Akuntansi UMKM: 5 Manfaat Pentingnya Penerapan Siklus Ini

akuntansi umkm

Manfaat Akuntansi UMKM Siklus akuntansi UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) membantu para pemilik usaha dalam menjalankan usahanya. Penerapan siklus ini tidak hanya memperlancar proses pencatatan arus keuangan dalam suatu usaha, tetapi juga bermanfaat dalam perencanaan masa depan bisnis tersebut. Selain itu, adanya penerapan siklus akuntansi dalam sebuah UMKM mempermudah pengelolaan penghasilan sehingga pelaku bisnis […]

Mengenal Pajak Dividen dan Perhitungan Potongannya

Bingung dengan Pajak Deviden? Kenali 3 Pasal Hukum untuk Pajak Dividen beserta rincian perhitungan untuk potongannya di sini!

Pajak dividen adalah pemotongan atau pemungutan pajak atas laba yang diterima oleh pemegang saham, pemegang polis asuransi, atau anggota koperasi yang mendapatkan bagian hasil usaha. Mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 36 tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat Atas Undang-Undang Nomor 7 tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan, pasal 4 ayat 1 (g) tentang objek pajak adalah […]

Serba-Serbi Pajak Deposito yang Perlu Anda Ketahui

Tertarik untuk investasi deposito? Cari tahu dulu berapa besaran pajak deposito atau pajak atas bunga deposito di sini sebelum Anda memulai investasi!

Apa itu Pajak Deposito? Deposito ternyata ada pajaknya? Memasuki usia produktif, banyak di antara Anda yang memilih untuk memulai berinvestasi. Bentuk investasi pun bermacam-macam, mulai dari investasi secara finansial, properti, emas, dan lain sebagainya. Salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih adalah deposito karena minimnya risiko dan besarnya bunga yang didapatkan. Pada dasarnya jenis […]

Memahami Laporan Keuangan UMKM dan Jenis Pajaknya

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam laporan keuangan UMKM sederhana & apa saja jenis pajaknya? Simak ulasan tentang aporan keuangan UMKM di sini!

Pengertian Laporan Keuangan UMKM Laporan keuangan UMKM merupakan catatan informasi keuangan suatu perusahaan yang dibuat dalam satu periode akuntansi. Laporan keuangan ini nantinya dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja dari suatu perusahaan, tolak ukur pengambilan kebijakan jika ada hal-hal krusial yang terjadi di perusahaan, dan salah satu alat untuk mengurus perpajakan perusahaan itu sendiri. Laporan keuangan […]

Mengenal Hukum Pajak Koperasi yang Harus Disetor ke Negara

Tahukah kamu bahwa Koperasi termasuk dalam wajib pajak? Jika belum, mari kita bahas Hukum Pajak Koperasi yang perlu dilaporkan & disetorkan Di Sini!

Dasar Hukum Pajak Koperasi Koperasi adalah salah satu bentuk badan usaha yang wajib membayar perpajakannya pada negara. Hal itu dijelaskan dalam pasal 2 ayat 1 (b) Undang-Undang Tentang Pajak Penghasilan. Dengan kata lain, koperasi merupakan salah satu Wajib Pajak yang harus melaksanakan kewajiban perpajakannya, termasuk memungut atau memotong pajak tertentu. Lalu, apa saja yang termasuk […]

Perlakuan Pajak Penghasilan Atas Cashback Online Marketplace

Cashback cukup populer di tengah masyarakat sebagai bentuk promosi atas transaksi pembelian. Cashback sendiri merupakan keuntungan yang diperoleh berupa pengembalian uang tunai atau uang virtual dalam jumlah tertentu karena konsumen menggunakan suatu produk pembayaran ketika melakukan transaksi pembelian barang di online marketplace. Cashback pun berlaku untuk seluruh konsumen tanpa diundi. Yang perlu diketahui adalah bahwa […]

Cara Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Itu Mudah! Cek Di Sini!

Cara Pembukuan Keuangan Kecil

Bagaimana cara pembukuan keuangan usaha kecil yang mudah? Sebagian orang yang baru saja terjun ke dunia bisnis mungkin sering mengabaikan cara pembukuan keuangan usaha kecil. Biasanya mereka hanya berfokus pada produk dan pemasaran tanpa memperhatikan aliran kas yang masuk setiap harinya.  Apa Anda termasuk kelompok pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis? Jika jawabannya iya, artikel […]

Cek Tagihan BPJS Bikin Bingung? Intip 4 Cara Gampangnya di Sini!

Yakin cara cek tagihan BPJS kamu sudah benar? Kalo masih ragu, intip artikel ini yuk! Ada 4 cara cek tagihan BPJS berikut jenis-jenis iurannya.

4 Jenis Iuran dan Cara Cek Tagihan BPJS Apa saja sih jenis program BPJS? Bagaimana cara cek tagihan BPJS yang benar? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak Anda sebagai peserta program BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan badan hukum yang menjalankan program jaminan pemeliharaan kesejahteraan dari pemerintah kepada masyarakat yang tergabung sebagai […]

Mau Tahu Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan? Intip Di Sini!

Lagi cari info syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan? Simak info lengkap syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan yang perlu dilengkapi di sini!

Syarat-syarat Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sebagai salah satu program wajib, Pemerintah mengimbau pada setiap perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yang biasa dikenal dengan nama BPJS Ketenagakerjaan. Ini dilakukan agar setiap tenaga kerja mendapatkan jaminan-jaminan sosial yang dibutuhkan. Untuk mendaftar program ini, perusahaan perlu melengkapi syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan terlebih […]

Tutorial Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Secara Mudah!

Bingung gimana cara mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan? Jangan bingung, mendingan pegangan sama artikel berikut ini. Lengkap, Mudah!

Sekilas Tentang Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Ingin mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa ribet? Anda dapat mengikuti sistem antrian online BPJS Ketenagakerjaan yang disediakan oleh pihak BPJS.  Sejak bulan Juli tahun 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, telah memberlakukan sistem nomor antrian online bagi peserta yang hendak mengurus pencairan saldo JHT secara manual. Sistem ini […]

Cek Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline di Sini

Yakin sudah tahu cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online & offline? Kalo belum yakin, cek artikel cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online & offline ini aja. Lengkap, Gampang & Gak Ribet kok!

Bingung Gimana Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan? Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang perusahaan atau badan usaha bayarkan setiap bulan untuk karyawannya akan menjadi sebuah saldo yang akan terus tumbuh dengan bunga yang dikelola oleh pihak BPJS. Saldo ini dapat peserta cairkan dan gunakan sesuai dengan kebutuhannya. Namun, bagaimana cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online dan offline? 1. Cara […]