5 Tips Manajemen Waktu di Kala Bekerja dari Rumah

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Tips Manajemen Waktu

Tips manajemen waktu membantu Anda dapat bekerja lebih produktif, terutama di saat harus bekerja dari rumah yang telah berlangsung selama berbulan-bulan karena pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia. Sebagian orang merasa menjadi kurang produktif selama bekerja di rumah karena tidak dapat membagi waktu antara urusan profesional dan personal. Apa Anda merasakan hal yang sama?

Jika merasa kurang produktif dan sulit mengelola waktu selama bekerja di rumah, jangan khawatir. Ada beberapa tips manajemen waktu yang dapat Anda coba untuk mengatur kembali waktu Anda sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, lebih produktif, serta tetap memiliki waktu pribadi di rumah. Apa saja?

1. Membuat Jadwal Harian

Langkah ini sederhana, namun penting jika Anda ingin mengelola waktu dengan baik, terutama jika bekerja di rumah atau secara remote. Jadwal harian membantu Anda untuk tetap fokus pada rutinitas yang perlu Anda lakukan dan menjalankannya tepat waktu, alias tidak menunda-menunda atau lebih lama mengerjakannya. Sebab hal ini membuat Anda menjadi kurang produktif, dan membuat pekerjaan menjadi lebih menumpuk.

2. Membuat Daftar Prioritas

Tidak memungkiri, pekerjaan dapat datang setiap waktu dan menuntut Anda untuk menyelesaikannya dengan cepat. Tidak terkecuali ketika sedang bekerja di rumah, permintaan mendadak dari departemen lain, tugas dari atasan langsung, semua datang tanpa kendali. Belum lagi dengan pekerjaan harian yang tidak dapat ditinggalkan. Kalau sudah seperti ini, terkadang bingung untuk menentukan yang harus dikerjakan. Akibatnya, Anda berusaha mengerjakan semuanya di waktu yang sama sehingga menguras pikiran dan tenaga.

Coba untuk membuat daftar prioritas pekerjaan Anda. Urutkan pekerjaan yang paling penting dengan tenggat waktu paling dekat hingga pekerjaan yang dapat Anda selesaikan belakangan. Dengan membuat daftar seperti ini, Anda dapat bekerja dengan lebih waktu yang lebih efektif dan lebih efisien. Di samping itu, konsentrasi tidak pecah pada banyak hal karena Anda fokus pada satu tugas pada satu waktu. 

3. Menjadwalkan Waktu Istirahat

Pasang alarm untuk waktu istirahat Anda. Tidak hanya istirahat siang, tetapi juga waktu istirahat di sela-sela bekerja. Anda dapat memasang alarm untuk beristirahat sejenak setiap jam, dan juga untuk waktu istirahat yang lebih lama seperti untuk makan siang atau yoga. Faktanya, beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda dapat meningkatkan produktivitas, selama tidak menikmatinya lebih dari waktu yang ditentukan.

4. Menggunakan Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan Anda

Di era digital ini, Anda dapat lebih produktif dalam bekerja dengan menggunakan bantuan aplikasi. Anda dapat menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Misalnya, aplikasi OnlinePajak untuk mengelola transaksi, payroll, dan pajak perusahaan. Hanya dalam 1 aplikasi yang terintegrasi, Anda dapat melakukan banyak hal. Mulai dari membuat dan mengirimkan faktur serta faktur pajak, menghitung gaji karyawan, membayar berbagai jenis pajak hingga melaporkannya tepat waktu. Transaksi bisnis dan pajak tetap dapat berjalan dari mana saja, dan kapan saja.

Dengan menggunakan penyedia jasa aplikasi perpajakan OnlinePajak, Anda tidak perlu lagi mengurus pajak melalui layanan tatap muka di KPP yang kini sedang dibatasi karena situasi pandemi Covid-19. Berbagai jenis pajak pun dapat Anda kelola di aplikasi yang merupakan mitra resmi DJP ini, seperti PPN, PPh 21, PPh 23/26, dan pajak UMKM. Silakan cek paket dan harga yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda di sini.

5. Mengurangi Distraksi

Tips manajemen waktu yang terakhir adalah mengurangi distraksi. Ini dapat berupa notifikasi media sosial, urusan pribadi yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan kantor, dan lainnya. Distraksi atau gangguan ini dapat memecahkan konsentrasi bekerja, yang dapat membuat Anda lalai atau menunda pekerjaan kantor sehingga mengurangi produktivitas Anda. 

Ada berbagai cara mengurangi distraksi yang disebutkan, mulai dari membatasi penggunaan media sosial, mematikan notifikasi media sosial, membuat batasan antara waktu bekerja dan waktu pribadi, serta menggunakan headphone untuk menutupi kebisingan jika rumah cukup ramai. Anda juga dapat membuat batasan yang lebih jelas dengan membangun ruangan bekerja di rumah.

Bekerja di rumah memang terkesan lebih santai. Namun di sisi lain, Anda juga dapat terlalu santai dalam melakukan kewajiban pekerjaan Anda yang dapat mengakibatkan Anda menjadi kurang produktif. Karena itu, coba untuk tetap mengelola waktu dengan lebih baik di rumah. Coba tips manajemen waktu ini untuk mengembalikan produktivitas Anda selama bekerja di rumah.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kepatuhan Pajak Semakin Mudah

Bayangkan bila pengelolaan pajak, transaksi bisnis dan payroll karyawan Anda dapat dilakukan melalui satu aplikasi terintegrasi, kepatuhan pajak akan jadi semakin mudah

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Kepatuhan Pajak Semakin Mudah

Bayangkan bila pengelolaan pajak, transaksi bisnis dan payroll karyawan Anda dapat dilakukan melalui satu aplikasi terintegrasi, kepatuhan pajak akan jadi semakin mudah.

OnlinePajak menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman terbaik saat menavigasi website. Kebijakan cookie selengkapnya di sini