Bagaimana Cara Membuat Faktur Komersial di OnlinePajak? Simak Tutorialnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Cara membuat faktur komersial di OnlinePajak cukup mudah. Bahkan, tidak hanya faktur komersial, Anda pun dapat membuat faktur pajak sekaligus di sini. Artikel ini akan membahas cara membuat faktur komersial di OnlinePajak secara lengkap.

Sekilas Faktur Komersial

Faktur komersial atau commercial invoice merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan ketika melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Dokumen atau nota ini digunakan sebagai bukti dari transaksi bisnis antara penjual dan pembeli. Selain itu, faktur komersial juga dijadikan sebagai dasar untuk menghitung pajak yang akan tertera pada faktur pajak.

Jika dilihat dari sisi penerbitnya, faktur komersial dibagi menjadi dua, yaitu faktur penjualan (sales invoice atau tagihan) dan faktur pembelian (purchase order atau kontrak pembelian). 

Tiap perusahaan memiliki format faktur komersial yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan gaya dan kebutuhan usaha. Namun pada dasarnya, dokumen ini perlu memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Identitas penerbit faktur komersial, meliputi nama, alamat, nomor telepon, bahkan logo perusahaan.
  2. Identitas penerima faktur komersial, meliputi nama, alamat, nomor telepon.
  3. Nomor faktur komersial
  4. Tanggal terbitnya faktur komersial
  5. Nama serta jumlah barang dan/atau jasa yang diperjualbelikan
  6. Harga dan total transaksi
  7. Termin pembayaran
  8. Instruksi pembayaran

Cara Membuat Faktur Komersial di OnlinePajak

Pembuatan dokumen bukti transaksi ini dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan tulis tangan. Cara lainnya, perusahaan dapat menggunakan aplikasi Ms. Office atau sejenisnya untuk membuat faktur komersial yang lebih rapi, kemudian dicetak dan dikirimkan melalui kurir kepada lawan transaksi.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, pembuatan faktur komersial dapat dilakukan menggunakan sistem aplikasi yang menyediakan template dan dokumen dapat langsung dikirim ke lawan transaksi melalui surel atau email. Cara terbaru ini mulai banyak diterapkan karena diyakini lebih hemat energi, lebih efisien, ramah lingkungan, dan semakin memperlancar proses transaksi.

Pembuatan faktur komersial secara modern ini dapat dilakukan di OnlinePajak. Selaku mitra resmi DJP, OnlinePajak menyediakan berbagai layanan dan fitur yang mempermudah wajib pajak, khususnya badan usaha, dalam mengelola transaksi bisnis dan kepatuhan pajak. 

Lalu, bagaimana cara membuat faktur komersial di OnlinePajak? Pengusaha dapat menggunakan layanan e-Faktur yang terdapat di dalam aplikasi OnlinePajak.

Pertama-tama, pastikan sudah mendaftar atau membuat akun di OnlinePajak terlebih dahulu. Jika belum, silakan mendaftar di sini. Kemudian, ikuti instruksi registrasi yang tersedia, dan tidak lupa juga untuk mengunggah sertifikat elektronik.

Jika sudah menyelesaikan proses pendaftaran, saatnya mulai membuat faktur komersial.

1. Silakan login ke akun OnlinePajak. Lalu, pilih menu “Transaksi”.

Login ke akun OnlinePajak. Pilih menu “Transaksi”

2. Selanjutnya, klik “+Tambah” lalu pilih “Buat Faktur Pajak”.

klik “+Tambah” lalu pilih “Buat Faktur Pajak”

3. Kemudian, akan muncul format faktur komersial yang perlu diisi. Silakan isi keterangan pada format faktur dengan informasi transaksi yang benar, mulai dari nama pembeli, nomor faktur komersial, tanggal faktur, jatuh tempo pembayaran, termin pembayaran, informasi barang dan/atau jasa dalam transaksi.

4. Jika transaksi dikenakan PPN, silakan klik “+PPN” untuk membuat faktur pajak atas transaksi tersebut.

5. Jika sudah mengisi seluruh informasi dalam template faktur komersial, klik “Simpan”.

Jika sudah mengisi seluruh informasi dalam template faktur komersial, klik “Simpan”

Selanjutnya, faktur komersial yang telah dibuat akan muncul pada laman “Transaksi” dalam bentuk draft. Silakan approve draft faktur komersial tersebut untuk dapat dikirimkan ke lawan transaksi.

Pengguna dapat langsung mengirimkan faktur komersial tersebut ke lawan transaksi dengan cara klik centang dokumen yang ingin dikirim, kemudian klik “Kirim Email” atau mengunduhnya dengan klik “Generate Faktur”.

Tampilan laman transaksi. approve draft faktur komersial tersebut untuk dapat dikirimkan ke lawan transaksi.

Selain membuat faktur komersial, pengguna juga dapat customize format faktur komersial sesuai dengan gaya dan kebutuhannya. Baca tutorialnya di artikel ini.

Baca Juga: Ini Dia Cara Personalisasi Commercial Invoice di OnlinePajak

Nikmati kemudahan pengelolaan faktur komersial dan faktur pajak untuk kelancaran proses transaksi bisnis. Jika perusahaan Anda menerbitkan dan mengirimkan ribuan faktur, hubungi tim kami untuk mendiskusikan plan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi di laman ini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini