Penyebab Error Object Object eFiling dan Solusinya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Error object object efiling seringkali muncul saat wajib pajak mengakses efiling. Apa penyebab error object object efiling dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum membahas dua pertanyaan di atas, perlu diketahui lebih dulu bahwa munculnya pesan eror ini terjadi di aplikasi efiling DJP Online. Kejadian munculnya error object object efiling biasanya terjadi ketika wajib pajak mengunduh SPT/file CSV.

Kondisi ini tentu sangat mengganggu pekerjaan. Namun jangan khawatir. Jika Anda mau sedikit bersusah payah, proses pelaporan pajak Anda masih bisa dilanjutkan hingga selesai. Berikut ini sejumlah solusi untuk mengatasi gagal efiling akibat munculnya pesan error object object efiling.

Penyebab error object object eFiling

Berdasarkan pengalaman banyak pengguna DJP Online yang mengeluhkan munculnya pesan eror ini saat menyampaikan SPT secara online, artikel ini akan membagi penyebab munculnya pesan eror dalam tiga kelompok yakni kesalahan pengisian, browser yang digunakan wajib pajak dan gangguan pada aplikasi.

Sekarang, mari kita bahas satu per satu penyebab eror tersebut:

1. Kesalahan pengisian

Biasanya eror yang diakibatkan kesalahan pengisian berawal dari keliru mengisi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Sebab sejak tahun 2016 pemerintah telah mengganti besaran PTKP menjadi Rp 54 juta. Jika Anda masih mengisi PTKP sesuai aturan lama, kemungkinan besar pesa eror tersebut akan muncul.

Selain itu, cek juga semau kolom dan pastikan semuanya terisi dengan benar. Untuk memastikan, periksa dengan melakukan cek menu cetakan. Begitu juga jika Anda kurang bayar, jangan lupa untuk mengisi SSP dan NTPN.

2. Browser

Kasus yang sering terjadi berkaitan dengan pesan eror adalah cache pada browser menyimpan file yang sama seperti saat pertama kali diunduh. Sementara, nama file yang Anda unduh tentu sama meski terdapat perubahan pada isinya. Pesan eror juga bisa muncul ketika menggunakan browser selain Chrome.

3. Gangguan pada aplikasi

Penyebab utama munculnya pesan eror ini adalah gangguan pada aplikasi. Selain error object object efiling, pesan eror lain yang sering muncul saat menggunakan DJP Online adalah error 405 efiling. Baca tautan berikut ini untuk mengetahui solusinya: error 405 efiling.

Solusi error object object efiling

Ada banyak cara untuk mengatasi munculnya pesan eror ini. Berikut ini sejumlah kiat yang bisa dilakukan wajib pajak pengguna DJP Online:

1. Jika problemnya adalah kesalahan pengisian SPT, gagal object object efiling bisa diatasi dengan memeriksa ulang seluruh kolom yang ada dan memperbaiki serta melengkapinya jika terdapat data yang salah seperti tanggal pembayaran dan lain sebagainya.

2. Bila permasalahannya ada pada browser, langkah yang bisa dilakukan adalah membersihkan cache dan cookies dari bowser. Namun, ada kalanya cache dan cookies tidak bisa benar-benar hapus dari browser Anda karena untuk melakukan hard reload dan emphty cache Anda harus menggunakan developer mode. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan incognito window atau menggunakan browser baru yang sama sekali tidak pernah digunakan. Namun, jika selama ini Anda menggunakan browser selain Chrome, cobalah untuk beralih dan menggunakan Chrome.

3. Jika semua cara sudah diupayakan dan Anda tetap menemukan pesan eror yang sama, maka solusi terakhir yang dapat dilakukan adalah mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan menyampaikan SPT secara manual.

Namun, jika waktunya sudah mendekati tenggat biasanya antrean pelaporan pajak secara manual akan sangat Panjang. Anda pun bisa terancam terlambat melaporkan pajak dan harus membayar denda.

Tapi, jangan putus asa dulu. Wajib pajak masih bisa menyampaikan SPT secara online melalui aplikasi lain. Di bawah ini ulasannya.

Gunakan eFiling OnlinePajak

Karena akar permasalahan munculnya pesan eror sebenarnya adalah aplikasi DJP Online, maka solusi yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi lain. Saat ini terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk lapor pajak online.

Salah satu aplikasi tersebut adalah OnlinePajak. Cukup dengan sekali mendaftar, Anda bisa mengakses seluruh layanannya mulai dari menyiapkan SPT, membayar pajak hingga efiling. Aplikasi ini juga tidak memungut biaya sama sekali.

OnlinePajak juga merupakan mitra resmi Ditjen Pajak sehingga data pelaporan pajak yang masuk melalui OnlinePajak pasti terkoneksi dengan Ditjen Pajak. Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan OnlinePajak sekarang juga.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
e-filing onlinepajak

Lapor Pajak Badan dengan Mudah & Efisien

Lapor semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dan tepat waktu. 

The banner below this line is for A/B Testing, will only show on experiments

Baca Juga

Lapor Pajak Online dengan Fitur e-Filing

Nikmati keunggulan fitur e-Filing OnlinePajak seperti user-friendly interface, akurat dan otomatis, hingga pelaporan pajak mudah dan efisien.

e-filing onlinepajak