Error ETAX-10001 e-Faktur: Penyebab, Penjelasan dan Solusinya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Apa Itu Error ETAX-10001 e-Faktur?

Bicara soal e-Faktur memang selalu menarik. Banyak yang dapat kita bahas, mulai dari cara membuatnya sampai kendala yang kerap dihadapi. Artikel kali ini akan membahas salah satu kendalanya yakni error ETAX-10001 e-Faktur.

Error 10001 e-Faktur atau yang biasa dikenal dengan error ETAX-10001 merupakan error yang terjadi saat login aplikasi e-Faktur. Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses ke database e-Faktur Anda. Selain itu, error e-Faktur ini juga dikenal dengan sebutan error database.

Baca juga: Error e-Faktur: Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan

Penyebab Error ETAX-10001 e-Faktur

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan e-Faktur, pasti paham kalau database e-Faktur merupakan salah satu komponen paling vital dalam aplikasi ini. Jika tidak ada database, pengguna tidak dapat mengoperasikan/mengakses aplikasi e-Faktur.

Alasannya karena semua data mengenai faktur, mulai dari faktur pajak keluaran, faktur pajak masukan, retur, hingga dokumen lainnya akan tersimpan di dalam database.

Aplikasi e-Faktur memang tidak selalu berjalan lancar saat sedang digunakan. Salah satu error yang terjadi adalah error database atau error 10001 e-Faktur/error ETAX-10001. Error ini juga bisa terjadi pada aplikasi e-Faktur terbaru, yakni versi 2.1.

Penyebab terjadinya error bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Terjadinya corrupt pada file database yang ada di dalam folder atau hilangnya file tersebut.
  • Hilang atau terjadi corrupt pada file dapat terjadi karena Anda melakukan penyalinan (copy) database ketika aplikasi sedang beroperasi.
  • Adanya perbedaan antara versi aplikasi e-Faktur dengan versi database yang berbeda.
  • Aplikasi yang Anda gunakan belum ter-update atau belum diperbarui.
  • Kendala juga bisa terjadi karena di dalam folder database tidak terdapat folder “ETaxInvoice”, atau terdapat folder selain “ETaxInvoice” yang bukan terbuat dari proses tambah database.
  • Kendala yang paling sering ditemui adalah PC server PKP sedang dalam keadaan mati atau database belum memulai sebagai server (dalam hal menggunakan konfirugasi network database).

Solusi Jika Mengalami Error 10001 e-Faktur

Tidak perlu panik ketika mengalami error e-faktur seperti yang disebutkan di atas.  Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab terjadinya kendala yang dihadapi.

Selanjutnya, selesaikan masalah secara perlahan sesuai dengan penyebab terjadinya error ETAX-10001 e-Faktur, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Jika file database Anda hilang atau corrupt, pastikan hanya ada 1 folder database pada aplikasi e-Faktur, yaitu folder “ETaxInvoice”. Kalau ada lebih dari 1,  hapus salah satunya dengan melihat data modified-nya. Folder yang terisi lengkap terdapat log, seg0, tmp, db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILES, service.properties.
  • Jika versi e-Faktur Anda berbeda dengan versi database, hal yang perlu dilakukan adalah menjalankan aplikasi ketika terhubung dengan internet dan update database aplikasi.
  • Jika PC server PKP mati, pastikan PC server menyala dan aplikasi e-Faktur berjalan. Alternatif lainnya, Anda dapat melakukan start database sebagai server dari menu file > Administrasi db (database), kemudian tekan tombol start db sebagai server.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Buat faktur pajak, bayar, dan lapor SPT Masa PPN Anda dengan mudah

Buat faktur elektronik untuk SPT PPN dan mengirimkannya ke lawan transaksi Anda secara instan tanpa perlu mencetaknya

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini