Manfaat Bayar Pajak di OnlinePajak, Apa Saja? Simak di Sini!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Manfaat Bayar Pajak

Apa manfaat bayar pajak yang Anda ketahui? Sudah menjadi sebuah kewajiban untuk wajib pajak membayar pajak. Namun, apa manfaatnya membayar pajak pada negara? Lalu, mengapa Anda disarankan untuk membayar pajak melalui OnlinePajak?

Manfaat Bayar Pajak secara Umum

Terdapat banyak manfaat apabila wajib pajak dengan tertib membayarkan pajaknya. Berikut ini manfaat bayar pajak secara umum yang perlu Anda pahami agar semakin semangat membayar pajak:

1. Guna Meningkatkan Fasilitas Pendidikan

Anda tentu ingin anak cucu Anda kelak mendapatkan pendidikan yang mumpuni dan layak, bukan? Salah satu manfaat dari membayar pajak adalah untuk meningkatkan fasilitas pendidikan yang ada sekarang dan yang akan datang. Program-program pemerintah dari segi pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga dapat berjalan karena adanya dana pajak yang diterima oleh negara yang berasal dari rakyat yang nantinya akan kembali pula untuk rakyat.

2. Untuk Fasilitas Kesehatan

Saat ini Indonesia bahkan seluruh dunia tengah mengalami pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting rasanya memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. Sebagian hasil penerimaan pajak dialokasikan pada bidang kesehatan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK) serta balita yang kekurangan gizi. Selain itu pajak juga berguna untuk peningkatan pelayanan dan mutu rumah sakit, serta pembiayaan JKN/KIS bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

3. Pengembangan Transportasi Umum

Beberapa tahun belakangan pemerintah tengah gencar membangun/mengembangkan fasilitas transportasi umum. Tentu Anda sudah tahu bahwa pengembangan dan pembangunan fasilitas transportasi umum ini sumber utama biayanya berasal dari pajak yang Anda bayarkan. Pengembangan transportasi umum ini diharapkan menjadi salah satu solusi kemacetan yang ada di ibu kota.

Mengingat pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi yang terus meningkat hampir setiap tahunnya, membuat pemerintah mengambil tindakan cepat untuk menyediakan trasportasi umum yang baik, nyaman serta dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat yang sering menggunakan kendaraan pribadi tertarik dan beralih untuk menggunakan transportasi umum.

4. Untuk Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Infrastruktur dan fasilitas umum yang dimaksud adalah pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, tol, hingga rumah ibadah yang dibangun dengan dana yang berasal dari penerimaan pajak. Salah satu manfaat yang Anda bisa rasakan adalah ketika jarak tempuh perjalan antar kota Anda menjadi jauh lebih singkat dari sebelumnya karena fasilitas jalan tol yang ada.

5. Pajak untuk Keamanan dan Ketertiban Negara

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia. Sehingga perbatasan antar negara terutama wilayah perairannya perlu dijaga dengan ketat. Penerimaan negara yang berasal dari pajak pun digunakan untuk pengadaan senjata, kendaraan tempur, dan peningkatan modernisasi dari segala aspek keamanan darat, laut, dan udara perlu dijaga dengan baik. Tujuannya, agar kekayaan negeri tidak dengan mudah diambil secara ilegal oleh oknum atau pihak asing.

Tentu manfaat bayar pajak secara umum tidak hanya seperti yang disebutkan di atas. Ada banyak lagi manfaat bayar pajak yang secara langsung maupun tidak langsung bisa Anda rasakan.

Manfaat Bayar Pajak untuk Masyarakat Indonesia

Tentu Anda sering mendengar kalau pajak yang dilaporkan oleh setiap wajib pajak, manfaatnya akan dirasakan kembali oleh masyarakat Indonesia sendiri. Apa saja manfaat yang terasa ketika wajib pajak taat melakukan kewajibannya ini? 

Secara umum, pajak yang Anda setor dan laporkan akan dibagikan ke dua macam anggaran belanja, yaitu anggaran  belanja pemerintah pusat dan anggaran belanja pemerintah daerah. Masing-masing anggaran belanja itu memiliki pengeluarannya tersendiri dengan tujuan untuk pertumbuhan pembangunan negara dari berbagai sektor.

Hal ini sebelumnya pernah dibagikan dalam salah satu artikel kami bertajuk “Manfaat Pajak: Melihat Kontribusi Nyata Anda dalam Pembangunan Nasional“. Misalnya alokasi pajak dalam anggaran belanja pemerintah pusat tahun 2018 silam, beberapa manfaat bayar pajak yang terasa adalah meningkatnya akses dan kualitas pelayanan publik lewat implementasi e-government, pembangunan jalur KA dan LRT, pembangunan dan pengembangan kawasan perkotaan serta pedesaan, dan sebagainya. 

Manfaat Bayar Pajak di OnlinePajak

Jadi, ada banyak manfaat yang terasa ketika semua wajib pajak patuh bayar pajak. Karena itu, jangan lupa untuk setor dan lapor pajak Anda sesuai tepat waktu. Masih merasa kesulitan untuk hitung, setor, lapor pajak Anda? Coba gunakan aplikasi OnlinePajak!

OnlinePajak menawarkan solusi terbaik untuk perpajakan Anda. Kemudahan hitung, setor, dan lapor pajak dalam satu aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi bekerja serta mengurangi human error yang umumnya ditemukan dalam proses perpajakan. Selain itu, ada berbagai manfaat bayar pajak di OnlinePajak lainnya yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

1. Perhitungan Otomatis

Tidak perlu lagi kebingungan dalam memasukkan angka dan menghitung besaran pajak yang perlu Anda bayar. OnlinePajak memiliki fitur perhitungan otomatis yang memberikan hasil akurat. Anda dapat menghitung PPh Final, PPh Pasal 21 dan lainnya, sampai pembetulan SPT Masa PPh dengan mudah.

Selain itu, fitur perhitungan otomatis juga memudahkan Anda untuk menghitung pajak penghasilan karyawan Anda (PPh). Mulai dari penghitungan gaji bersih, iuran BPJS, THR, dan lainnya dengan mempertimbangkan status karyawan perusahaan Anda.

2. Setor dan Lapor Online

OnlinePajak memiliki sistem e-Billing dan e-Filing resmi yang saling terintegrasi sehingga Anda dapat melakukan proses penyetoran dan pelaporan pajak Anda dalam satu langkah mudah di satu aplikasi terpusat. Dengan begitu, Anda tidak perlu kesulitan mengakses berbagai aplikasi hanya untuk membayar satu jenis pajak Anda. 

3. Bayar Tepat Waktu

Tidak hanya mempermudah perhitungan pajak, OnlinePajak membantu Anda untuk menyetor dan melapor pajak tepat waktu dengan sistem email pengingat. Email tersebut secara otomatis akan dikirimkan ke akun Anda sebelum tanggal jatuh pembayaran.

4. Mitra Resmi DJP

OnlinePajak adalah penyedia jasa aplikasi (Application Service Provider/ASP) dan mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Artinya, bukti pembayaran dan pelaporan pajak yang Anda terima sah dari DJP. Kalaupun ada kendala dalam penerbitan bukti pelaporan pajak (NTTE/BPE) seperti yang sering dikeluhkan para wajib pajak, OnlinePajak akan mengeluarkan BPA (Bukti Penerimaan ASP). Dengan terbitnya BPA, pelaporan pajak Anda dijamin sudah diterima oleh OnlinePajak dan sedang dalam antrean untuk masuk ke server DJP. Jadi, Anda tidak perlu risau membayar pajak di OnlinePajak.

5. Sistem Diperbarui Otomatis

Kebijakan pajak di Indonesia mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, seperti salah satunya tarif Penghasilan Tidak Kena Pajak. Perubahan kebijakan ini tentu memengaruhi perhitungan perpajakan Anda, bukan? Jangan khawatir. Sistem OnlinePajak selalu diperbarui secara otomatis mengikuti perubahan-perubahan peraturan pemerintah yang berlaku. Jika terjadi perubahan, Anda pun dapat melakukan pembetulan di aplikasi OnlinePajak secara online dan membuat kompensasi dengan mudah. 

6. Mudah Bayar dengan PajakPay

Selain menghitung secara otomatis, Anda dapat membayar pajak secara online melalui OnlinePajak, dan semakin praktis dengan menggunakan PajakPay. PajakPay merupakan metode pembayaran yang disediakan OnlinePajak untuk membayar pajak Anda. Cukup mengisi saldo PajakPay, Anda dapat membayar pajak kapan saja dan di mana saja. Tidak perlu mengantre di bank, dapat mengisi saldo dengan jumlah tak terbatas untuk kebutuhan setor pajak Anda, dan dapat digunakan untuk membayar semua jenis pajak Anda.

Selain itu, NTPN (Nomor Tanda Penerimaan Negara) Anda sah karena OnlinePajak merupakan mitra resmi DJP dan bekerja sama dengan Bank Persepsi.

7. Kerahasiaan Data yang Aman

OnlinePajak telah mengantongi ISO 27001 dan sistem keamanan tingkat tinggi. Artinya, seluruh data dan transaksi Anda terjamin keamanannya. Pada sistem PajakPay, OnlinePajak pun menggunakan teknologi Secure Socket Layer (SSL) dengan tingkat keamanan yang setara dengan Bank. Kami pun bekerja sama dengan bank-bank Indonesia yang terpercaya untuk menyediakan rekening virtual. 

8. Data yang Tersimpan Rapi

Jangan khawatir dengan arsip-arsip perpajakan Anda. Di OnlinePajak, semua bukti pembayaran dan pelaporan Anda tersimpan dalam database untuk waktu yang lama sehingga memudahkan Anda untuk mengakses kembali tanpa perlu repot mencarinya.

9. Hemat Waktu dan Efisien

Tidak perlu lagi antre di bank maupun di kantor pelayanan pajak. Tidak perlu lagi membuka berbagai aplikasi untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak Anda. Tidak perlu lagi berlama-lama untuk menyelesaikan urusan perpajakan Anda setiap periode. Dengan OnlinePajak, semua hanya perlu dilakukan dalam satu aplikasi sehingga menghemat waktu Anda dan menjadikan pekerjaan Anda lebih efisien. 

Itulah manfaat bayar pajak di OnlinePajak. Urusan perpajakan Anda menjadi lebih sederhana, tidak lagi ribet, menghemat waktu dan lebih efisien. Anda bisa langsung mencoba secara gratis di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
onlinepajak

Buat ID Billing dan bayar semua pajak dalam hitungan detik

e-Billing dan PajakPay OnlinePajak hadir untuk mempermudah Anda dalam proses bayar pajak secara online. Hanya dengan satu klik, Anda dapat membuat ID Billing sekaligus membayar pajak.

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat Banyak ID Billing dan Bayar Sekaligus dengan Cepat!

Buat banyak ID Billing dengan berbagai KAP/KJS dan bayar semuanya sekaligus. Cukup centang ID Billing yang ingin dibayarkan, lalu klik “Lanjutkan Pembayaran” dan bayar dengan PajakPay

Bingung gimana bayar pajak online yang gak ribet? Pengen Hemat Waktu & Bebas Antre saat waktunya bayar pajak? Cobain aja Aplikasi Pajak ini!

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini