplikasi yang digunakan bisa jadi terblokir oleh firewall Windows atau antivirus bawaan komputer/laptop Anda.
  • Sertifikat elektronik yang sudah kedaluwarsa.

Masalah-masalah di atas merupakan masalah yang umumnya menyebabkan terjadinya ETAX-40001 e-Faktur dan tentunya dapat Anda tangani dengan solusi di bawah ini.

Baca Juga: Ini Langkah Pembatalan Faktur Pajak PPN di OnlinePajak

Yearly saving potential
Rp 0
Masukkan jumlah Invoice Anda di bawah ini untuk mengetahui tingkat pengembalian investasi (ROI)
e-Faktur/Invoice
e-Signature
e-BuPot
e-Meterai
Jumlah Bupot / SSP / Credit Note yang tidak tertagih (Rp)
Jumlah hari yang dibutuhkan untuk memproses invoice
Rata-rata Nilai Invoice (Rp)
Biaya Tax Audit per Tahun (Rp)
Yearly saving potential
Isi detail Anda untuk mulai Berhemat!

    Numbers estimated based on existing industry. Read more: Otomatisasi Penagihan Kepatuhan¬†      

    Solusi Terjadinya Error ETAX-40001 e-Faktur

    Agar Anda dapat menggunakan kembali aplikasi e-Faktur, berikut ini solusi dari masalah-masalah yang dijabarkan pada ulasan sebelumnya.

    • Apabila masalah yang Anda hadapi adalah koneksi internet yang lemah, maka Anda harus memeriksa kembali koneksi internet pada komputer/ laptop Anda. Apakah koneksi internet sudah berjalan dengan baik atau belum. Pastikan kalau sinyal internet yang Anda gunakan kencang sehingga dapat berfungsi dengan maksimal.
    • Jika terdapat virus adware atau malware yang biasanya bisa merusak program pada komputer/laptop, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan scan berkala pada komputer/laptop Anda sebelum membuka aplikasi e-Faktur.
    • Apabila aplikasi e-Faktur terblokir oleh firewall Windows atau oleh antivirus yang Anda gunakan, solusinya adalah dengan klik turn off firewall windows atau antivirus, kemudian coba operasikan aplikasi e-Faktur.

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu penyebab terjadinya error ETAX-40001 e-Faktur karena sertifikat elektronik yang sudah kedaluwarsa. Jika itu yang menjadi masalahnya, maka Anda perlu memperbaharui sertifikat elektronik Anda terlebih dahulu. Caranya sama seperti ketika Anda melakukan permintaan sertifikat elektronik untuk pertama kalinya.

    Baca juga: Cara Memperbarui Sertifikat Digital e-Faktur di OnlinePajak

    Kesimpulan

    ETAX-40001 adalah error yang terjadi akibat sambungan internet yang tidak baik atau sinyal internet yang lemah. Biasanya, masalah lain bisa juga karena virus, masalah pada server ETaxInvoice, terblokir oleh firewall Windows atau antivirus, atau sertifikat elektronik yang sudah kedaluwarsa. Masalah lain pada e-Faktur mungkin saja terjadi dan biasanya dengan kode yang berbeda.

    Selain menggunakan aplikasi e-Faktur DJP, Anda juga dapat menggunakan aplikasi e-Faktur OnlinePajak untuk membuat dan menerbitkan faktur pajak elektronik. Sebagai mitra resmi DJP, OnlinePajak menghadirkan sejumlah layanan dan fitur yang menjadi solusi transaksi bisnis dan pajak usaha. Pelajari lebih lanjut terkait solusi lengkap yang dapat ditawarkan oleh OnlinePajak dengan cara hubungi sales untuk mendapatkan demo gratis.

    Reading: Penyebab Error ETAX-40001 e-Faktur dan Solusinya